Home » » 6 Resep dan Contoh Menata Toko Kelontong Yang Rapi dan Minimalis

6 Resep dan Contoh Menata Toko Kelontong Yang Rapi dan Minimalis

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Monday, August 23, 2021

 Toko/warung kelontong yang rapi adalah salah faktor yang membuat pembeli betah belanja di toko anda. Toko kelontong yang rapi mempermudah pembeli dalam memilih barang belanjaan yang akan dibelinya, melihat detail produk dengan leluasa serta mudah mencari belanjaan langsung tanpa tanya tanya melulu ke penjaga warung. Sayangnya dengan jumlah barang dagangan yang dijual kadang sudah dalam penataan toko biar menarik. Padahal jika belanjaan menumpuk dan susah dicari pembeli enggan membeli di toko anda, apalagi harus mengantri menunggu dalam pembelian barang.



Cara menata warung kelontong sederhana agar nampak modern rapi dan minimalis adalah mengadopsi desain dan penataan minimarket. Penataan minimarket pada toko kelontong membutuhkan rak rak minimarket untuk menyusun dan mengelompokan barang sesuai jenis. Kemudian memiliki ruang gudang untuk persediaan agar dalam display pada rak tidak menumpuk dan berjubel.

Dalam penataan toko kelontong ada beberapa tahap awal sampai buka :

Membuat desain U menggunakan rak rak minimarket 

Maksud dari desain U dimana rak ditata ditata diutamakan dipinggir tembok agar terlihat luas, kemudian jika ada sisa ruang tengah cukup luas anda baru menambah rak lagi ditengah. Hal ini untuk mengindari pembeli berdesakan dan mengantri memilih barang.


Mengelompokan barang sesuai jenis

Setelah menata rak, tentu rak diisi dengan display produkproduk sejenis yang dikelompokan masing masing rak. Hindari pengelompokan makanan yang berdekatan dengan alat cuci seperti sabun agar tidak menimbulkan bau. Displaylah barang barang kemasan atau barang telah dikemas. Jika usaha toko sembako grosir tentu bisa mengadopsi semi minimarket dimana ada display barang yang sudah dikemas kiloan dan ada juga barang curah yang disediakan karena tidak semua pembeli mengharapkan barang yang dikemas.



Membuat ruang gudang unntuk penyimpanan stok

Buat ruang gudang untuk stok barang agar bisa mendisplay barang tetap rapi. Barang yang telah berkurang ditambahi, jadi penataan terkesan selalu penuh namun tidak menumpuk. Kalau tidak memiliki likasi yang luas  anda bisa menyediakan rak kayu didinding paling belakang sebagai persediaan barang yang belum ditata.

Membuat bagian depan agar terlihat penuh dengan barang dagangan

Hal ini jarang dilakukan pemilik toko, bahwa memperlihatkan dagangan anda banyak sama saja anda melakukan tindakan mengundangkan pembeli, karena terkesan toko anda lebih lengkap daripada yang lain.  Jadi jangan heran kenapa warung kelontong selalu mendisplay dengan cara menggantu aneka barang kemasan, rentengan didepan dan berjejer.


Walau dikatakan anda menerapkan toko kelontong anda sistem modern dengan penataan minimarket anda bisa mengadopsi toko kelontong grosir untuk display depannya. Intinya biar kelihatan bahwa toko anda itu grosir dan harga murah.Biasanya didepan ada lemari es, gas lpg dan air isi ulang. Kombinasi kedua penataan ini mulai dilakukan oleh alfamrat dan indomart yang mana memajang barang sifatnya krusial didepan.

Adanya teras buat parkir dan area tunggu

Terdapat ruang tunggu didepan ketika toko anda penuh, mungkin penerapan ini juga dilakukan oleh alfamar dan indomart dengan menyediakan kursi dan meja didepan. Anda jangan ragu ragu menerapkannya walau hanya menggunakan kursi sederhana. dan jangan lupa area parkir yang memadai.

Bagian Kasir dan Pelayanan di Pisahkan


Sebaiknya bagian pembayaran dan pelayanan dipisahkan. Seringnya warung kelontong satu pelayan sekaligus kasir, jadi pelayan sekaligus menerima pembayaran, sehingga membuat ribet dan antri. Mungkin kalau watung kecil belum ramai masih efektif. Namun kalau sudah grosiran sebaiknya dibedakan dan perlu mengerjakan dua orang untuk tugas masing masing agar rapi.

Nah, saya rasa cara diatas cukup membuat penataan toko kelontong anda menarik pembeli karena terkesan rapi dan modern. Ingat, penataan toko kelontong bukan satu satunya faktor menentukan kelarisan toko kelontong anda, melainkan ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Anda bisa membaca artike mengenai tips membuka warung sembako agar laris manis

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}