Home » , » 10 Keuntungan dan Kekurangan Tabungan Emas di Pegadaian

10 Keuntungan dan Kekurangan Tabungan Emas di Pegadaian

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Friday, January 22, 2021

Ingin menabung emas? Siapa yang mau? Semua orang pasti mau menabung emas. Emas sampai saati ini masih menjadi alat investasi primadona sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebab, selain memberikan keuntungan jika disimpan (ditabung) dalam jangka yang lama, emas memiliki nilai jual yang tinggi, dan emas nilainya stabil, tidak terlalu terpengaruh perekonomian sebuah negara. Emas bisa kalian tabung di bank baik swasta, syariah maupun nasional. Kabar terbarunya, nabung emas juga bisa dipegadaian, lalu apa saja sih keuntungan dan kekurangan tabungan emas di pegadaian?

 Keuntungan dan Kekurangan Tabungan Emas di Pegadaian
 Keuntungan dan Kekurangan Tabungan Emas di Pegadaian
Pegadaian yang selama kita kenal sebagai jasa pinjaman uang dengan cara menggadaikan berbagai barang berharga, sekarang juga terjun dalam tabungan logam, utamanya emas. Salah satu produknya adalah tabungan emas. Tabungan emas yang dimaksud ialah layanan jual beli emas dengan fasilitas titipan. Pegadaian akan menyimpan emas kalian dengan baik dengan baik dan aman. Dengan jasa titipan ini masyarakat mudah dalam berinvestasi emas baik dalam keping maupun batangan.

Pegadaian adalah lembaga resmi yang terpercaya dalam transaksi maupun investasi emas. Pegadaian memiliki produk emas sendiri yang memiliki merk pegadaian, selian itu juga memiliki sertifikat resmi PT Antam, selaku pembuat emas batangan. Jadi tidak perlu khawatir mengenai keamanan dan keaslian dipegadaian. Apalagi didukungan dengan keuntungan yang dimiliki pegadaian. Aman deh.

Keuntungan tabungan emas pegadaian

Emas Bisa diperoleh kredit maupun tunai

Tabungan emas dipegadaian bisa diperoleh dengan kredit maupun tunai. Tabungan emas dengan cara kredit tentu menjadi sebuah kelebihan, jika memang mau menabung sedikit demi sedikit. Sedangkan tunai bagi yang memang cukup modal untuk modal menabung. Kalian bebas memilihmama jenis tabungan emas sesuai dengan kondisi kalian.

Tersedia dalam berbagai pilihan bera
t

Menabung emas di pegadaian tersedia dalam berbagai pilihan berat, mulai dari 0,1 gram, 1 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram sampa dengan 1kg. Kalian bisa menentukan sendiri mau berinvestasi dalam bentuk berat yang mana sesuai kemampuan finansial kalian.

Layanan cepat

Investasi atau menabung emas di pegadaian pelayananya cepat dan mudah dilakukan. Proses di Pegadaian umunmya tidak lebih dari 20 menit sudah selesai. Tidak seperti di perbakan yang harus antree yang bisa jadi memakan banyak waktu kalian.

Bisa digadaikan, Jika butuh dana tunai

Keuntungan yang paling saya sukai adalah jika nanti dalam proses berlangsung investasi kok kesulitan uang. Tabungan emas bisa digadaikan untuk mendapatkan pinjaman tunai. Proses gadaianya pun bisa langsung dilakukan di pegadaian tanpa ribet.

Sistem keamanan terjamin

Pegadaian memberikan layanan tabungan emas tentu memiliki sistem keamanan yang baik dalam proses penyimampanan emas. Anda tidak perlu khawatir emas akan hillang dicuri atau melayang kemana. Sekalipun emas itu kecolongan, pihak pegadaian pun bertanggung jawabdan memberikan asuransi kehilangan barang kepada nasabahnya.

Biaya titip/administrasi ringan

Tabungan emas dipegadaian merupakan layanan titipan bagi yang ingin berinvestasi. Seperti halnya menabung uang, emas pun ada biaya adminisrasi per bulan. Namun biaya di pegadaian lebih terjangkau, sehingga tidak terlalu membebani kalian.

Kekurangan Tabungan Emas di Pegadaian


Tabungan emas dipegadaian memang memiliki banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan, namun di sisi lain, ada juga kerugian atau kekurangan dalam tabungan emas di Pegadaian. Walaupun lebih banyaknya untungnya, tapi kalian tetap harus memperhatikan resiko resko dari kerugian tersebut sekalipun kecil. Berikut beberapa kekurangan Tabungan Emas di Pegadaian:

Belum adanya sertifikasi khusus bagi pemilik

Sekalipun sudah menajdi tempat yang nyaman berinvestasi emas, hingga saat ini, pegadaian belum jelas informasi apakah Pegadaian memberikan sertifikat khusus bagi pemilik emas, seperti halnya di PT Antam membeirkan sertifikat resmi. Bedanya dipegadian proses pengajuan emas pun hanya bisa dilakukan di kantor-kantor cabang Piloting yang belum tentu menyediakan sertifikat resmi.

Ada selisih antara kurs jual dan kurs beli.

Emas selain alat investasi juga bisa dijualbelikan dalam jangka waktu tertentu. Maka itu sangat terpnaruh dengan adanya kurs jual dan beli emas yang bisa naik turun.Walau harga stabil di kisaran tertentu, tapi jikaturun sedikit saja bisa rugi. Sebab investasi pun akan melihat kurs jual beli agar bisa dengan tepat kapan mulai dan berhenti investasi.

Adanya biaya administrasi


Memang menabung emas dipegadaian itu terjangkau, namun ada perlu diperhatikan juga biaya biaya tersebut. Sebab ada beberapa biaya yang harus diperhatikan. Seperti mulai dari pembukaan rekening, transfer emas, penggantian buku tabungan (jika rusak/hilang) dan denda keterlambatan pengambilan emas cetakan. Lumayan banyak kan?

Adanya batasan transaksi

Kekurangan tabungan emas terakhir yang memang perlu kalian ketuhui adalah adanya batasan transaksi per harinya. Contoh nih, untuk menjual emas minimal 1 gram. Ada juga pembatasan pembelian sebesar 100 gram per hari per nasabah. Selain itu ada ongkos cetak (biaya yang wajar) disesuaikan dengan berat logam mulia dan berat emas yang di cetak minimal 5 gram.

Itulah keuntungan dan kerugian tabungan emas yang bisa menjadi pertimbangan kalian dalam sebelum kalian terjun dalam investasi emas. Pada intinya, tujuan menabung untung, tetapi juga melihat resiko resiko lain ketika menabung emas dipihak ketiga. Walau aman dan terjamin pasti ada biaya yang dikeluarkan.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}