Home » » Cara Ternak Sapi Betina Agar Cepat Bunting dan Beranak

Cara Ternak Sapi Betina Agar Cepat Bunting dan Beranak

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Thursday, January 13, 2022

 Kalau cara ternak sapi jantan pasti yang dikejar adalah bobotnya, karena untuk memenuhi kebutuhan daging sapi masyarakat. Beda dengan cara ternak sapi betina yang lebih fokus ke bibit unggul. Pemerintah, melalui dirjen peternakan pun menganjurkan demikian, sebab adanya larangan penggemukan sapi betina produktif untuk target bobot/dipotong. Larangan pemotongan betina diatur dalam undang undang peternakan dan kesehatan hewan no 40 tahun 2014. Sapi betina produktif hanya dbolehkan ke usaha pembibitan yang menghasilkan bibit unggul, bukan sapi potong. Pengecualian ketika sapi betina tidak produktif boleh dipotong. Nah, jadi bagi yang ternak sapi betina lebih baik fokus bagaimana cepat birahi dan beranak agar pemeliharaan lebih hemat dan efektif.

Cara Ternak Sapi Betina
Cara Ternak Sapi Betina


Seperti admin sebutkan sebelumnya, bahwa cara ternak sapi betina beda dengan ternak sapi jantan. Dari mulai managemen sampai pemasaran. Mungkin yang selama ini ternak sapi asal asalan perlu memahami beberapa managemen ternak sapi betina supaya lebih efektif. Ada beberapa perbedaan mengenai mamajemen spai betina dan jantan, yakni :

Masa pemeliharaan

Masa pemeliharaan sapi betina lebih panjang daripada sapi jantan untuk penggemukan, karena sapi betina melalui proses beranak yang lamanya 9 bulan, belum juga masa kering dan birahi. Jadi bisa dikatakan satu periode produksinya adalah 1 tahun. Kalau penggemukan tentu beda, hanya butuh 3-4 bulan kalau sudah gemukk bisa dijual, bahkan dalam jangka 40 hari bisa dijual asal sudah gemuk dan harga sudah melambung.

Managemen Pakan


Pakan penggemukan sapi jantan tentu lebih bagus daripada pakan pembibitan, sebab penggemukan yang dikejar bobot. Bobot sangat tergantung dari jenis pakan yang diberikan. Kalau cada ternak sapi betina pemberian pakan tidak terlalu dipaksakan selalu bagus, sebab jangka waktu pemeliharaan lama, asal sudah memenuhi kebutuhan per hari itu sudah cukup.

Perkawinan

Penggemukan tidak ada manajemen perkawinan, hanya fokus pada bobot harian. Sedangkan pemeliharaan sapi betina ada managemen perkawinan dimana ada dua metode yang digunakan yakni kawin alami dan kawin buatan. Kalau menerapkan kawin alami secara otomatis kita harus menyediakan sapi jantan unggul untuk mengawini si betina, kalau kawin buatan atau lebih dikenal dengan kawin suntik atau inseminasi buatan kita tidak perlu memelihara sapi jantan, cukup menyewa jasa mantri hewan.


Cara Ternak Sapi Betina agar cepat beranak


Pemeliharaan dalam bentuk apaun harus memiliki konsep dan strategi bagaimana mencapai goal atau tujuan dengan cepat. Dalam hal cara ternak sapi betina pun demikian, kita butuh yang namanya konsep dan strategi agar pemeliharaan berhasil. Admin menawarkan strategi yang mungkin bisa kalian tiru atau dimofifikasi nanti pada usaha ternak sapi kalian. Berikut penjelasannya:

Memilih induk betina yang telah siap kawin


Kadang peternak tradisional lebih memilih pedet betina untuk menghasilkan induk yang siap kawin dengan alasan lebih murah. Tapi itu butuh waktu lama untuk beranak iya kan. Maka sebaiknya carilah yang kiranya umur siap kawin, umur dewasa kelamin sapi betina kisaran 12-15 bulan, atau gampangannya yang sudah umur satu tahun. Ini berlakuuntuk sapi bali, po, brahman, mental, simental, angus dll.


Merangsang birahi sapi betina


Ketika sapi betina telah didatangkan, tapi belum juga menunjukan gejala gejala birah, salah catu caranya adalah mempercepat birahi atau lebih dikenal dengan sinkronisasi birahi. Namun sebelumnya kalian juga perlu mengenal gejala gejala brahi pada sapi betina, mungkin kalian udah paham sebutan 5 A pada dunia peternakan, yakni abang, abung, amis, anget, anyir pada vulva atau vagina.

Disamping itu juga sapi nampak gelisah, pendiam dan bahkan menumpangi sesama jenis. Kalau sudah muncul begini siap siap sapi betina dikawini baik kawin alami maupun ib setelahnya, 9-24 jam setelah muncul gejala. Namun jika belum muncul, kalian perlu melakukan sinkronisasi birahi. Sinkronisasi ada dua macam dalam cara ternak sapi betina, yakni penggunaan hormon prostagrandin dan CICR. 

Pilih kawin alami atau IB

Dalam perkawinan sapi ada dua cara, masing masing punya kelebihan dan kekurangan, namun untuk menghemat biaya sebaiknya menggunakan kawin buatan. Lho kenapa? Iya karena jika menggunakan kawin alami kita perlu memelihara sapi jantan. Sapi jantan butuh biaya perawatan yang tidak sedikit dan terbatas untuk beberapa betina saja. Sedangkan jika menggunakan IB kita cukup bayar sekali pada saat perkawinan. Beres, biayapun tidak semahal perawatan sapi jantan.

Cara Ternak Sapi Betina : Masa Bunting


Masa bunting sapi betina selama 9 bulan, seperti halnya manusia. Pada masa buntung ini yang diperhatikan adalah pakan dan kesehatan sapi. Hal yang paling ceroboh yang terjadi adalah pakan yang kita berikan. Pastikan pakan selalu bersih dari racun untuk menghindari keguguran. Kemudian jumlah pakanharus ditambah banyak seiring dengan umur kebuntungan sebab kebutuhan bertambah untuk perkembangan janin dan metabolisme induk sapi betina sendiri.


Cara Ternak Sapi Betina: Masa menyusui


Pada saat menyusui sapi betina juga masih membutuhkan pakan tambahan untuk dirinya (recoveri) dan untuk pedetnya. Jadi jangan dikurangi pakannya, lebih baik ditambahi. Umumnya peternak sapi perah untuk memperlancari produksi asinya biasnaya menambah dedaunan yang mengandung protein tinggi seperti daun lamtoro. Masa menyusui ini kurang lebih dua bulan, atau minimal anak sapi bisa memulai memakan rumput muda dan konsentrat lainnya. Setelah masa menyusui dilanjutkan masa kosong, dimana sapi betina betul betul melalukan recoveri tubuh untuk siap dikawini kembali selama 2 bulan. Setelah itu bisa dikawinkan kembali.

Demikian strategi baagaimana cara ternak sapi betina agar bisa beranak setiap tahun, kurang lebihnya bisa dipertimbangkan lagi untuk bahan pembelajaran. Sebab teori tanpa praktek sama saja. Sekian, semoga berhasil menjadi pengusaha ternak sapi.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}