Home » , » Contoh Kerajinan Tangan Untuk Lansia buat Usaha Rumahan

Contoh Kerajinan Tangan Untuk Lansia buat Usaha Rumahan

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Thursday, August 26, 2021

Contoh Kerajinan Tangan Untuk Lansia - Ketika menginjak usia lanjut, banyak hal yang tidak bisa kita lakukan saat kita muda, karena alasan fisik dan kesehatan. Akhirnya kita hanya santai dirumah, tidak ada pekerjaan yang mungkin terbilang positif. Tidur, makan, makan tidur lagi. Justru hal hal tersebut akan membuat jenuh dan memunculkan kebiasan buruk yang bisa mempengaruhi kesehatan. Padal ada banyak kegiatan ringan yang positif untuk perkembangan psikologi, bahkan dapat menghasilkan keuntungan.

Salah satu kegiatan positif yang bisa menghasilkan keuntungan adalah membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan bahan bahan bekas, sampah yang murah, bahkan gratis. Dengan adanya kegiatan positid tersebut, waktu luang menjadi bermanfaat. Kendalanya, adalah tidaksemua orang tua lanjut usaia memiliki ketrampilan membuat kerajinan tangan.

Tenang, jika tidak memiliki ketrampilan anda bisa belajar secara mandiri atau bisa mengikuti pelatihan di panti jompo dari dinas sosial setempat. Biasanya dinas sosila memberi pelatihan ketrampilan tangan yang bersifat profit atau bisa dijual untuk si pembuat ketrampilan, seperti contoh kerajinan untuk lansia dibawah ini :

Tusuk Sate dan tusuk gigi


Tusuk sate adalah alat atau pegangan yang biasa digunakan dalam membuat sate agar bisa dengan mudah di balik dan tidak mengalami gosong ketika sate di panggang di atas arang yang panas. Tusuk sate sendiri merupakan poin penting ketika membuat sate karena tanpa tusuk sate tentu sate tidak seperti sate.

Contoh Kerajinan Tangan Untuk Lansia



Tusuk Sate bisa dibuat secara manual dari bambu, bisa juga dengan dengan mesin. Untuk membuat secara manual, cukup mudah, karena hanya membuat bilah bilah kecil, kemudian ujungnya diruncungkan, cukup bambu dan satu pisau yang cukup tajam. Tusuk bisa dibuat,.

Orang tua lansia tidak kesulitan juka untuk membuat tusuk sate dan tusuk gigi secara manual. Karena pekerjaan sangat ringan, bisa sambil duduk dan nyantai dirumah.

Kerajinan dari sabut kelapa

Sabut kelapa merupakan barang limbah yang kebanyakan hanya dimanfaatkan untuk kayu bakar. Padahal sabut kelapa ternyata dapat dimanfaatkan untuk bahan pembuatan barang-barang yang sangat bermanfaat dan memiliki jual tinggi dan bila diketahui juga dapat menjadi sumber pencaharian. Sabut kelapa dapat dipergunakan berbagai bahan baku pembuatan : tali, salang, kalut, keset, sapu dll

Cara pembuatan sapu dari sabut kelapa

A. Bahan
1) Sabut / kali kelapa 2 butir
2) Sebilah bambu atau carang panjang 1 m
3) Tali / tambang dari sabut kelapa
4) Besaran kurang lebih 2 – 3 mm sepanjang 6 m
5) Sebilah bambu kecil besaran 3 – 4 mm panjang 20 cm

B. Alat
1. Kayu pemukul dan batu landasan
2. Sikat darii kawat (dapat dibuat dengan paku-paku kecil yang ditancapkan pada kayu dibut seperti sikat
3. Pisau / parang dan jarum karung


C. Cara Membuat
1. Sabut (tepes) dipukul pukul agar daging sabut lepas.
2. Sabut yang telah dipukul-pukul disikat agar serabut yang pendek lepas
3. Serat yang pendek dibuat tali
4. Serat yang panjang diikat dengan tali sabut bagian ujungnya dengan besaran kurang lebih segenggaman jari telunjuk
5. tiap 1 buah sapu terdiri dari 4 (empat) akar sabut yang terpisah dan 1 ikat sabut yang langsung diikatkan pada ujung tangkai sapu
6. Tusukan sebilah bambu kecil pada ikatan sabut diujung tangkai ibaratnya sebagai bahu (pundak)
7. Tusukan keempat ikatan sabut di bahu kanan dan kiri tangkai masing-masing 2 (dua) ikat
8. Ikatlah ujung sabut bagian atas bahu tangkai 9. Sapu siap digunakan

Sumber : http://anekausaha-sederhana.blogspot.co.id/2013/06/produksi-sapu-sabut-kelapa_13.html

Membuat Kerupuk dari sisa nasi

Nah, kalau ada sisa nasi jangan dibuang ya, karena sisa nasi yang belum bau, bisa anda memanfaatkan sebagai bahan pembuatan kerupuk puli atau gendar. Bahan yang dibutuhkan sangat mudah, yaitu sisa nasi tersebut dengan tambahan bumbu penyedap dan sedikit pengembang. Kerupuk ini disukai masyarakat pedesaan maupun perkotaan karena gurih dan murah.

Telur asin

Contoh kerajinan tangan yang menghasilkan uang adalah membuat telur asin. Pilihan terhadap telur asin adalah karena cara pembuatannya yang mudah, jadi lannsia tidak kesulitan dalam mempelajarinya. Apalagi telur asin merupakan makanan populer di Indonesa yang banyak disukai masyarakat, entu bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan untuk lansia.

Itulah beberapa contoh kerajinan tangan untuk orang tua lanjut usia yang bisa dijadikan usaha dirumah, sehingga waktu luang bisa bermanfaat dan bisa menghasilkan pendapatan sampingan. Sekian, semoga terim kasih.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}