Home » » 4 Jenis Lele Konsumsi Cepat Besar Untuk Budidaya

4 Jenis Lele Konsumsi Cepat Besar Untuk Budidaya

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Monday, February 28, 2022

 Jenis jenis ikan lele yang ada di Indonesia sangat banyak macamnya dan tersebar di setiap daerah. Secara garis besar ada dua jenis ikan lele, yaitu ikan lele hias dan ikan lele konsumsi atau budidaya. Jenis ikan lele biasanya untu pengisi aquarium dan sejenisnya, sedangkan kalau lele budidaya dipeliharaa yang nantinya dikonsumsi yang merupakan jenis ikan lele unggulan yang cepat besar.

Sebagai peternak pemula alangkah baiknya mengenal jenis jenis lele, terutama lele budidaya. Salah satu faktor keberhasilan adalah ketika memilih bibit yang baik untuk dibudidayakan. jenis jenis lele konsumsi yang baik untuk dibudidayakan adalah sebagai berikut :

ikan lele
Ikan lele lokal
( Clarias batrachus ) adalah jenis lele ini asli atau endemik di Indonesia, tepatnya diperairan sunda. Lele ini juga tersebar AfrikaUtara, Asia Tenggara, India, Sri Lanka, Bangladesh, Burma, Singapura, dan Borneo. Habitat lele ini umumnya ditemukan di perairan tawar dan payau. Ciri-ciri lele lokal mudah dikenal seperti kebanyakan ikan lele yaitu berkumis,tak bersisik dan tubuhnya licin.

Ikan lele dumbo  (Clarias gariepinus)
Ikan lele dumbo mempunyai nama lain mudfish, giant clarias, African catfish , atau magur . Seperti namanya, lele ini ukuran tubuhnya yang relatif besar dan laju pertumbuhannya yang cepat. Ciri cirinya bentuk badannya bulat memanjang. Kepala besar gepeng dan bertulang sangat keras. Matanya kecil dan kurang berfungsi. Mulut bertipe terminal, artinya berada tepat di moncong depan dan ukurannya cukup lebar. Terdapat empat pasang barbel (sungut) yang tiap pasangan tidak sama panjang, ada yang pendek dan ada yang panjang.

Ikan Lele Sangkuriang
Hehe, Sangkuriang namanya kayak nama tokoh legenda tangkuban perahu yang menikahi ibu kandungnya. Berdasar surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. KP.26./MEN/2004 tanggal 21Juli 2004  Ikan lele sangkuriang sebagai nama strain ikan lele hasil pemuliaan genetik atas jerih payah para peneliti di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Jenis lele ini tidak lebih dari jenis lele lokal lainnya secara ciri ciri fisi dan produksi.

Ikan lele phyton
Satu lagi varietas karya orang indonesia yang telah membuktikan dengan cara hibridisasi antara ikan lele dumbo betina eks Thailand dengan ikan lele lokal jantan yang menhasilkan lele phyton. Ciri-ciri fisik ikan lele phyton hampir sama dengan ikan lele dumbo, namun kepala dan moncongnya mirip ikan lele lokal yaitu setengah membulat.Tubuhnya lebih langsing dibandingkan dengan ikan lele dumbo dan gerakannya lincah. Keunggulan Ikan lele phyton yaitu dari sisi pertumbuhannya, yang lebih cepat dibandingkan ikan lele dumbo.

Demikian ulasan mengenai jenis jenis lele konsumsi yang bagus untuk budidaya yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}