Home » , » 4 Penyebab Bebek Tidak Bertelur Setiap hari dan solusinya

4 Penyebab Bebek Tidak Bertelur Setiap hari dan solusinya

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Wednesday, September 8, 2021

Usaha budidaya bebek petelur adalah salah budidaya peternakan yang cukup menjanjikan yang mana keuntungan didapatkan dari telur yang dihasilkan setiap harinya. Telur yang dihasilkan banyak tentu keuntungan semakin banyak pula. Meski demikian, tidak selamanya usaha budidaya bebek petelur lancar, pasti ada kendalanya, salah satunya adalah itik tidak bertelur setiap hari.

 Banyak yang bertanya kenapa bebek tidak bertelur padahal sebelumnya sudah bertelur lancar dan  pakan pun tidak telat. Ini adalah pertanyaan umum yang sering dilontarkan oleh peternak bebek atau itik petelur pemula yang mungkin bingung dengan bebek miliknya yang berhenti bertelur. Saya dulu juga demikian, karena  memang belum tahu penyebab bebek berhenti bertelur.

 Bebek Tidak Bertelur, berhenti bertelur, lambat bertelur
Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan bebek tidak bertelur maksimal, diantaranya :

1. Pakan yang kurang seimbang

Pakan adalah faktor utama bebek dalam menghasilkan telur. Kandungan pakan yang diberikan bebek itu digunakan untuk proses pembentukan telur, terutama kandungan protein pakan. Telur bebek tersusun dari 11% cangkang telur yang umumnya terbentuk dari mineral. Mineral banyak terdapat di sayuran dan garam dapur. 33 % Yolk atau kuning telur yang mengandung 100% protein. Protein banyak terdapat makanan bebek seperti keong sawah, cacing, bungkil kedelai dan bisa juga dari konsentrat. Terakhir adalah 56 % albumen atau putih telur yang banyak mengandung vitamin, air dan karbohidrat, EM dan sebagian besar adalah Em dan karbohidrat.

Dari sekian kandungan penting dalam telur yang paling penting dan banyak adalah protein, karena 33% yolk/kuning telur merupakan protein dan lippo protein, jika dalam memberikan pakan protein kurang tentu proses pembentukan telur terhambat, bahkan tidak terjadi yang berakibat pada bebek berhenti bertelur.

Umumnya peternak mengatasi kekurangan protein dengan memberikan keong dan cacing sebagai sumber protein. Ada juga yang dari limbah ikan atau ikan runcah. Jika pemberian bebek petelur anda hanya menngandalkan bekatul dan konsentrat petelur saja hasil telur tidak maksimal, sekalipun tetap bertelur walau kadang tersendat.

2. Stress lingkungan

Stress lingkungan memang benar benar mempengaruhi bebek bertelur apa tidak, hal ini pernah saya buktikan sendiri dengan bebek peliharaan saya yang tadinya diumbar bertelur terus kemudian dikurung karena sudah musim tanam padi. Dalam bebehari bebek saya tidak bertelur karena kaget dan stress dengan lingkungan baru yang bebas dan bisa makan apa saja setelah diberikan makanannya itu itu saja dan tidak bebas bergerak.

Selain itu, lingkungan yang berisik seperti banyak anak anak main disekitar kandang bebek dan dekat dengan lalu lintar kendaraan seperti dekat jalan raya juga bisa menyebabkan stress lingkungan yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi kesehatan bebek. Solusi terbaik memelihara bebek adalah jauh dari pemukiman penduduk, jauh dari jalan raya dan iklimnya sesuai habitat asli bebek yang merupakan unggas air, ada air atau minimal tempatnya lembab.

3. Alasan Penyakit

Adasuatu ketika bebek saya yang tidak bertelur terus saya sembelih dan saya menemukan bahwa saluran telur atau reproduksinya tertutup oleh lemak. tertutupnya saluran telur tentu telur tidak bisa produksi. Kebanyakan lemak tentu bebek itu terlalu gemuk. Penyebab gemuk dari pemberian pakan yang mengandung lemak terlalu banyak, seperti pemberian keong yang berlebihan.

4. Umur bebek sudah tidak produktif

Bebek betina akan bertelur saat umur mulai memasuki 6 bulan, produksinya tinggi pada umur 1 tahun atau 6 bulan umur produksi, dan mulai menurun pada 1,5 tahun dan berhenti bertelur. Kalau sudah demikian, cara yang paling baik adalah menggantinya dengan umur yang siap produsi atau dere, yang sudah tidak bertelur di calling atau diganti sebagian. Kalau umurnya serempak berarti harus diganti semuanya.

Itulah informasi menngenai penyebab bebek tidak bertelur dan bagaimana cara mengatasinya dengan mudah. Utamanya adalah pakan, perbaikan pakan bebek anda maka anda akan menikmati hasil telur anda dengan maksimal, sekian semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search

Artikel Terbaru