Home » » Cara Membuat Pakan Fermentasi untuk Kambing Jawa

Cara Membuat Pakan Fermentasi untuk Kambing Jawa

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Saturday, February 19, 2022

Pakan Fermentasi untuk Kambing Jawa
 Pakan kambing secara umum yang kita tahu adalah hijauan, terutama jenis ramban. Berbeda dengan domba yang cenderung lebih ke pakan jenis rumput, itulah sedikit perbedaan kambing dan domba. Pakan kambing yang berupa hijauan kala musim kemarau sulit dicari oleh peternak, sedangkan konsentrat pakan kambing yang cenderung mahal membengkakkan biaya operasional kambing.Hal itu membuat para peternak mengambil solusi  cara membuat pakan fermentasi untuk kambing jawa dari jerami padi dibantu dengan probiotik seperti viterna dan EM4 atau produk lainnya.

Pakan alternatif ini sangat membantu dan menghe
mat para peternak kambing dalam membudayakan ternak kambingnya. Jenis pakan alternatif bisa digunakan sebagai pakan pokok ataupun pakan selingan rumput hijauan. Tergantung bagaimana keuletan peternak, karena factor terpenting dalam usaha adalah ketekunan. Untuk membuat pakan fermentasi dari jerami ini tentu tidaklah sulit, ada cara mudah dalam pembuatan pakan fermentasi jerami padi,

Berikut langkah-langkahnya, contoh ini digunakan bahan probiotiknya adalah viterna. Viterna adalah produk MLM. Jika sulit mendapatkan viterna anda bisa menggunakan produk EM4 yang lebih mudah di dapatkan di poultry shop, tentu tidak kalah manfaatnya:

Alat dan Bahan bahan yang digunakan pakan fermentasi pakan kambing
  1. 1 tutup botol(10 ml). 1 tutup botol cukup untuk 10 liter air/ 50kg pakan (jerami padi). Jika jumlahnya lebih sedikit atau lebih banyak, sesuaikan dengan jumlah pakannya.
  2. Drum plastik atau terpal plastik lembaran yang kuat untuk memeram jerami
  3. Jerami padi yang kering
  4. Ember 
  5. alat penyiram air
Cara membuat :
  1. Untuk pembuatan pakan ini dianjurkan pada tempat yang terlindung dari dari hujan, genangan air ataupun sinar matahari secara langsung.
  2. Gelar alas terpal plastic, untuk tempat pencampuran adonan. Anda juga bisa menggunakan drum plastic yang besar.
  3. Larutkan viterna 10 ml dengan 10 liter air menggunakan ember
  4. Gelar jerami setinggi 15-20 cm dan mulailah menyemprotkan larutan adonan air + viterna ke tumpukan jerami tadi sambildiinjak-injak. Hal yang perlu diperhatikan adalah penyemrotan harus sampai selesai sampai jermai semi basah.
  5. Tutup adonan jerami rapat rapat. diamkan tumpukan jerami tadi selama 3 hari supaya proses penguraian serat jerami berjalan secara alamiah.
  6. Setelah 3 hari, jerami fermentasi siap diberikan untuk pakan ternak kambing.
Cara pemberian pakan fermentasi
Ciri ciri pakan fermentasi yang sudah jadi ialah muncul aroma khas dari tumpukan jerami fermentasi, jerami padi lebih remah. Sebelum diberikan kepada ternak kambing silahkan jerami fermentasi ini di angin-anginkan sebentar. Lebih baik dibantu dicacah, agar lebih cepat habis dan maksimal dalam membantu system pencernaan kambing serta jangan lupa sediakan air setiap saat untuk membantu metabolisme kambing.

Cara penyimpanan :
Penyimpanan jerami bisa dilakukan dengan dibiarkan dalam posisi semula yaitu berupa tumpukan, kalau tidak Diikat disamping kandang, sebaiknya tidak dibawah tanah.

Cara membiasakan kambing agar doyan pakan fermentasi jerami padi adalah diberikan sedikit demi sedikit dan selang seling dengan makanan yang sudah biasa. Lebih baiknya, sebelum diberikan pakan fermentasi dipuasakan dulu beberapa jam.

itulah pembahasan informasi yang cukup menari tentang Cara Membuat Pakan Fermentasi untuk Kambing Jawa  dari Jerami, serta tips sukses menggunakan pakan tersebut, selamat mencoba dan sukses.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}