Home » , » Berapa Modal Usaha Cuci Mobil dan Pemasarannya? Ini jawabannya

Berapa Modal Usaha Cuci Mobil dan Pemasarannya? Ini jawabannya

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Monday, June 24, 2019

Usaha Cuci Mobil otomatis, hidrolik
Memiliki sebuah bisnis adalah impian setiap orang. Karena dengan memiliki usaha sendiri, kita bisa memiliki gaji sendiri tanpa digaji oleh orang lain. Anda juga bisa mendapatkan pegawai dan memiliki jabatan paling tinggi nantinya. Nah, jika Anda sedang mencari usaha yang menguntungkan, maka usaha cuci mobil bisa menjadi solusi dan rekomendasi usaha yang bisa Anda lakukan. Lalu, apa itu usaha cuci mobil? Apa saja kiat-kiat sukses usaha ini? Dan berapa modal usaha pertama kali yang harus dipersiapkan? Inilah penjelasannya.


Apa Itu Usaha Cuci Mobil?


Anda pasti pernah melihat banyak sekali tempat cuci mobil di sekitar jalan. Baik itu cuci mobil yang besar, maupun tempat cuci mobil yang kecil. Lalu, apa sebenarnya usaha cuci mobil tersebut?

Usaha cuci mobil merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dalam mencari penghasilan berupa uang dari jasa pencucian mobil dengan menggunakan alat-alat yang khusus digunakan untuk cucian mobil. Alat alat yang digunakan di tempat usaha cuci mobil tersebut cukup bervariatif. Ada yang menggunakan berbagai peralatan sederhana, ada yang menggunakan peralatan cuci mobil modern, bahkan ada juga yang menggunakan peralatan cuci mobil semi otomatis.

Melakukan usaha cuci mobil dengan menggunakan peralatan yang semi otomatis maksudnya adalah ketika melakukan proses pencuciannya yaitu dengan menggunakan robot serta yang terakkhir adalah dengan cara dikeringkan menggunakan tenaga manusia. Oleh karena itu, Semakin canggih alat yang digunakan ketika mencuci mobil, maka semakin mahal pula ongkos jasa pencucian mobil itu sendiri.

Perlu Anda ketahui bahwa usaha cuci mobil ini sangat menjanjikan sekali. Tak hanya itu, usaha ini mampu menjadi peluang yang bagus di masa yang akan datang. Walaupun sudah banyak orang yang membuka usaha ini, namun bukan berarti usaha yang Anda kelola tidak dapat berjalan dengan baik. Justru dengan semakin banyaknya usaha ini, sudah dipastikan Anda harus kreatif dalam menghadapi persaingan yang ketat dan harus mampu menjadi pebisnis yang bisa meluangkan segala kesempatan yang ada.


Kiat-Kiat Sukses dalam Menjalankan Usaha Cuci Mobil


Agar usaha cuci mobil Anda dapat berjalan dengan baik, maka Anda perlu memperhatikan dan memahami kiat-kiat sukses dalam menjalankan usaha ini. Kiat-kiat sukses yang dapat Anda lakukan adalah seperti memilih lokasi usaha yang strategis serta banyak dilewati oleh kendaraan bermotor dan dekat dengan jalan raya. Hal ini tentu saja agar mereka yang ingin mencuci mobilnya dapat menemukan lokasi Anda dengan mudah.

Kiat-kiat sukses dalam menjalankan usaha cuci mobil berikutnya adalah dengan mencari kayawan yang jujur serta terlatih untuk bisa memahami tentang kebersihan. Lalu Anda juga perlu menyesuaikan gaji karyawan Anda sesuai dengan jumlah kendaraan yang telah berhasil dicucinya.

Lalu kiat-kiat sukses yang dapat Anda lakukan dalam menjalankan usaha cuci mobil yang tidak boleh sampai ketinggalan adalah memberikan kupon cuci mobil gratis. Hal ini bisa Anda lakukan jika pelanggan tersebut telah mencuci mobilnya selama berkali-kali di waktu yang sudah Anda tentukan. Misalnya setiap ada pelanggan yang telah mencuci mobilnya selama 10 kali ditempat Anda, maka ia berhak mendapatkan kupon cuci mobil gratis di pencucian yang kesebelasnya.

Selain memberikan bonus kepada pelanggan, kiat-kiat sukses dalam menjalankan usaha cuci mobil Anda adalah memberikan bonus pula kepada karyawan yang telah memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. H ini dilakukan agar para karyawan semakin bersemangat dalam bekerja dan dapat mencapai target yang telah ditentukan.

Modal Usaha Cuci Mobil yang Perlu Dipersiapkan


Dalam melakukam setiap usaha apapun, pasti tidak semudah ketika Anda membalikkan telapak tangan. Pasti semuanya membutuhkan modalnya masing-masing, termasuk usaha cuci mobil ini. Berbicara tentang modal, pasti yang terlintas di benak Anda adalah berapa besaram modal yang akan Anda keluarkan. Hal tersebut memang benar adanya dan perlu Anda perhatikan dengan serius.

Dalam usaha cuci mobil, Anda harus mengeluarkan modal untuk membeli beberapa peralatan yang akan dipakai. Modal yang akan Anda keluarkan akan sesuai dengan kecanggihan alat itu sendiri. Semakin canggih peralatan tersebut, maka semakin banyak pula modal yang harus Anda keluarkan.

Jika Anda ingin memulai usaha cuci mobil ini, maka Anda akan memerlukan beberapa alat serta perangkat yang harus Anda persiapkan. Diantaranya adalah tangki snow wash/tangki salju. Anda bisa memilih tangki yang bagus yaitu dari bahan stainless. Kemudian Anda juga perlu menyiapkan shampo wax, kompresor angin yang memiliki fungsi untuk menghasilkkan semprotan serta bisa untuk mengeringkan mobil, dan yang terakhir adalah alat penyemprot serta pembersih mobil. Alat-alat tersebut diantaranya selang, lap chmamois/microfiber serta yang Lainnya. Rata rata modal yang akan Anda keluarkan yaitu sekitar 7,5 jt sampai 8.5 jt rupiah. Dan hal tersebut belum termasuk dengan biaya tempat.

Usaha Cuci Mobil, Salah Satu Usaha yang Menarik pada Masa Kini


Setelah Anda memahami tentang usaha cuci mobil, maka hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalag mencari perusahaan profesional serta yang kredibel. Kemudian konsultasikan kebutuhan Anda tersebut ke customer service atau CS perusahaan yang Anda kunjungi. Dan setelah semuanya dijelaskan, maka selanjutnya Anda tinggal membeli peralatan yang sesuai dengan budget Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan pahami sebelum akhirnya terjun ke usaha cuci mobil tersebut. Perlu Anda ingat selalu bahwa di setiap usaha pasti memiliki keuntungan serta kerugiannya sendiri. Hal tersebut hanya bisa teratasi tergantung Anda mengatur atau memanage sendiri usaha milik Anda.

Usaha cuci mobil memang merupakan sebuah usaha yang dapat membuat Anda meraih keuntungan yang luar biasa. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan setiap resiko yang akan Anda hadapi nantinya. Selamat mencoba.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search

Artikel Terbaru