Home » » 5 Ternak Modal 1 Juta Cepat Panen Dalam Waktu Singkat

5 Ternak Modal 1 Juta Cepat Panen Dalam Waktu Singkat

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Wednesday, November 24, 2021

 Usaha ternak modal 1 juta paling menguntungkan adalah Usaha jenis ternak cepat panen dalam waktu singkat serta menggunakan modal minim. Sebagai peternak tentunya menginginkan demikian, ternak ternak yang dipeliharanya cepat menghasilkan uang,tidak mati, apalagi gagal panen. Namun itu bukanlah perkara mudah karena kesuksesana dalam beternak bukan hanya terletak pada jenis hewan ternak apa yang dipeliharanya melainkan ada faktor faktor yang memperngaruhi seperti pakan, manajemen pemeliharan dan kesehatan ternak.


Semua jenis usaha peternakan tak lepas dari yang namanya kebutuhan pakan dari mulai ternak hewan langka sampai hewan yang menjijikan Dan pakan itu disediakan oleh peternakn serta memerlukan biaya yang tidak sedikit. Pakan adalah biaya operasional yang tinggi. Tentu dengan mempertimbangkan jenis ternak yang memiliki siklus hidup yang pendek akan mengurangi biaya pakan.Selain mengurangi biaya pakan, Keuntungan dari usaha ternak yang cepat panen adalah perputaran modal cepat, mudah dalam memeliharanya, tidak memerlukan tenpat yang luas dan dikelola lewat siklus panen berkala setiap bulan atau waktu tertentu.

Jenis Ternak modal 1 juta Paling Cepat Panen


Ada banyak jenis ternak modal 1 juta paling cepat panen untuk usaha dilahan sempit yang bisa dijadikan usaha sampingan dan memenuhi kruteria mudah diternak dan cepat panen,antara lain :

Ternak Cacing Sutera untuk Pakan ternak Ikan

Cacing sutra merupakan cacing kecil seperti seukuran rambut dan berwarna kemerahan yang banyak ditemui digot dan irigasi. Cacing dibutuhkan untuk berbagai jenis ikan dar ikan hias sampai ikan konsumsi. Budidaya cacing sangat mudah, karena secara habitat, cacing ini hidup dilumbur dengan air yang cukup.

Cacing ini berkembang biak dengan bertelur,proses peneluranya terjadi didalam kokon yaitu suatu segmen yang berbentuk bulat telur.Telur tersebut mengalami pembelahan,kemudian berkembang membentuk segmen-segmn .Setelah beberapa hari embriodari cacing ini akan keluar dari kokon.Cacing sutra ini mulai berkembangbiak setelah 7-11 hari.

Pada umumnya ,induk yang dapat menghasilkan kokon dan mengeluarkan telur yang menetas menjadi tubifex mempunyai usia sekitar 40-45 hari.Jumlah telur dalam setiap kokon berkisar antara 4-5 butir.Jadi daur hidup cacing sutra dari telur,menetas hingga menjadi dewasa serta mengeluarkan kokon dibutuhkan waktu sekitar 50-57 hari. Jadi bukan waktu yang lama dalam beternak untuk panen.

Ternak kroto untuk pakan burung

Kroto adalah makanan favorit burung kicau. Bagi peternak burung kicau tentu sangat membutuhkan kroto yang dialam bebas sudah jarang ditemui. Alhasil banyak orang yang membudidayakan kroto guna mnyuplai makanan burung.

Dalam usaha ternak kroto tidak memelukan modal yang banyak, karena kroto bisa dipelihara didalam toples, galon bekas dengan makanan gula dan seadannya, sangat murah. Panen hanya membutuhkan waktu 30 sampai 45 hari saja. Sehingga tidak begitu lama menunggu masa panen tiba. Selain itu Harga dari kroto sendiri sangat mahal, karena saat ini sukar untuk mendapatkan di alam. Cukuplah, ternak modal 1 juta untuk kalian mulai dengan kroto ini.


Ternak jangkrik

Jangkrik ada dua kateori yakni jankrik aduan dan jangkrik pakan ternak burung. Namun yang banyak dibudidayakan untuk mencari keuntungan adalah jenis ternak jangkrik pakan burung. Sama halnya dengan kroto. Ternak jangkrik banyak dibudidayakan gunamenyuplai burung kicau. Budidya ternak ini tidak emmbutuhkan biaya banyak. Jangkrik bisa dipelihara dalam kardus dan dipakani dengan pakan murah seperti daun kering, sayuran dan limbah lainnya.

waktu yang dibutuhkan untuk produksi telur yang akan diperdagangkan hanya memerlukan waktu ± 2 – 4 minggu. Artinya ternak ini cukup cepat menghasilkan uang dari memanen jangkrik per periodenya. Sedangkan untuk produksi jangkrik untuk pakan ikan dan burung maupun untuk diambil tepungnya, hanya memerlukan 2- 3 bulan. Jangkrik betina mempunyai siklus hidup ± 3 bulan, sedangkan jantan kurang dari 3 bulan. Dalam siklus hidupnya jangkrik betina mampu memproduksi lebih dari 500 butir telur. 

Ternak cacing tanah Lumbricus


Kebetulan sekali, sya juga pelihara cacing lumbricus dirumah menggunakan lahan sempit yang ada guna menyuplai pakan ternak bebek AGAR ternak bebek saya dapat bertelur setiap hari. Selain untuk pakan bebek saya jg menjual ke peternakan ikan. Cara budidaya cacing jenis sangat mudah, hanya menyediakan media hidup berupa tanah yang dicampur pupuk, cacing ini bisa hidup, Pakan berupa kotoran sapi, sayuran busuk dan gedebog pisang, BIsa dibilan sangat hemat. Tapi harganya mahal, saya jual Rp 30 ribu- 50 kg perkag tergantung musim

Ternak cacong ini bisa dipanen dalam dua bulan sekali, karena setiap dua bulan akan memiliki generasi baru dan generasi yang sudah tua yang kita jual. Cacing ini bertelur sekali bertelur puluhan butir. Telur akan ementasi dalam 1 minggu, Umur dua bulan cacing sudah besar dan 4 bulan bia berproduksi.

Nah, lalu mana pilihan anda?Prinsipnya asalkan telaten, karena pada intinya ternak diberi makan akan cepat besar dan berproduksi.  Terimakasih telah membaca artikel kami  tentang Jenis Ternak modal 1 juta Paling Cepat Panen Untuk Usaha Dilahan Sempit Sekian, semoga bermanfaat

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}