Home » » 10 Jenis Makanan beku Frozen Food Yang Laris Untuk Usaha

10 Jenis Makanan beku Frozen Food Yang Laris Untuk Usaha

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Thursday, March 11, 2021

 Jenis makanan beku atau lebih dikenal dengan nama bahasa inggris, Frozen Food merupakan makanan segar yang dibekukan dengan tujuan makanan lebih awet, tetap segar walaupun sudah beberapa hari saat mau dimakan atau diolah lagi. Makanan segar seperti daging, susu dan sayuran serta buah buahan merupakan bahan makanan yang mudah rusak (perisabel), oleh karena itu dilakukan pembekuan makanan. Pembekuan pada makanan akan memperlambat dekomposisi dengan mengubah kadar air yang tersisa menjadi es serta  menghambat pertumbuhan bakteri penyebab busuknya makanan.

Di Indonesia, makanan beku dari 2005 makanan ini semakin meningkat.  Frozen food yang cukup terkenal karena sering muncul di televisi adalah sosis sonice, so good dan nugget. Makanan beku atau frozen food saat ini sudah banyak pilihan masyarakat karena masyarakat perlu makanan olahan yang praktis, aman dikonsumsi, dan mengandung nilai gizi tinggi, selain itu juga sudah semakin banyak aneka jenis dan variasi produk makanan beku yang sehat sehingga masyarakat semakin tertarik dengan produk makanan beku.

Tinggi permintaan frozen food membuka peluang bisnis pengadaan bahan makan tersebut. Salah satu yang menggeluti makanan beku ini adalah kraukk Frozen food  Indonesia. KRAUKK menyediakan Frozen Food Sehat praktis dan lezat tersaji dalam hitungan menit. Makanan beku dari KRAUKK ini juga cukup bervariasi, mulai dari makanan olahan dari udang, ikan, cumi, kepiting, hingga makanan olahan dari ayam tersedia disini. Selain Krauk juga masih banyak usaha makanan beku lainnya baik skala industri maupun rumahan.

Dari sekian banyak jenis olahan makanan beku, ada beberapa frozen food yang disukai masyarakat Indonesia, sehingga kalau dijual kemungkinan akan laris manis. Apa saja kah jenisnya?

Berikut makanan beku paling laris untuk dijual di Indonesia :

1#Sosis

Sosis adalah jenis olahan makanan yang terbuat dari daging giling yang pembuatannya di bentuk dalam pembungkus yang secara tradisional menggunakan usus hewan. Namun, sekarang penggunaan pembungkus tidak lagi menggunakan usus hewan, melainkan menggunakan bahan sintetis. Setelah dibungkus, sosis direbus setengah matang atau sampai matang. Nah, karena secara fisik kalau dibairkan sosis akan rusak dalam beberapa hari, makanan salah mengawetkannya dengan cara pembekuan, atau dikenal dengan sosis beku.

2#Nugget
Jenis Makanan beku Frozen Food
nugget beku

Sama halnya, sosis, nugget juga salah satu pangan hasil pengolahan daging giling yang memiliki cita rasa tertentu. Bahan baku nugget adalah potongan daging ayam, atau daging sapi, tepung-tepungan, dan bumbu-bumbuan. Dalam pengolahan di industri, nugget ayam melalui beberapa tahapan. Pertama-tama, daging ayam digiling hingga halus. Kemudian, gilingan tersebut dicampur dengan pengemulsi, tepung, bumbu, dan air sehingga menjadi emulsi. Selanjutnya, emulsi tersebut diberikan pelapis basah dan pelapis kering. Berikutnya, emulsi yang telah diberikan pelapis ini digoreng, hingga matang. Setelah matang, nugget ayam dibekukan pada suhu sangat rendah hingga beku.

3#bakso

Bakso atau baso merupakan olahan daging giling dengan campuran tepung serta bumbu yang kemudian dibentuk menjadi bulat seperti bola kecil.  Di Indonesia, bakso adalah makanan populer yang disukai masyarakat sehingga mudah ditemukan dimanapun diwilayanh NKRI. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi dan aya,m giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari  ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

4#Siomay

Siomay adalah jajan makanan yang berasal dari negri tirai bambu, cina yang sudah populer di Indonesia sejak lama. Siomay berbentuk bulat seperti bakso, hanya saja bahan bahan yang digunakan berbeda. Siomay biasa dijual keliling di Indonesia sebagai jajanan avorit semua kalangan. Siomai disajikan dengan beberapa jenis bahan pelengkap. Pelengkap siomai yang biasa disajikan antara lain telur ayam rebus dan sayuran seperti kentang, peria dan kubis. Sebelum dihidangkan, biasanya siomai dan bahan pelengkapnya dikukus agar dapat disajikan dalam kondisi hangat.

5#Kepiting

Kepiting adalah jenis hewan yang merupakan bahan makanan bergizi dan bernilai tinggi. Kepiting banuak dijadikan olahan makanan enak atau lebih dikenal seafood, makanan laut. Pendistribuan yang kadang terhambat ditengah jalan, membuat kepiting harus dikirim dalam bentuk beku baik dalam keadaan segar maupun sudah dalam keadaan siap untuk diolah.

6#Ikan

Ada banyak jenis ikan yang bisa kita konsumsi, namun belum tentu bisa dimakan kemudian hari jika sudah mati. Nah, untuk mengawetkannya, ikan disimpan dalam keadaan beku. Selain pembekuan, ikan juga diawetkan melalui pengasinan, yang lebih dikenal ikan aisn, namun sekarang ikan beku lebih diminati masyarakat karena bisa diolah aneka makanan lagi.

7#Tempura ikan

Tempura Ikan  merupakan salah satu produk cemilan favorit keluarga, biasanya disajikan di hotel berbintang dengan nama vegetable fish cak.

8#Donat Kentang

Donat umumnya dibuat dari tepung, tetapi ada juga yang dibuat dari bahan kentang. Kelemahan donat kenatng ini adalah tidak tahan lama, maka donat kentang dibekukan. Secara bentuk dan fisik, donat kentang sama saja seperti donat oada umumnya, yakni ada lubang ditengahnya.

9#Risol

Risoles (bahasa Belanda: rissole)  adalah makanan jajanan yang terbuat dari tepung terigu, telur ayam, daging cincang, sayuran kentang, wortel, seledri dan beberapa bahan lainnya dibentuk lonjong.  Risol disajikan dalam bentuk digoreng.  Umumnya risol menggunakan daging ayam.  Selain itu risol juga memiliki isi yang beragam, seperti misalnyacincangan sayuran segar.

10#Empek empek

Empek empek adalah makanan khas palembang yang cukup populer di Indonesia. Empek terbuat dari  bahan dasar ikan tenggiri atau ikan basah yang dibalut dengan tepung tapioka dan dipadukan dengan cuko pempek. Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.

Itualh beberapa jenis makanan beku atau frozen food yang laris di Indonesia, selain itu juga ada banyak di Indonesia, hanya sja belum cukuppopuler sehingga minatnya masih sedikit. Sekian ,terima kasih.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}