Home » » Jenis, Desain dan Ukuran Kandang Babi Yang Ideal

Jenis, Desain dan Ukuran Kandang Babi Yang Ideal

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Tuesday, February 22, 2022

 

Gambar kandang babi/ petenakan babi di baturaden
Peternak babi yang cerdas pasti akan memikirkan Kandang Babi yang baik dan ideal demi mendukung usaha ternak babi dapat berkembang dengan baik. Kandang babi adalah lingkungan yang nyaman untuk babi. Oleh karena itu perlu mengetahui bagaimana cara membuat kandang babi yang baik dan ideal.

Kegunaan kandang sangatlah penting, baik terhadap  hewan ternak yang dipelihara maupun bagi peternaknya, sebab kandang berfungsi :
  1. Menghindari terhadap lingkungan yang merugikan.
  2. Mempertahankan kehangatan dalam kandang diwaktu dingin
  3. Mempermudah tatalaksana, seperti pemberian makan, minum dan memandikan.Mempermudah melakukan pengawasan.
  4. Menghemat tempat dan mengurangi pengotoran
  5. disembarang tempat.Mempermudah pengawasan terhadap ganguan.
itulah fungsi kandang, mengapa kandang sangat penting itu terkait fungsi kandang yang sangat mendukung pemeliharaan babi. Setelah mengetahui fungsi fungsi kandang, kita juga harus paham mengenai syarat-syarat kandang babi yang baik.
  1. Cukup mendapat sinar matahari, bersih dan kering.
  2. Ventilasi baik.Drainase di dalam atau di luar kandang baik.
  3. Dalam satu kandang, babi harus sejenis dan seragam.
Bagian yang tidak penting kalahnya, yaitu kontruksi kandang, Menurut konsrtuksinya kandang babi dibedakan menjadi 2 yaitu :

Kandang tunggal yaitu bangunan kandang yang  dibangun untuk satu ternak, atau sering disebut kandang batere. Kandang ini biasanya untuk penggemukan babi, ukurannya sebagai berikut :
  1. Tinggi depan 2,5 m bangunan belakang 2 m.
  2. Panjang 2 m ditambah halaman pengumbaran yang  terletak dibelakang sepanjang 4 m dan lebar 3 m.
Kandang ganda yaitu kandang yang dibangun untuk banyak ternak, terdiri dari dua baris yang letaknya saling berhadapan ataupun bertolak belakang, ukuran kandang  untuk berat babi + 35-80 Kg adalah 1m. Kandang ganda atau sering disebut kandang koloni ini lebih cocok digunakan untuk peternakan berlahan sempit dan cocok digunakan untuk pembibitan.

Hal hal yang haris diperhatikan adalah cara perawatan kandang dan kebersihan kandang. Kandang harus selalu baik, dikontrol apabila ada yang rusak segera diperbaiki. Kebersihan kandang adalah hal yang sering kita lihta, tentu jika kandang kotor membuat peternakan kurang enak dilihat, disis lain gampang menyebabkan penyakit babi. itulah ulasan mengenai kandang babi yang baik dan ideal.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}