Home » , » 30 Contoh Tembung kahanan dalam Kehidupan Sehari hari

30 Contoh Tembung kahanan dalam Kehidupan Sehari hari

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Tuesday, December 14, 2021

 Apa itu tembung kahanan? Kalau dalam pengertian singkatnya adalah suatu tembung dalam bahasa jawa yang menjelaskan suatu keadaan, sifat suatu objek. Kahanan sendiri dalam bahasa Indonesia memiliki keadaan. Keadaan dimana seorang pengucap menyatakan keadaan atau sifat objek yang sedang dilihat. Jadi bisa dikatakan kahanan tersebut dilihat dari perpektif yang bicara, setiap orang mungkin akan menyatakan perspektif lain terhadap apa yang dilihat orang lain. Jadi bukan suatu keadaan atau sifat permanen.

Contoh Tembung kahanan dalam Kehidupan Sehari hari

Misal ada sekumpulan orang yang sedang duduk di pos ronda. Ada yang makai sarung dan jaket karena merasa dingin, ada yang merasa panas pakai kaos oblong dan celana pendek. Seperti itulah kahanan dalam konteks "suhu" yang mungkin dinyatakan berbeda beda oleh setiap orang. Ada juga keadaan yang menunjukan suatu sifat tertentu. Misal menyatakan seseorang yang gemuk dan kurus, tinggi dan pendek atau sifat fisik seseorang.

Contoh Tembung kahanan dalam Kehidupan Sehari hari

Ada beberapa contoh tembung kahanan yang diapakan dalam kehidupan sehari hari dalam menyatakan suatu keadaan sifat baik yang sementara atau permanen.

  1. Adem
  2. Panas
  3. Anget
  4. Sumuk
  5. adoh
  6. cedhak
  7. dhuwur
  8. endhep
  9. ayu
  10. elek
  11. ganteng
  12. garing 
  13. teles
  14. ganteng
  15. banter
  16. alon
  17. sepi
  18. rame
  19. peteng
  20. padang
  21. kuru
  22. lemu
  23. pinter
  24. bodo
  25. turu
  26. melek
  27. angel
  28. gampang
  29. lemes
  30. ngantuk
  31. loro
  32. sehat
Beberapa contoh dalam sebuah kalimat :

  1. Aku mangkat sekolah karo motor alon alon
  2. Aku mangan sego anget karo teri
  3. Randi bocah paling pinter neng kelas
  4. Sasmita perawan ayu neng ndesone
  5. Sewulan kerjo, bejo ketok lemu

Itulah sedikit contoh mengenai tembuh kahanan yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari hari atau hanya sekadar untuk melengkapi tugas tugas disekolah khusus muatan lokal bahasa jawa. Bagi orang jawa mungkin mudah sekali, tetapi suku lain yang lagi sekolah dijawa bisa menjadi referensi. Sekian, semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}