Home » » Perhitungan Usaha Sewa Tenda Pernikahan, Untung Berapa?

Perhitungan Usaha Sewa Tenda Pernikahan, Untung Berapa?

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Monday, March 18, 2019

rincian perhitungan modal usaha sewa tendah pernikahan
Usaha sewa tenda menjadi salah satu usaha yang banyak digandrungi orang. Pasalnya, setiap orang hampir menggunakan sewa tenda saat melakukan sebuah acara, dari mulai hajatan pernikahan, sunatan, camping, konser, pengajian dan acara tertentu. Dan hampir tidak ada orang yang menyediakan tendanya sendiri di rumah. Baik acara kecil hingga besar, semua menggunakan jasa sewa tenda. Tentu ini menjadi peluang menguntungkan saat ini.

Usaha sewa tenda mencakup hingga semua acara. Baik itu pernikahan, pesta keluarga, reuni, ulang tahun, event dan sebagainya. Prospek usaha sewa tenda sangat menggiurkan bagi siapa saja. Tentunya Anda harus mempersiapkan segala keperluan untuk memulai usaha ini.

Analisis Usaha Sewa Tenda


Nah, sebetulnya apa sih yang perlu dipersiapkan?

· Pertama, pastinya Anda memerlukan kendaraan untuk antar jemput barang. Gunakan mobil bak terbuka, atau jenis yang sedikit lebih besar.

· Modal. Memulai usaha apapun pastinya dibutuhkan adanya modal. Begitu juga dengan usaha sewa tenda. Tentunya modal yang dipersiapkan tidak sedikit. Setidaknya Anda harus mempersiapkan untuk modal membeli bahan pembuatan kerangka, kursi, tenda dan segala perlengkapannya.

· Niat. Memulai usaha haruslah di awali dengan niat. Tanamkan bahwa Anda memang bersungguh-sungguh dalam dalam usaha yang dijalani. Sehingga ketika mendapat kendala di lain hari, Anda tidak akan menyerah begitu saja.

· Patner kerja. Usaha sewa tenda mustahil dilakukan tanpa memiliki panter kerja. Tujuannya tentu untuk membantu Anda.

Misalkan pada sewa jasa tenda pernikahan. Memasang tenda tidak mungkin dilakukan sendiri. Ini berarti adanya patner kerja merupakan sebuah keharusan.

Begitu juga dengan patner kerjasama. Jika Anda masih merasa kekurangan—misalnya untuk jasa catering, dan tidak sanggup jika Anda yang mengambil. Maka Anda bisa bekerja sama dengan jasa yang menyewakan catering. Keuntungan dapat di sama ratakan dan Anda tidak perlu susah payah mempersiapkannya sendirian.

Rincian modal perhitungan usaha sewa tenda pernikahan

Setelah mengetahui apa-apa saja yang sebaiknya dipersiapkan. Selanjutnya Adalah memulai untuk menjalankan usaha.

Pertama-tama Anda sebaiknya persiapkan dahulu untuk membuka bengkel las. Tujuannya adalah sebagai sarana membuat tenda sendiri. Bertujuan agar menghemat pengeluaran nantinya.

Modal untuk membuka bengkel las jika ditotalkan berkisar Rp10-Rp14 Juta rupiah. Sudah termasuk peralatan bengkel las dan bahan kerangka. Di bawah ini contoh barang yang bisa Anda beli untuk keperluan bengkel las:

· Las: Rp500.000 sampai Rp600.000

· Gerinda: Rp650.000

· Bor: Rp550.000

Belum dengan barang-barang lain sesuai kebutuhan. Harga tergantung dan bervariasi.

Selanjutnya Anda dapat membuat kerangka tenda sesuai yang dibutuhkan.

Kemudian membeli bahan tenda. Di bawah ini contoh kalkulasi harga sewa tenda berdasarkan ukuran:

· Tenda ukuran 2×2= Rp.1.300.000

· Tenda ukuran 3×3= Rp1.500.000

· Tenda ukuran 3×4= Rp1.700.000

· Tenda ukuran 4×4= Rp1.900.000

· Tenda ukuran 4×5= Rp2.700.000

· Tenda ukuran 4×6= Rp2.900.000

Sediakan pula Kursi minimal 100-200 buah. Anda dapat menempatkan dalam satu tenda dengan 100 buah kursi.

Selain itu, tidak ada salahnya Anda mempersiapkan perlatan lain yang bersangkutan. Misalnya untuk jasa sewa tenda. Anda lengkapi dengan perlatan musik atau sound system. Anda dapat mempersiapkannya dengan modal sendiri atau mencari patner kerja yang menyediakan jasa sewa musik.



Jika di total berapa modal yang harus dipersiapkan untuk jasa sewa tenda?

Dengan modal Rp30-Rp40 Juta. Anda sudah dapat memulai usaha sewa tenda.


Tips Agar Usaha Sewa Tenda Anda Banjir Pelanggan


Menjalani usaha sewa tenda haruslah memiliki mental yang kuat. Tidak ada yang dapat mencapai kesuksesan dengan instan. Kesabaran serta usaha yang terus menerus dilalui oleh semua pengusaha yang sudah sukses di zamannya. Begitu juga dengan berdoa. Tanpa adanya restu dan campur tangan Tuhan, tidak mungkin usaha yang dijalankan dapat memiliki kesuksesan nantinya.

Nah, selain hal-hal di atas. Banyak kiat yang bisa Anda terapkan, supaya usaha sewa tenda Anda ramai pelanggan. Apa saja?

ü Miliki ilmu yang cukup. Menjadi pengusaha sewa tenda bukan hal yang bisa dijalankan tanpa adanya ilmu. Setidaknya Anda harus memahami hal-hal apa yang harus dipelajari sebagai penyedia jasa sewa tenda.

Bagaimana caranya? Anda dapat membaca artikel-artikel atau apapun yang berkaitan. Dengan adanya internet, mudah saja bagi Anda untuk mendapatkan informasi. Selain itu, Anda bisa menggali ilmu kepada orang yang sudah sukses dibidang yang sama. Pastinya mereka sudah paham betul apa-apa saja yang mesti dan tidak boleh dilakukan.

ü Promosi. Promosi menjadi strategi pemasaran yang harus dilakukan. Zaman sekarang, banyak orang yang lebih berkutat dengan sosial media. Hal ini bisa menjadi kesempatan yang baik bagi Anda. Lakukan promosi diberbagai media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Line dan lain-lain. Usahakan promosi yang Anda beri akan menarik perhatian para pelanggan.

ü Pelayanan. Memiliki pelayanan yang ramah, akan membuat pelanggan betah. Secara tidak langsung, ini akan menjadi salah satu strategi pemasaran. Biasanya jika ada yang menarik atau membuat pelanggan terkesan dari pelayanan yang seseorang berikan, cenderung akan diceritakan dan ‘dipromosikan’ kepada orang lain.

ü Berikan bayaran yang sepadan kepada pegawai yang Anda miliki. Memiliki usaha yang gemilang, jangan serta merta menjadikan Anda lupa diri. Adanya orang-orang dibelakang Anda berpengaruh pada kesuksesan yang dicapai.

Beri mereka penghargaan yang pantas, setidaknya bayaran yang sepadan dengan kerja keras yang dilakukan. Karena tidak sedikit, orang yang memutuskan untuk tidak bekerja sama karena bayaran yang diberikan tidak sesuai.

ü Lakukan banding tanding dengan jasa yang lain. Bukan tujuan untuk mencari kelemahan, melainkan mencari hal yang yang bisa Anda perbaharui dalam usaha Anda. Perhatikan sekiranya apa yang kurang di Anda dan ada di orang lain. Anda dapat mengevaluasinya bersama-sama dengan patner kerja Anda. Selain itu lakukan pula inovasi. Biasanya sesuatu yang unik dan belum pernah diberikan jasa lainnya, akan membuat orang lain merasa tertarik.

ü Setelah piawai jangan ragu untuk membagi ilmu. Ini tidak akan membuat Anda semakin kekurangan, justru bisa saja Anda mendapatkan ilmu lain yang belum diketahui.

Sampai di sini penjelasan singkat mengenai usaha sewa tenda, semoga dapat membantu dan sukses selalu. Sekian.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search

Artikel Terbaru