Home » , » 11 Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli Beserta Karakteristik dan fungsinya

11 Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli Beserta Karakteristik dan fungsinya

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Wednesday, October 16, 2019

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli
Pengertian Wirausaha secara harfiah adalah dari dua kata yakni wira dan usaha.Wira artinya pejuang, utama, gagah, luhur, berani, teladan. Usaha artinya tindakan atau kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dalam mengelola sumber daya untuk mendapatkan keuntungan atau manfaat. Secara terminologi, wirausaha adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk melakukan usaha dalam upaya memperoleh keuntungan atau manfaat. Pengertian atau definisi wirausaha ada banyak ragamnya, namun sebaiknya jika untuk referensi perlu mendengar pendapat pengertian wirasusaha menurut para ahli.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, KBBI, wirasusaha merupakan bentuk kata tidak baku dari wiraswasta, wiraswasta sendiri memiliki pengertian seseorang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. Namun dari berbagai perndapat ada satu kesamaan, yakni wirausaha adalah orang yang melakukan kegiatan ekonomi yang nantinya mendapatkan keuntungan. Begitu juga jika dilihat dari aspek tujuan, ciri ciri atau karakteristik wirasusaha.

Bagaimana Pengertian Wirausaha menurut Para ahli?


Ada banyak ahli yang memberikan pendapatkan tentang definisi wirausaha baik dari luar negeri maupun ahli dalam negeri. Mereka memeberikan pengertian tentu dengan dasar latar belakang, pengalaman dan ilmu pengertian yang dimiliki masing masing. Tidak terkecuali anda sendiri nanti jika anda menjadi seorang pelaku wira usaha, tentu punya pandangan sendiri. Namun jika masih sekolah, kuliah atau masih pemula dengarkan dulu pengertian wirausaha menurut ahli dibawah ini.

Menurut Zimmerer Wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan bisnis baru, dan orang yang biasanya langsung berhadapan dengan resiko mampu mengidentifikasikan dalam mencapai keberhasilan.

wirausaha adalah orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan atau peluangpeluang bisnis (Sudrajad, 2011).

Pengertian wirausaha menurut Stephen P. Robbins dan Mary Coulter (2010, p46) adalah proses di mana seseorang atau sekelompok orang menggunakan usaha dan sarana yang terorganisasi untuk mengejar peluang guna menciptakan nilai dan bertumbuh dengan memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui inovasi dan keunikan.

Menurut Kathleen, wirausaha adalah seorang yang menggerakkan, mengatur, serta berani mengambil kemungkinan untuk pekerjaan yang digerakkannya dalam dunia usaha

Josseph C. Schumpeter menyatakan bahwa seorang wirausaha adalah orang yang mampu menghancurkan keseimbangan pasar yang baru dan mengambil keuntungan-keuntungan atas perubahan-perubahan tersebut.

 Retno Dewanti (2008) wirausahawan secara umum adalah orang-orang yang mampu menjawab tantangan-tantangan dan memanfaatkan peluang- peluang yang ada.

Menurut Raymond W.Y. Kao Wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita.

Soeharto Prawiro (1997) Pengertian Wirausaha adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha.

Menurut J.B Say wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efekif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi lebih tinggi.

Menurut Kasmir wirausaha adalah seseorang yang berjiwa pemberani yang berani mengambil kemungkinan untuk buka satu usaha di berbagai peluang yang ada.

Menurut Efendy 2000. wirausaha adalah orang atau individu yang melaksanakan proses penciptaan kesejahteraan/atau nilai tambah, melalui penoleran atau penetasan gagasan dengan memadukan sumber daya dan merealisasikan tersebut menjadi kenyataan.

Menurut Peter F Drucker Definisi wirausaha adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

Bagaimana dengan pendapat pengertian wirausaha menurut para ahli? Apakah sudah menjelaskan apa itu seorang wriausaha. Kalau penulis sendiri belum cukup, sebab namanya seoarng wirausaha itu punya tujuan, ciri ciri atau karakteristik. Seperti apakah mereka sebenarnya? Apakah anda masuk dalam ciri ciri seorang wirausaha? Mungkin iya, mungkin sama sekali tidak.

Karakterisitik atau CIRI CIRI wirausaha

Setiap orang bisa menjadi seorang wirausaha, wirausaha sukses sesuai keinginan masing masing. Namun seorang wirausaha harus memiliki ciri ciri wirasuaha menurut Marbun dalam Alma (2011: 52-53) dibawah ini.

  • Punya Rasa Percaya diri yang tinggi yang lebih detial lagi dengan memiliki watak  keteguhan tinggi, tidak Ketidaktergantungan, kepribadian mantap dan selalu Optimisme dalam kondisi apapun
  • Berorientasi tugas dan hasil dengan watak seperti Kebutuhan atau haus akan prestasim Berorientasi laba atau hasil, Tekun dan tabah Energik dan Penuh inisiatif.
  • Mampu mengambil dan memanajemen resiko dan Suka pada tantangan dalam usaha yang dijalaninya.
  • Punya jiwa Kepemimpinan,  Mampu memimpin usaha dan karyawan dengan komunikasi yang baik, Dapat bergaul dengan orang lain dan mampu Menanggapi atau menurutma saran dan kritik dari pelanggan maupun dari karyawannya sendiri.
  • Keorsinilan atua keaslian dalam menciptakan usaha artinya seorang usaha harus memiliki waktak seperti Inovatif (pembaharu), Kreatif, Fleksibel, Banyak sumber, Serba bisa dan Mengetahui banyak peluang
  • Berorientasi ke masa depan dan Perseptif
Apakah anda termasuk dalam karakteristik wirausaha, saya rasa ada, walaupun tidak semua. Karena manusia memiliki juga punya keinginan berbeda tidak selalu menjadi wirausaha. Ada yang suka kerja di BUMN, PNS dll.

Lalu Bagaimana Fungsi atau peran wirausaha?

Bagi anda yang sorang wirausaha atau yang ingin jadi wirausaha anda memiliki fungsi dan peran, terutama dalam hal perekonomian negara. Fungsi dan peran wirausaha memiliki dua pendekatan yaitu secara mikro dan makro. 

Secara mikro, seorang wirausaha memiliki dua peran, yaitu sebagai penemu (innovator) dan perencana (planner). 
  • Sebagai penemu seorang wirausaha harus menemukan dan menciptakan sesuatu yang baru, bisa dari  produknya, tekhnologi, cara,ide, organisasi, dan sebagainya. Dengan seseuatu yang baru wirausaha mampu bersaing dipasar 
  • Sebagai perencana, seorang wirausaha harus merancang tindakan dan usaha baru, merencanakan strategi usaha yang baru,merencanakan ide-ide dan peluang dalam meraih sukses, menciptakan organisasiperusahaan yang baru, dan lain-lain. 
Secara makro, peran wirausaha adalah mampu menciptakan kemakmuran, pemerataan kekayaan, dan kesempatan kerja yang berfungsi sebagai mesin pertumbuhan perekonomian suatu negara.

Jadi tidak serta merta wirausaha hanya memikirkan apsek kepentingan pribadi atau keuntungannya saja, Pasti ada peran yang lebih bermanfaat dari keuntungannya tersebut. 

Bagaimana apakah anda minta menjadi seorang wirausaha? walaupun saat ini belum memiliki ciri ciri sorang wirausaha, namun seiring keinginan kuat menjadii wirausaha akan terbentuk dengan sendirinya iya gak? Ga harus kerja jd PNS kok, banyak pengusaha sukses yang pendapatannya  jauh berkali kali dari pns. Kalau saat ini fokus aja belalahar pengertian, karaterisiktik dan peran wirausaha menurut para ahli, siapa tahu besok jadi pengusaha... Amiin.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search

Artikel Terbaru