Home » » Tips Bisnis Ikan Laut Konsumsi Beku Agar Laris Manis

Tips Bisnis Ikan Laut Konsumsi Beku Agar Laris Manis

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Sunday, August 22, 2021

 Bisnis ikan segar untuk konsumsi memang potensial dikembangkan, baik melalui budidaya ikan air tawar dan payau atau dari memaksimalkan penangkapan ikan laut oleh nelayan.  Sebab ikan merupakan lauk yang disukai masyarakat yang kebutuhannya setiap tahun meningkat. Berdasarkan Data Kementrian Kelautan dan Perikanan, Indeks konsumsi ikan masyarakat Indonesia di tahun 2020 ini sudah mencapai 42 kilogram (kg) per kapita per tahun. Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang berada di kisaran 40-39 kg per kapita per tahun.


Peningkatan ini ditengarai oleh bertambahnya jumlah penduduk Indonesia dan semakin sadarnya kebutuhan gizi dari ikan. Selain itu adanya upaya pemerintah dengan melakukan kampanye serta kegiatan gemar ikan mampu mendorong konsumsi ikan masyarakat. Kondisi semacam ini merupakan peluang bisnis yang menguntungkan ditengah kebutuhan ikan masyarakat yang tidak hanya dilakukan oleh nelayan dan peternakn ikan, melainkan masyarakat umum dalam mendistribusikan atau menjual ikan segar ke konsumen.

Cara Bisnis Ikan Laut
Bisnis ikan beku

Peluang bisnis jualan ikan semakin besar peluangnya, terutama hal yang sering terjadi pada penangkapan ikan besar besar nelayan mandeg dipasar ikan setempat. Akhirnya ikan segar diawetkan dalan bentuk kering diasinkan maupun segar dalam keadaan beku. Parahnya, dijadikan bahan pakan ternak dengan  harga jual yang lebih murah, Sebab, umumnya nelayan hanya bekerja menangkap ikan dan menjual langsung ke konsumen disekitar pantai atau pengepul ikan jika masih ada yang menampung. Arinya disitu ada jalur distribusi yang sedikit terhambat dari nelayan kekonsumen.

Peluang masyarakat umum dalam bisnis ini adalah meneruskan ikan dari nelayan kekonsumen dalam keadaan segar atau sudah jadi bahan makanan. Di posisi ini memang harus dituntut cepat agar ikan segar masih layak dikonsumsi saat ditangan konsumen. Namun itu tidak bisa maksimalkan karena kita tahu sendiri bahwa ikan mudah membusuk. Agar hal hal demikian tidak terjadi ada beberapa cara dalam bisnis ikan ini agar ikan segar sampai ditangan konsumen dengan cepat, awet dan utuh serta higienis.

Usaha Jual Ikan segar keliling, usaha laris cepat balik modal

Usaha jualan ikan laut segar paling sederhana adalah menjual kembali secara langung dengan cara jualan keliling di pemukiman penduduk menggunakan motor. Anda bisa mengambil stok dari nelayan kemudian dipasarkan kembali dengan harga lebih mahal agar anda mendapatkan keuntungan. Anda bisa memperoleh keuntungan dari penjualan ikan segar tersebut setiap hari, jadi modal anda cepat balik ketika dagangan anda sudah terjual semua.

Pada posisi ini anda harus dituntut menjual ikan dengan cepat ke konsumen agar ikan tidak membusuk. Ikan hari itu harus habis hari itu. Untuk menghindari, dagangan lebih, anda bisa menjual sedikit demi sedikit. Ketika sudah ada pelanggan baru anda bisa memperbanyak dagangan anda sambil memperluas pasar ke wilayah lain. Atau mulai berusaha menyuplai industri makanan rumahan yang menggunakan bahan ikan segar seperti bakso ikan, sosis ikan, pempek dan restoran seafood.

Bisnis ikan laut beku, resiko ringan untung besar

Ikan memang selalu menjadi komoditas yang bernilai tinggi. Terutama, setelah ikan mengalami proses pengolahan lebih lanjut. Bahkan, produk olahan ikan ini bisa sukses menembus pasar negara maju. Seperti Jepang, Taiwan dan Amerika Serikat. Hanya saja kebanyakan masyarakat di Indonesia belum menyadari sepenuhnya sehingga  industri pengolahan hasil laut masih belum banyak. Padahal, pengolahan ini bisa memberi nilai tambah pada produk hasil laut tersebut.

Industri pengolahan ikan sederhana yang sedang digalakan pemerintah adalah ikan laut beku. Kelebihan dari produk ikan laut beku atau sering disebut froozen food adalah ikan lebit awet dan pendistribusian lebih mudah. Ikan yangawet membuat ikan bisa dipasarkan lebih luas, bahkan sampai ekspor dibanding ikan segar yang hanya tahan 1hari saja sudah membususk. Selain itu nilai jual ikan beku lebih mahal.

Upaya pemerintah produk ikan dalam keadaan beku jika dipasarkan, salah satunya menghindari stok ikan besar yang mubah dan menjadi limbah yang nilai jualnya lebih rendah. Ikan dalam keadaan beku tidak cepat membusuk karena bakteri tidak bisa berkembang biak, artinya ikan lebih higinies.

Ikan beku yang dimaksud ada dua macam, yakni ikan utuh atau ikan per bagian dan variasi bahan makanan dari ikan. Artinya diposisi ini anda cukup membuat ikan dalam keadaan beku dan sekaligus sebgai usaha pengolahan ikan laut menjadi berbagai macam bahan makanan dari ikan laut dalam keadaan beku. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bahwa pengolahan ikan menjadi berbagai olahan makanan akan menjadi ikan lebih bernilai dan potensi keuntungan lebih besar.

Berbagai macam produk froozen food berbahan ikan laut bervariasi yang bisa anda buat seperti bakso ikan, bakso udang, fillet ikan, udang tepung garin, rolade ikan, scallo., udang cooked dan bakso cumi.

Nah dari bahasan kali ini berarti ada beberapa peluang dalam bisnis ikan konsumsi yaitu usaha jualan ikan segar keliling, ikan beku dan industri pengolahan ikan beku (froozen food). Anda bisa memilih salah satunya atau memonopoli semuanya, hehe. Sekian semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}