Home » » 5 Perbedaan Sapi dan Kerbau Yang Mencolok

5 Perbedaan Sapi dan Kerbau Yang Mencolok

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Wednesday, March 2, 2022

 

kerbau dan sapi
Kalau anda seorang peternak mungkin bete membaca artikel ini mengenai perbedaan kerbau dengan sapi. Karena banyak anak anak yang menanyakan pertanyaan ini oleh karena itu kami membuat artikel ini untuk mereka agar mereka lebih paham mengenai bedanya kerbau dan sapi.

Kerbau adalah hewan memamah biak yang biasa diternakkan untuk diambil dagingnya atau untuk dipekerjakan (membajak, menarik pedati), bentuknya menyerupai lembu, tanduknya panjang, suka berkubang, umumnya berbulu kelabu coklat kehitam-hitaman. Kerbau termasuk dalam jenis bos bubalus hanya memiliki dua jenis kerbau yaitu kerbau sungai dan kerbau rawa.

Sapi adalah hewan pemamah biak, bertanduk, berkuku genap, berkaki empat, bertubuh besar, dipiara untuk diambil daging dan susunya. Sapi memiliki dua bangsa besar yaitu bos taurus dan bos indikus. Bos taurus adalaj jenis jenis sapi perah, sapi yang dipelihara untuk diambil susunya. Bos indikus adalah jenis jenis sapi yang memiliki gumba (punuk) biasanya digunakan untuk sapi potong yang dimabil dagingnya.

Perbedaan kerbau dan sapi dari perilaku dan fisik
  1. Kerbau hanya memiliki warna coklat dan kehitam hitaman sedangkan sapi bervariasi ada yang putih, hitam coklat dan merah.
  2. Kerbau memiliki tanduk panjang dan melingkar sedangkan sapi memiliki tanduk yang pendek
    Kerbau suka berkubang oleh karena itu habitatnya di sungai dan rawa
  3. Kerbau lebih kuat membajak sawah dilahan berlumpur dbanding sapi
  4. Kerbau tidak tahan panas, makanya dia suka berkubang
  5. Sapi lebih banyak digunakan baik dagingnya maupun susunya
Perbedaan produk asal kerbau dengan sapi
  1. Perbedaan daging kerbau dan sapi terletak pada warna dan struktur daging. Warna daging kerbau lebih cerah dibanding warna daging sapi. Struktur daging kerbau lebih besar dan padat,sedangkan sapi lebih kecil dan halus.
    Susu kerbau lebih mengandung banyak lemak dibanding sapi
itulah sekilas mengenai perbedaan kerbau dengan sapi yang bisa kita maati melalui fisik dan perilakunya. Untuk lebih detail, sebaiknya anda melihat dengan mata kepala elu sendiri agar lebih paham bedanya. Syukur syukur bisa memelihara salah satunya untuk usaha.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}