Home » » Pakan Lele Alternatif Murah dari Kotoran Sapi dan ayam

Pakan Lele Alternatif Murah dari Kotoran Sapi dan ayam

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Sunday, February 27, 2022

 Untuk memulai usaha ternak lele adalah bagaimana menekan biaya produksi, terutama pakan. Pakan adalah biaya produksi termahal dibandingkan lainnya. Oleh karena itu, peternak harus memikirkan bagaimana  mendapatkan pakan alternatif yang murah dan mudah didapatkan serta tidak mengurangi gizi pakan, artinya pakan tetap seimbang.


Pakan lele murah dari kotoran/ kaskus.co.id
Pakan alternatif yang murah untuk ikan lele organik bisa didapatkan dengan memanfaatkan kotoran sapi, kotoran kambing dan kotoran ayam yang tidak terlalu dimanfaatkan dan biayanya murah. Kotoran tersebut dicampurkan dengan bahan lainnya seperti ampas tahu dan dedak yang juga murah agar gizinya lebih seimbang.

Mungkin yang menjadi pertanyaan peternak, Apa manfaat kotoran sapi, ayam dan kambing ketika digunakan sebagai pakan lele? Manfaat kotoran sapi sebagai pakan ikan lele bukan semata semata karena mengandung zat pakan yang tinggi, melainkan kotoran sapi ini akan dibantu dengan probiotik yang digunakan sebagai campuran untuk mengurai zat zat dalam kotoran sapi menjadi berguna untuk lele agar cepat besar dan panen.

Untuk membuat pakan lele sebenarnya tidak asal membuat, namun ada syarat bahan untuk dijadikan pakan ikan lele yang baik, yaitu bergizi tinggi, tidak beracun untuk ikan, dan mudah dicerna. Harga terjangkau, sehingga biaya bisa ditekan, gampang diperoleh sendiri dalam jumlah banyak dan mudah dihaluskan. Syarat tersebut digunakan untuk melihat efisiensi teknis dan ekonomis pakan.

Cara membuat pakan lele sendiri dari kotoran sapi, ayam dan kambing sangat mudah. Peternak hanya memerlukan kotoran dari sapi, kambing dan ayam yang sudah kering, air, probiotik (bisa menggunakan EM4 atau viterna atau kalian bisa datang ke poultry shop untuk melihat produk produk sejenis) sebagai komposisi pakan lele organik. Peralatan yang digunaan wadah yang tertutup, ember gayung dan pengaduk.

Tahapan membuat pakan lele

Pertama, Campurkan kotoran sapi/kotoran kambing/kotoran ayam dengan air. Aduklah sampai merata menjadi adonan yang lembut.
Kedua, masukkan adonan tersebut ke wadah tertutup. Tuangkan probiotik(EM4) ke dalam sambil di aduk sampai rata.
Ketiga,diamkan adonan pakan lele tersebut selama 1 hari dengan kondisi tertutup. Alangkah baiknya penutup kedap udara.
Keempat, Setelah 1 hari, buatlah lubang di wadah tersebut, lalu biarkan lagi sampai setidaknya sudah ada cacing-cacing di atasnya, berarti pakan sudah siap diberikan.

itulah cara membuat pakan lele dengan kotoran sapi, kotoran ambing dan ayam.  Dengan memberikan pakan ini peternak bisa menekan biaya pakan yang mahal, karena harga pakan lele saat ini bisa mencapai 350/30 kg. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mencoba Pakan Lele Murah Dari Kotoran Sapi, Kotoran Kambing dan Kotoran Ayam.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}