Home » , » 4 Cara Membuat Pupuk Cangkang Telur Untuk Tanaman Hias dan Bunga

4 Cara Membuat Pupuk Cangkang Telur Untuk Tanaman Hias dan Bunga

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Sunday, February 20, 2022

 Pupuk Cangkang telur-Telur unggas yang kita kenal mungkin hanya sebagai pangan hewani yang mengandung protein tinggi, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Telur unggas dari ayam atau pun itik kini gencar dicari sebagai salah satu alternative pupuk tanaman sayuran dan hias. Tentu kalian bingung, apa yang dimanfaatkan sebagai pupuk. Ya, cangkang telurlah yang digunakan sebagai pupuk.

Cara Membuat Pupuk Cangkang Telur

Selama ini cangkang telur dibuang begitu saja sebagai limbah tanpa dimanfaatkan. Akan tetapi, sejak salah satu mahasiswa dari Institut Teknologi Surabaya mengenalkan pupuk cangkang telur, barulah pupuk cangkang telur banyak dicari dan digunakan sebgai pupuk sayuran dan tanaman hias. Lantas bagaimana cara membuat pupuk cangkang telur? Simak langkah langkah untuk mengetahui manfaat cangkang telur berikut ini :

Pertama, sebelum kalian membuat pupuk dari cangkang telur alangkah baiknya mengumpulkan cangkangnya dulu yang lumayan banyak, atau bisa mencari limbah cangkang telur dari perusahaan peternakan ayam petelur atau pabrik roti. Setelah kalian dapat lumayan baru kita buat, karena kalau sedikit ya cukup kita remas cangkang telurnya kemudian tebarkan didekat akar tanaman atau sayuran.

Kedua,Sebelum kita membuat usahakan cangkang kulit telur kering, karena kalau basah bisa jadi nanti baunya menyengat. Untuk membuatnya sebenarnya ada tiga cara,yaitu cara langsung, cara dididihkan dan difermentasi. Cara langsung dengan meremas secara langsung dan tebarkan ke dalam pot atau kebun, seperti yang sudah dijelaskan pada alinea sebelumnya.

Untuk membuat pupuk cair dengan dididihkan, kalian harus mendidihkan puluhan cangkang telur dan biarkan selama 8 hingga 10 jam. Kemudian, tuangkan cairan hasil rebusan cangkang itu ke dalam botol pemyemprot atau sprayer. Pupuk cair dari cangkang telur dapat langsung digunakan untuk tanaman.

Untuk cara yang terakhir, kalian cukup mengumpulkan cangkang telur ke dalam ember, kemudian ditutup selama kurang lebih satu bulan. Stelaah satu bulan, Campurkan pupuk ini dengan rasio satu gelas berbanding 3 liter air. Aduk rata dan pupuk siap digunakan, dianjurkan menggunakan sprayer atau penyemprot.

Sudah pahamkah mengenai manfaat cangkang telur sebagai pupuk cair? Kalau sudah paham pasti kita penasaran apa si kandungan atau komposisi kimia cangkang telur?
Cangkang telur unggas umumnya memiliki tiga lapisan yaitu kutikula, lapisan stratum dan lapisan membrane. Lapisan kutikula adalah lapisan paling luar yang melindungi telur dari mikroorganisme, lapisan stratum adalah lapisan yang mengandung banyak kapur, sedangkan membrane adalah lapisan yang berbentuk seperti plastik bening. Cangkang telur tersusun kira-kira 94% kalsium karbonat, 1% magnesium karbonat, 1% kalsium fosfat, dan 4% bahan organik terutama protein.

Itulah pembahasan sederhana mengenai pemanfaatan cangkang telur yang bisa digunakan sebagai pupuk cangkang telur untuk tanaman hias dan sayuran. Selamat mencoba dan sukses !

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}