Home » » 5 Keberhasilan Kabinet Burhanudin Harahap dan Penjelasannya

5 Keberhasilan Kabinet Burhanudin Harahap dan Penjelasannya

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Saturday, August 28, 2021

Salah satu keberhasilan kabinet burhanudin harahap yang sangat menonjol dalam ingatan masyarakat Indonesia adalah berhasil menyelengarakan pemilihan umum (Pemilu pertama) tahun 1955. Pemilu ini dianggap paling demokratis karena diikuti oleh 29 partai dan perseorangan. Selain pemilu ternyata ada beberapa prestasi dan keberhasilan lain dari kabinet zaken ini yang mungkin belum kalian ketahui. Apa saja teman teman?

Kabinet Burhanuddin berjalan setelah runtuhnya kabinet Ali Sastroamijoyo I (Juli 1953 – Agustus 1955). Kabinet ini hanya berjalan selama 7 bulan saja antara Agustus 1955 - Maret 1956. Kabinet dipimpin oleh Perdana menteri bernama Burhanuddin Harahap. Beliau merupakan keturunan Sultan Aru Barumun yaitu Aminuddin Harahap gelar Baginda Pamenang, di wilayah Pasir Pangaraian, Rokan Hulu.

Burhannudin Harahap pernah bersekolah di AMS A-II Yogyakarta dan Rechtshogeschool te Batavia. Burhanuddin menyelesaikan studinya di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, UGM Yogyakarta. Karir politiknya dimulai ketika ia bergabung dengan Partai Masyumi pada tahun 1946, kemudian diangkat menjadi Ketua Fraksi Masyumi di DPRS RI hingga menjadi perdana mentri di era parlementer.

Keberhasilan Kabinet Burhannudin Harahap

Walau masa baktinya singkat, namun ada beberapa keberhasilan untuk negara Indonesia yang patut kita apresiasi.

Pemilu 1955

Seperti diawal artikel, keberhasilan kabinet Burhanuddin Harahap adalah menyelenggarakan pemilu pertama yang demokratis tahun 1955. Pemilu tersebut diselnggarakan dua kali. Pertama pemilu untuk memilih anggota DPR yang diselenggarakan pada 29 September 1955, Pemilu kedua untuk memilih dewan konstituante pada  tanggal 15 Desember 1955. Dewan kontituante adalah badan yang dibentuk untuk merumus dan menetapkan UU baru.

Berhasil mengadakan perbaikan ekonomi termasuk di dalamnya keberhasilan mengendalikan harga dan mencegah terjadinya inflasi. Dapat dikatakan kehidupan rakyat semasa kabinet cukup makmur, harga barang tidak melonjak naik akibat inflasi.

Memberantas korupsi dengan mengadakan penangkapan-penangkapan terhadap orang-orang yang dicurigainya, seperti Djody Gondokusumo bekas Menteri Kehakiman masa Kabinet Ali. Semasa pemerintahannya, Burhanuddin Harahap berusaha menstabilkan kondisi sosial politik Indonesia pada saat itu. 

Pembatalan utang Indonesia kepada Belanda. Buhrnadunin membubarkan RIS atas persetujuan sultan Hamdi 2 dan kemudian membatalkan hutang belanda.

Kabinet Burhanuddin Harahap memperbaiki lewat progam kerjanya seperti pemilu, pembertnatasan korupsi perbaikan ekonomi sehingga  berhasil mengembalikan wibawa pemerintah terhadap Angkatan Darat dan masyarakat, 

Meskipun demikian dalam perjalanannya kabinet ini juga mengalami banyak hambatan-hambatan yang menyebabkan kabinet ini demissioner lebih cepat, namun masa pemerintahan kabinet Burhanuddin Harahap berhasil mengadakan perbaikan ekonomi dan dapat dikatakan kehidupan rakyat semasa kabinet cukup makmur, berhasil menyelenggarakan pemilihan umum, dan berhasil mengembalikan wibawa pemerintah terhadap Angkatan Darat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search

Artikel Terbaru