Home » » Tips Usaha Sewa Perlengkapan Bayi Baru Lahir - NEW BORN

Tips Usaha Sewa Perlengkapan Bayi Baru Lahir - NEW BORN

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Tuesday, March 2, 2021

Usaha sewa perlengkapan bayi - Setiap orang tua pasti ingin memberikan hal terbaik bagi buah hatinya sejak masih bayi sebagai bentuk kasih sayangnya. Salah satu bentuk perhatian perkembangan tumbuh kembang anakmya adalah menyediakan perlengkapan bayi yang dibutuhkan agar bayi aman dan nyaman. Sayangnya, masa bayi yang pendek tidak sebanding dengan harga perlengkapan bayi yang mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Kondisi demikian tentu membuat orangtua berpikir ulangkali untuk membeli perlengkapan bayi yang mahal mahal, Apalagi sudah banyak mengeluarkan biaya sejak sebelum lahir.

Ya namanya orang tua pasti ingin bayinya aman dan sehat, sekalipun tidak membeli perlengkapan bayi seperti gendongan bayi, stroller, buah boks bayi, buah baby walker, tetapi orang berusaha mendapatkannya. Salah alternatif orang tua adalah mendapatkan di tempat usaha jasa rental perlengkapan bayi.

Di Indonesia usaha penyewaan peralatan bayi cukup banyak, karena usaha ini memang sangat logis untuk dijalankan ketika melihat kondisi diatas. selain itu, Indonesia merupakan Indonesia dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi.
usaha sewa perlengkapan bayi
switzal.co.id

Berdasarkan data  yang tercatat di BPS, Badan Pusat Statistik, angka kelahiran meningkat rata-rata 1,49% tiap tahunnya. Sampai dengan akhir 2016, kelahiran bayi di Indonesia menyentuh angka 5.280.851 jiwa. Tingginya angka kelahiran mencerminkan potensi bisnis perlengkapan bayi sangat menjanjikan.

Melihat fenomena tersebut, tidak heran bila usaha jasa penyewaan peralatan bayi dan mainan anak semakin banyak dilirik oleh pengusaha kecil maupun besar. Salah satunya yang saya lancir dari tribunnews.com adalah Pemilik akun Instagram Khanza Babykids Rental, Agustina Yuliartini yang sudah satu tahun menyewakan perlengkapan bayi dan anak.  Mulanya ia hanya melihat perlengkapan bayinya yang menumpuk tak terpakai. Sejak itu muncullah ide bisnis untuk menyewakan perlengkapan bayi kepada orang-orang terdekat.

Agustina yang tinggal di Jalan Keramat Raya No 31 RT 15 Sungai Bilu Banjarmasin Timur Berbagai perlengkapan bayi dan anak ia sewakan misalnya bix bayi, perosotan, playhouse, tenda anak, kolam baby spa, hingga bouncer dan banyak lagi. Ia hanya memasarkan jasa rentalnya lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, namun karena keuletnnya, ia sudah memiliki banyak pelanggan.

Mungkinkah kalian bisa seperti agustina? Tentu bisa. Namun ada beberapa hal yang krusial dalam membuka usaha penyewaan perlengkapan dan mainan bayi, apa itu? Sima poin pont dibawah ini :

Memilih Perlengkapan yang biasa diisewakan

Langkah pertama memilih jenis perlengkapan apa saja yang biasa yang laris disewakan oleh para pelanggan. Cara memilihnya adalah cukup dengan mengamati perlengkapan bayi apa yang wajib dipakai saat merawat bayi. Contohnya perlengkapan bayi seperti playmat (alas bermain bayi/anak), boks bayi (tempat tidur bayi), bouncer (tempat duduk/ayunan bayi), stroller (dorongan bayi), high chair (tempat duduk untuk makan), car seat baby (tempat duduk bayi untuk ditempatkan pada mobil), baby tuffle (boks untuk memandikan), jinjingan bayi, dan ayunan bayi.

 Konsep bisnis

Sesbuah bisnis yang baik adalah memiliki konsep bisnis sejak awal. Ketika anda memilih untuk mempersiapkan semua sendiri, artinya anda harus benar benar dari nol membangun usaha perlengkapan bayi. Atau anda memilih konsep bisnis dengan franchise rental perlengkapan bayi yang sudah ada, anda tinggal menyiapkan modal dan menjalankannya.

Keduanya memiliki keunggulan dan kelemagan masing masing, yang aman kalau merintis usaha sendiri berarti anda harus berkoban wantu dan tenaga banyak untuk menyiapkan semuanya, namun keuntungan bisa maksimal, karena andalah yang mengatur. Berbeda dengan franshise yang sudah adsa sistemnya tinggal menjalankan, keuntungannya sedikit, karena harus membayar baiya royalti.

Menentukan harga sewa perlengkapan bayi

Cara menentukan harga sewa perlengkapan bayi adalah dengan menilai lama waktu penyewaan dan tergantung dari nilai dari perlengakapn yang disewa. Secara umum, usaha rental mematok harga sewa yang murah, harga yang ditawarkan untuk sewa tempat tidur plus kasur, bantal, guling dan kelambu sebsar Rp 5000 per bulan. Untuk sewa baby walker mencapai Rp. 15.000,- per bulan dan baby troller seharga Rp. 20.000,- per bulan.

Penyewa akan dikenakan tambahan biaya jika barang yang disewa terjadi kerusakan maupun noda permanen. Biasanya untuk noda permanen, Biasanya ganti rugi sebesar Rp.30.000 untuk jasa laundry. Untuk  kerusakan perlengkapan tergantung tingkat kerusakannya.

Pemasaran

Metode pemasaran paling efektif adalah dengan sosila media seperi instagram dan facebook. Hal ini juga dilakukan oleh agustina dalam memasarkan jasa perlengkapan banyinya. Dengan sosial media biaya pemasaran lebih murah dan untuk saat ini sangat efektif karena sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki akun sosial media lebih dari satu.

Paket Penyewaan

Perlengkapan bayi tidak semua dibutuhkan, tergantung orang tua dari bayi tersebut. Namun sebagai penarik minat, anda bisa membuat paket sewa lengkap dengan harga lebih murah dibadning harga sewa per perlengkapan. Misall Paket lengkap box bayi, bantal dlll jadi satu paket dengan bonus mainan bayi. Tentu orang tua akan berpikir ulang dan lebih yang  lengkap sekaligus. Dengan begitu keuntungan anda lebih banyak.

Bagiaman kawan kawan? menarik dicoba kan? Ya usaha jasa sewa perlengkapan bayi saat ini menjadi trend bisnis baru yang cukup menguntungkan dengan resiko yang kecil. Semoga berhasil dan sukses.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}