Home » , » Cara mengatasi air kolam lele agar tidak bau

Cara mengatasi air kolam lele agar tidak bau

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Tuesday, September 7, 2021

Budidaya pembesaran lele dikolam terpal atau kolam tanah sering kali menimbulkan kesan kurang nyaman makin, khususnya pembudidaya yang kolam ikan lele yang dekat pemukiman. Bukan karena kita tidak minta izin dan berbagai, namun karena dampak dari proses budidaya lele yakni faktor air kolam lele yang bau busuk menyengat sampai ke sekitar pemukiman. Hal tersebut tentu menimbulkan rasa tidak enak kepada masyarakat sekitar walau kita sudah susah payah mengatasi air kolam lele agar tidak bau.

Kolam lele minimalis
Kolam lele minimalis

Penyebab bau air kolam disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya jumlah kotoran lele dan sisa pakan yang sudah menumpuk di dasar kolam. Kotoran yang sudah banyak didasar kolam tak dapat dinetralisir oleh air yang kemungkinan sirkulasi air yang tidak lancar, bahkan kebanyakan air kolam pembesaran lele tidak mengalir, tidak seperti kolam pembesaran ikan air tawar lainnya seperti mas dan guraame. Jika air tidak bisa mentralisir  kotoran dan sisa pakan tersebut mengalami proses pembusukan oleh mikroorganisme, aktivitas pembusukan bakteri menyebabkan bau tidak sedang yang menyengat sampai keluar kolam.

Supaya air kolam tidak bau anda harus paham tips merawat kolam air dengan baik, tidak hanya secara teknik anda pun perlu sedikit teori dalam menghilangkan bau pada kolam lele. Teorinya begini tong. Dalam dunia ada cahaya dan kegelapan, ada kebaikan dan ada keburukan. Begitu juga didalam air kolam ada dua jenis bakteri yang berbeda, yaitu bakteri yang menguntungkan atau bakteri yang membantu kehidupan ikan dan bakteri yang merugikan atau bakteri penggangu.

Dari teori itu munculah ide mengatasi agar kolam lele tidak bau dengan cara menumbuhkan bakteri yang menguntungkan dengan penggunaan berbagai bahan agar bakteri yang merugikan bisa diberantas. Bakteri menguntungkan itu akan membantu mengurai kotoran menjadi zat yang bermanfaat bagi ikan dan mengurangi bau air kolam. Lalu bagai cara menumbuhkan bakteri menguntungkkan dalam kolam ikan? Yaitu menggunakan probiotik. Probiotik adalah mikrooganisme menguntungkan yang sudah banyak dijual di toko toko obat pertanian.

Begini tips agar kolam air tidak bau :
  1. Belilah salah satu merk probiotik untuk obat penghilang bau kolam. Kami soalnya tidak Jualan.
  2. Tambahkan probiotik dalam kolam sesuai dosis yang tertera dalam kemasan botol.
  3. Selain digunakan secara langsung probiotik itu bisa digunakan untuk membuat pakan fermentasi agar kandungan nutrisi meningkat.
    Baca Juga : Cara membuat pakan lele organik
  4. Tidak hanya faktor bakteri saja, anda juga harus mengecek kualitas air. Kualitas air yang sesuai akan menunjang kesehatan lele.
Namun tidak serta merta dengan memberikan probiotik kolam ikan tidak bau, kenapa ? karena faktor penyebab bau banyak sekali, terutama jika anda sembarangan memberi pakan seperti sisa tulang, ayam mati, dll. Kalau tidak habis kan bau. Iya kan?

Menurut BPI dengan menambahkan probiotik atau bakteri yang menguntungkan tidak mengurangi bakteri merugikan artinya bakteri patogen masih berkembang biak. Untuk itu Langkah lanjutnya adalah bagaimana membunuuh bakteri, atau minimal menekan pertumbuhan bakteri tersebut dengan cara alami, namun kabarnya pihak BPI masih dalam proses penelitian. Semoga saja bisa menemukannya, sehingga bisa mengatasi bau kolam ikan lele dengan tepat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search

Artikel Terbaru