Home » » Ciri Ciri Kelinci Hamil dan Penanganannya

Ciri Ciri Kelinci Hamil dan Penanganannya

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Wednesday, February 23, 2022

 Cara Penanganan Kelinci Hamil dengan Mengenali ciri cirikelinci Hamil- Bagi orang awam atau peternak kelinci pemula kadang sering melupakan hal ini, hal yang tentu riskan dalam pemeliharaan kelinci, karena kalau tidak diperhatikan bisa saja kehamilan kelinci gagal atau anak kelinci yang dilahirkan mati. Untuk mengetahui tanda tanda kelinci sebenarnya mudah bisa dari masa kehamilan kelinci, tingkah laku kelinci dan tanda yang muncul pada kelinci. Berikut cara mengetahui tanda tanda kelinci hamil

sumber www.raising-rabbit.com

Nafsu makan tinggi
Kelinci yang sedang hamil tentu nafsu makan meningkat, dikarenakan kebutuhan energinya juga meningkat untuk anak yang dikandungnya juga dirinya. Oleh karena itu, untuk menjaga kehamilan kelinci, peternak perlu menambah jatah ransum agar terhindar dari perilaku agresif seperti memakan kandang atau berkelahi dengan kelinci lain.

Perilaku kelinci agresif dan mudah stress

Kelinci betina mudah stress dan bahkan sampai merusak kandangnya sendiri. Biasanya jika dilepas di alam liar, ia akan menggali-gali tanah. Kelinci betina akan menggeram atau berperilaku agresif jika sedang hamil. Kelinci betina mulai menunjukkan perilaku bahwa dia merasa tidak nyaman dan akan lebih banyak beristirahat, karena Kelinci betina cenderung lari atau menggeram terhadap pasangannya. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan,pisahlah kandang khusus untuk kelinci bunting.

Ukuran perut kelinci betina membesar
Kalau kelinci hamil atau bunting pastinya ukuran perut akan membesar setiap harinya. Hal ini bisa diamati dengan mudah. Untul lebih jelasnnya, peternak harus mempalpasi atau meraba perut apakah benar bunting atau hanya kembung perut.

Kelinci akan membuat sarang
Salah satu ciri ciri kelinci hamil adalah kelinci betina akan mulai membuat sarang pada 2 atau 3 hari sebelum melahirkan. Kelinci biasanya mencabut bulunya dan mengumpulkan bahan apa saja yang bisa dibuat sarang. Untuk membantu kelinci yang sedang hamil, sebaiknya peternak menyediakan kotak khusus untuk kelinci sebagai sarang. Hal ini diprihatinkan anak kelinci mati mendadak bila terkena angin atau suhu yang signifikan.

Kelinci melahirkan di usia 28 sampai 35 hari kebuntingan. Di masa ini ia akan terlihat sangat gelisah sepanjang hari. Untuk menjaga agar kelahirannya terjaga, peternak sesering mungkon mengamati kelinci tersebut. itulah ciri ciri kelinci hamil yang bisa kita amati dengan mudah.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}