Home » » Cara Mengawinkan Kelinci Agar Cepat Hamil atau Bunting

Cara Mengawinkan Kelinci Agar Cepat Hamil atau Bunting

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Sunday, February 20, 2022

 Memelihara kelinci memang susah susah gampang. Adakalanya susah, adakalanya mudah. Jadi memang memelihara kelinci butuh ilmu teknis untuk diterapkan agar beternak kelinci itu menguntungkan, bukan hanya skedar beternak dan membuang waktu dan biaya. Oleh karena itu, mari kita belajar dengan baik.

Salah satu teknis penting dalam beternak kelinci adalah ketika ingin mengawinkan kelinci setelah atau baru melahirkan agar cepat hamil kembali. Nmaun kebanyakan dari peternak pemula tidak terampil cara mengawinkan kelinci agar cepat hamil. Untuk itu marilah kita ulas bersama sama, okey?

gambar kelinci hamil
Untuk mengawinkan kelinci ada hal penting yang kadang dilupakan, kecenderungan asalakan hamil dan beranak banyak. Namun, jika lebih teliti sedikit mengenai 3 hal ini anda mendapatkan apa yang anda harapkan menjadi peternak kelinci yang sukses.  3 hal tersebut adalah?

Umur kawin
Umur yang baik untuk mengawinkan kelinci adalah 6 bulan keatas untuk betina dan untuk jantan 5 bulan. Sebenarnya umur 3-4 bulan sudah nampak hormon seksualnya, namun belum matang atau belum dewasa tubuh sehingga kurang baik untuk dikawinkan, karena keturunannya bisa kecil dan jumlah kelahirannya sedikit. Jika untuk mengawinkan kelinci setelah melahirkan sebaiknya ketika anak kelinci sudah keluar dari sarang atau sudah berjalan. kira kira 2 mingguan boleh dikawinkan lagi.

Silsilah keturunan
Mengetahu silsilah keeturunan tetuanya adalah hal penting dalam mendpatakan kelinci yang unggul dan menghindari inbreeding atau perkawinan sedarah yang mengakibatkan cacat bawaan. Untuk itu disarankan untuk tidak mencampur anakan kelinci dalam satu kandang pisahkan berdasarkan keturunannya agar bisa kita seleksi.

Waktu kawin
Waktu yang kawin adalah dimana suasana udara sejuk atau masih dingin, sekitar jam 6-7 pagi dan 5-6 petang. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi pengawinan kelinci yang gagal.

Cara pengawinan sendiri ada dua teknik, yaitu teknik pengawinan dalam kandang dan luar kandang.
Dalam kandang
  1. Masukan betina ke kandang kelinci jantan. Hal dimaksudkan agar kelinci jantan lebih leluasa mengawini betina karena didaerahnya sendiri.
  2. Tunggu sampai si jantan menaiki betinanya
  3. Jika sudah ambil betinanya, dan istirahatkan selama 15 menit
  4. Masukan kembali betina dalam kandang jantan dan biarkan si jantan mengawini lagi
  5. Lakukanlah sampai 3 kali saja, jika betina sudah tidak mau lagi dikawini berarti perkawinan berhasil. Jika tidak ambillah waktu yang tepat besoknya.
Kalau diluar kandang disarankan jika kelinci itu jinak, kalau tidak jinak sebaiknya didalam kadang saja. Lepaskan jantannya dulu agar mengenal lingkungan. Setelah itu lepaskan kelinci betina sampai si jantan mengejar dan mengawininya. Itulah ulasan mengenai cara mengawinkan kelinci agar cepat hamil baik sesudah atau baru melahirkan.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}