Home » , » Jenis dan Ukuran Plastik Bening Kemasan

Jenis dan Ukuran Plastik Bening Kemasan

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Tuesday, January 4, 2022

Pernah gak sih bingung milih ukuran plastik bening kemasan untuk membungkus atau mengemas produk? Sebagai penjual makanan ringan/ snack pastilah ada saat saat bingung menentukan jenis dan ukuran yang pas buat produknya. Kesesuaian ukuran dan berat produk dengan kemasan  membuat produk lebih menarik, efektif dan hemat tentunya. kemasan tidak terlalu kecil, dan tidak terlalu besar karena angin didalamnya.

Sebenarnya di label atau kemasan plastik terdapat ukuran panjang dan lebar seperti 12x25 x 20x35 dll. Namun kadang kita masih bingung ukuran plastik sekian diisi untuk volume ml atau kg berapa agar pas. Apalagi jika ukurannya gram atau yang lebih kecil. Untuk mengetahui hal tersebut, biasanya para penjual menyebutnya dengan sebutan ukuran kg. Misal plastik kiloan untuk 1 kg, plastik perempatan untuk 1/4 kg, setengah kiloan untuk 1/2 dan plastik 2 kiloan biar gak bingung. Mereka belum tentu hapal ukurannya.

Jenis dan ukuran plastik kemasan bening

Ukuran Plastik Bening

Produsen plastik bening, kemasan, kresek atau jenis lainnya biasanya sudah menentukan ukuran plastik dengan volumenya (KG/ML). Sebagai konsumen kita tinggal menyesuaikan mmemakai yang mana. Nah biar gak bingung menentukan ukuran plastik dengan volume berat produk yang akan dibungkus, Kalian bisa melihat ukuran dibawah ini :

Ukuran plastik 10 cm x 20 cm, umumnya digunakan untuk kemasan 1/4 kg
Ukuran plastik 12 cm x 25 cm, umumnya digunakan untuk kemasan 1/2 kg
Ukuran plastik 15 cm x 30 cm, umumnya digunakan untuk kemasan 1 kg
Ukuran plastik 20 cm x 35 cm, umumnya digunakan untuk kemasan 2 kg
Ukuran plastik 25 cm x 40 cm, umumnya digunakan untuk kemasan 3 kg
Ukuran plastik 30 cm x 45 cm, umumnya digunakan untuk kemasan 4 kg
Ukuran plastik 35 cm x 50 cm, umumnya digunakan untuk kemasan 5 kg
Ukuran plastik 40 cm x 60 cm, umumnya digunakan untuk kemasan 6 kg s/d 10 kg
Ukuran plastik 45 cm x 65 cm, umumnya digunakan untuk kemasan 11 kg s/d 15 kg
Ukuran plastik 50 cm x 75 cm, umumnya digunakan untuk kemasan 16 kg s/d 25 kg
Ukuran plastik 60 cm x 100 cm, umumnya digunakan untuk kemasan 26 kg s/d 50 kg
Ukuran plastik 75 cm x 130 cm, umumnya digunakan untuk kemasan 51 kg s/d 100 kg

Ukuran plastik diatas biaya berlaku juga untuk ukuran pastik plastik lain seperti kantong kresek, trashbag/ plastik sampah, plastik packing dll. 

Jenis dan Kegunaan Plastik

Selain ukuran plastik, sebagai penjual kalian harus mempehatikan jenis jenis plastik dan kegunaannya. Tidak asal milih plastik, karena tidak semua plastik cocok dengan produk tertentu. Misal produk cair atau panas lebih cocok menggunakan jenis plastik tertentu.
  • PP (Polypropylene) adalah jenis plastik yang umum digunakan untuk membungkus atau mengemas makanan kering/snack, sedotan plastik, kantong obat, penutup, cup plastik, botol dll. 
  • PE (Poly Ethylene) adalah jenis plastik yang biasa digunakan untuk kemasan minuman atau cairan, seperti es batu, onderdil  dan sirup
  • OPP (Oriented Polystyrene) adalah jenis plastik yang sangat bening, kurang tahan panas umumnya untuk kemasan roti, snack dan kadang untuk t-shirt, baju dan jacket agar menambah keindahan dan penampilan produk
  •  HDPE (High Density Polyethylene) adalah jenis plastik yang berwarna putih bersih. Digunakan untuk kantong tissue, botol detergent, minyak, plastik anti panas, pipa plastik, shopping bag dan kantong plastik yang biasa untuk sayur makanan yang berkuah. Daya fleksiblenya tinggi
  • LDPE (Low Density Polyethylene) adalah jenis plastik yang biasa digunakan untuk pelapis kaleng, plastik pembungkus makanan supaya tetap hangat (food wrapping), kantong grocery, pembungkus roti, dan tas plastik.

Ketebalan Plastik

Ketebalan plastik antara 0.03 – 0.10 micron, dimana volume/berat yang ada akan mempengaruhi ketebalan plastiknya tersebut. Semakin berat atau volume yang diisi didalam plastik, maka semakin tebal juga plastik yang dibutuhkan. Ukuran tersebut merupakan standar produksi plastik, jika menginginkan ketebalan tertentu maka, konsumen harus memesan secara khusus kepada produsen plastik.

Itulah informasi mengenai jenis jenis dan ukuran plastik bening untuk berbagai kemasan produk dari mulai padat, cair baik dingin maupun panas. Kalau sudah tahu jangan sampai salah memilih plastik ya, sesuai ukuran dan volume yang disi sehingga pas. Sekian dan semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}