Home » » Cara Mengonsumsi Virgin Coconut Oil VCO Untuk Diet

Cara Mengonsumsi Virgin Coconut Oil VCO Untuk Diet

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Saturday, October 10, 2020


Apa Itu VCO?  Virgin Coconut Oil (VCO) atau yang biasa disebut minyak kelapa murni, berbeda dengan minyak kelapa biasa. Virgin Coconut Oil memiliki tampilan yang bening daripada minyak kelapa yang biasa dikonsumsi pada umumnya. Banyak orang yang mulai menggunakan VCO, karena besar manfaatnya. Tidak hanya untuk tubuh, manfaat VCO untuk wajah juga menjadi salah satu alasan banyak orang. Tapi ternyata tidak hanya untuk menggoreng, cara mengonsumsi virgin coconut oil di bawah ini bisa Anda Coba.

Apa Perbedaan VCO dengan Minyak Kelapa Biasa?

VCO merupakan minyak kelapa yang proses pembuatannya terbuat dari bahan yang sama, yaitu kelapa yang sudah tua. Namun, VCO sama sekali tidak melalui proses pemanasan apa pun. Dan tanpa bahan kimia dan RBD. Tampilannya bening, sedangkan minyak kelapa yang biasa digunakan untuk memasak berwarna kekuningan.

Apa Saja Kandungan VCO?

Ada beberapa kandungan VCO yang sangat bermanfaat. Di antaranya:

· Dipercaya mengandung Asam Laurat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

· Mengandung vitamin E yang tinggi. VCO juga dilengkapi dengan kandungan Medium-Chain Triglycerides (MCT) atau kolesterol baik

· Memiliki Fatty Acids, terdiri dari lauric acid, capric acid, caprylic acid.

· Anti-inflamansi yang berguna untuk penyembuhan luka lebih cepat

· Memiliki sifat anti-bakteri

· Vitamin E

· Dan beberapa nutrisi lainnya.



Manfaat Virgin Coconut Oil

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi VCO, seperti:

· Daya tahan sistem imun meningkat. Karena VCO mengandung sistem kekebalan tubuh.

· VCO mengandung lemak baik, sehingga dapat mengurangi risiko tinggi kolesterol dan gagal jantung.

· Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. VCO sangat membantu untuk menurunkan berat badan.

· Karena anti-inflamasinya, VCO menyembuhkan luka lebih cepat. Anda hanya tinggal mengoleskan pada daerah yang pernah terkena luka.

· Selain mengobati luka. VCO juga dapat menyamarkan stretch mark, usai melahirkan.



Cara Lain Mengonsumsi Virgin Coconut Oil

VCO banyak digunakan sebagai bahan kecantikan. Bahkan dari dulu, orang-orang sudah biasa menggunakan VCO untuk kesehatan.

Nah, selain untuk menggoreng. Berikut cara lain konsumsi Virgin Coconut Oil:



1. Konsumsi Langsung

Banyak orang yang sudah mencoba mengonsumsi langsung VCO. Anda tidak perlu khawatir, karena VCO aman untuk diminum langsung. Asalkan sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Minum 2-3 sendok makan VCO setiap sehari sekali. Manfaatnya baik untuk yang kurang stamina. Dan membuat kulit Anda lebih lembap serta bersinar. Untuk diet, konsumsi 1 sendok sebelum atau sesudah makan.

VCO juga dapat membantu melancarkan wanita yang sedang melahirkan. Minum satu sendok beberapa jam sebelum melahirkan.



2. Sebagai Pelembab wajah

Selain itu, VCO sangat berguna untuk dijadikan sebagai pelembap wajah. Manfaat yang bisa Anda dapatkan di antaranya;

kandungan vitamin E, berguna untuk melembapkan dan menghaluskan kulit. Kandungan anti oksidan, mencegah keriput. Caranya ambil beberapa tetes VCO, balurkan ke permukaan wajah dengan sedikit dipijat. Atau Anda dapat menggunakannya sebagai pelembab.

Karena sifatnya yang anti-bakteri, dapat mencegah timbulnya jerawat di wajah. Gunakan VCO untuk pelembab saat malam hari. Sebelum tidur.

Menghilangkan mata panda. Mempunya garis lingkar di mata, tentunya sangat mengganggu penampilan. Menggunakan VCO Cold-Press cukup efektif untuk menyamarkan mata panda.



3. Sebagai Penambah Minuman atau Makanan

Tidak ada salahnya, VCO sebagai toping di minuman atau makanan. Tambahkan sebagai pelengkap di teh hangat, kopi, salad buah atau sayur dan sebagainya.





Tips Mengonsumsi VCO

Sejatinya sesuatu yang berlebihan bukanlah hal baik. Begitu juga dengan mengonsumsi VCO. Hal yang harus Anda perhatikan ketika akan mengonsumsi VCO langsung adalah perhatikan takaran. Menurut anjuran, penggunaan VCO dalam satu hari hanya maksimal 4 sendok saja.

Jangan lupa, seimbangkan juga dengan nutrisi lain, seperti banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Dan baiknya, hanya gunakan VCO asli. Karena hanya VCO yang tidak dilarang untuk diminum langsung.



Cara Membuat VCO Sendiri di Rumah

Untuk menghindari pembelian VCO di luaran, Anda dapat mencoba membuat VCO sendiri di rumah. Tujuannya selain behemat, juga VCO yang Anda dapat benar-benar murni, tidak tercampur bahan kimia apa pun.

Dan membuat VCO tidaklah terlalu sulit. Pertama, siapkan bahan-bahan sebagai berikut:

ü Kelapa yang sudah agak tua (berdaging), 4-5 butir

ü Sendok

ü Tissue

ü Saringan

ü Corong

ü Wadah tertutup atau plastik

ü Blender/mixer

Cara:

Pertama kupas kelapa, cuci dan parut. Setelah itu saring untuk mendapatkan santan ke wadah transparan atau plastik yang diikat rapat. Biarkan dahulu hingga 1-2 jam.

Setelah itu, santan tadi akan membentuk dua lapisan. Lapisan atas berupa Kanil, dan bawah berupa air.

Sediakan wadah/botol dan saringan. Saring kanil tadi menggunakan saringan yang sudah disediakan. Agar tidak berceceran gunakan corong yang sudah disediakan.

Proses fermentasi: tambahkan ragi roti ½ sendok ke bahan yang sudah di saring tadi, inkubasi dalam wadah tersebut selama 24 jam. Sehingga membentuk 3 lapisan.

Lapisan atas berupa minyak, lapisan tengah berupa blondo, dan terakhir lapisan air.

Tahap akhir; saring bagian minyak menggunakan sendok. Saringan bisa berupa tissue atau saringan yang berbahan lembut. Dan simpan di wadah tertutup. Bagian akhir, merupakan proses yang membutuhkan kesabaran penuh.

Namun, Jika proses di atas dinilai terlalu ribet, Anda bisa mendapatkan VCO di toko-toko yang sudah menjualnya. Tapi pastikan merupakan VCO asli tanpa bahan kandungan kimia yang lain.



Sampai di sini penjelasan mengenai cara mengonsumsi Virgin Coconut Oil. Tetap berhati-hati dalam mencampurkan bahan apa pun dan pembelian VCO di pasaran.  Semoga dapat membantu. Sekian.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search

Artikel Terbaru