Home » » Usaha Rujak Cireng yang Menggiurkan di Masa Pandemi

Usaha Rujak Cireng yang Menggiurkan di Masa Pandemi

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Tuesday, March 2, 2021

usaha rujak cireng
Apa yang terlintas di pikiran ketika mendengar kata rujak?  Pastinya makanan khas dengan rasa asam pedas yang mendominasi. Biasanya rujak lekat dengan buah-buahan segar. Tapi dengan semakin berkembangnya kreativitas masyarakat, usaha rujak cireng menjadi populer akhir-akhir ini.

Salah satu kuliner khas kota Bandung ini, ternyata menjadi populer. Banyak kalangan yang menyukai baik dari kalangan anak muda hingga orang dewasa. Maka tidak heran, usaha rujak cireng merupakan bisnis yang cukup menjanjikan.
Selain populer, pembuatannya pun ternyata tidak terlalu rumit. Seperti apa? Yuk di simak

Langkah Mudah Memulai Usaha Rujak Cireng


Tertarik membuka usaha rujak cireng? Nah, sebelum memulai bagaimana proses pembuatannya. Ada baiknya Anda perhatikan beberapa tips berikut saat akan membuka usaha cireng rujak. Apa saja?

· Pilihlah tepung dengan bahan berkualitas. Cita rasa menjadi salah satu kunci suksesnya bisnis kuliner. Sebelum memutuskan untuk memulai proses pembuatan cireng. Pilihlah bahan-bahan yang berkualitas baik. Dengan begitu, kualitas cireng akan lebih gurih dan sedap. Tidak apa mengeluarkan modal sedikit lebih banyak, jika mempunyai uang lebih.

· Jajakan ditempat-tempat strategis. Jika target Anda adalah barang habis dalam satu hari, maka jajakan di warung-warung yang sudah memiliki banyak pelanggan. Contohnya di warung-warung dekat sekolah atau warung kopi dipinggir jalan.

· Lengkapi peralatan dan bahan. Agar tidak repot ada baiknya Anda siapkan dengan matang peralatan yang akan dipakai.

· Lakukan strategi pemasaran. Undang beberapa teman Anda, dan biarkan mereka mencoba rujak cireng yang Anda buat. Penilaian mereka, bisa Anda jadikan sebagai evaluasi selanjutnya.

Selain itu lakukan juga promosi-promosi di media sosial. Zaman sekarang, orang lebih banyak menghabiskan waktunya di depan layar ponsel. Ini menjadi peluang bagus untuk pemasaran produk Anda. Karena selain cepat, jangkauannya pun luas.

· Lakukan inovasi. Tidak ada salahnya bereksperimen. Jika Anda menjual rujak cireng yang bervariatif, tentunya menjadi daya tarik.


Cara Mudah Membuat Rujak Cireng


Ada dua yang mendasari pembuatan rujak cireng. Pertama yaitu untuk bahan utamanya sendiri, cireng dan sambal rujak. Pembuatannya mudah sekali hanya tinggal membuat adonan cireng sebagai mana umumnya.

Untuk bahan cirengnya:

  • · Tepung tapioka
  • · Tepung kanji
  • · Air
  • · Bawang putih
  • · Daun bawang
  • · Garam
  • · Penyedap rasa
  • · Merica

Untuk resep sambel rujak:

  • · Cabe rawit merah
  • · Cabe merah
  • · Gula merah
  • · Air
  • · Asam jawa
  • · Dan sedikit garam

Cara pembuatan:

Untuk bahan cireng pertama campurkan tepung kanji dan tapioka (1:1). Tambahkan irisan daun bawang dan bawang putih yang sudah dilumatkan, tambahkan garam, penyedap rasa dan merica secukupnya.

Kemudian tambahkan air—lebih bagus menggunakan air hangat, secara perlahan sembari diaduk. Aduk hingga adonan terasa sudah kalis, terakhir bentuk sesuai selera atau bulat pipih. Masak di minyak yang tidak terlalu panas hingga adonan terlihat kering kemudian tiriskan.

Sedangkan untuk bumbu rujak simpel saja. Anda hanya tinggal menghaluskan cabe rawit merah, cabe merah, gula merah. Sediakan wadah kecil untuk air dan campurkan bahan diatas. Terakhir tambahkan asam jawa dan aduk agar rasanya merata.


Mudah, bukan?


Rujak cireng menjadi usaha yang sangat menjanjikan bagi siapa saja. Usaha rujak cireng menarget semua usia dan kalangan.


Bagaimana dengan potensi penjualan?


Untuk cirengnya sendiri katakanlah Anda dapat menjual dengan harga Rp500/biji atau setara Rp10.000-Rp15.000/bungkus.

Modal yang pertama dikeluarkan bisa Anda mulai dari Rp200.000 saja untuk bahan-bahannya. Untung bisa Anda dapat berkali lipat, apabila Anda dapat mendesaign kemasan tersendiri. Juga menambahkan logo untuk usaha Anda. Minimal total modal yang dikeluarkan adalah Rp500.000.

Beri kemasan Anda tampilan yang elegan, dan logo yang mudah diingat. Ini merupakan salah satu teknik pemasaran.

Tips Agar Cireng Tidak Keras dan Alot


Tidak dapat dipungkiri, saat memulai usaha rujak cireng akan selalu ada masalah yang akan Anda hadapi. Salah satunya mungkin kendala dari bahan yang Anda buat ternyata malah alot dan keras. Hal ini tentunya akan membuat konsumen Anda lari dan lebih memilih untuk membeli di tempat lain. Nah, bagaimana cara agar cireng yang Anda buat tidak alot? Beberapa tips di bawah ini bisa Anda terapkan.

ü Saat membuat adonan, pastikan campuran semua bahan terlihat seperti lem dan transparan. Adonan ini akan menghasilkan cireng yang lebih crispy.

ü Setelah mendapatkan adonan yang baik. Sebelum dibentuk uleni adonan dengan tepung atau tapioka kering. Ini menghindarkan letupan saat proses penggorengan dilakukan.

ü Goreng adonan hanya sampai terlihat sedikit kering dibagian luarnya. Apabila adonan digoreng terlalu lama, hanya aka menghasilkan cireng dengan tekstur yang keras.

ü Saat proses pembuatan, pastikan adonan hingga dirasa sudah kalis. Sehingga lebih mudah untuk dibentuk.


Sebelum membuka usaha rujak cireng tentunya Anda harus mempersiapkan segalanya dengan matang. Baik dari bahan hingga peralatan. Pun dengan teknik pemasaran seperti apa yang akan digunaka, apakah melalui warung-warung kopi atau dengan cara yang lebih modern, melalui online shop.

Begitu pula dengan niat dan keteguhan. Karena berjualan bukan lah usaha yang main-main. Untuk mencapai kesuksesan harus ada rasa tanggung jawab terhadap usaha yang dijalani, keuletan dan rasa pantang menyerah. Banyak orang yang gagal ditengah-tengah perjalanan hanya karena tidak memiliki niat yang serius. Atau mengalami kegagalan. Karena setiap usaha apapun itu pasti akan mengalami pasang surut.

Satu hal lagi, jika Anda menjajakan usaha rujak cireng dengan menggunakan kemasan. Ada baiknya masukan bahan ke freezer agar cireng awet hingga ke tangan pembeli. Dan jangan lupa berdoa.

Semoga bermanfaat dan sukses selalu!

Sekian.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}