Home » » 10 Macam Macam Media Promosi Online dan Offline yang Efektif

10 Macam Macam Media Promosi Online dan Offline yang Efektif

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Monday, October 28, 2019

 Macam Macam Media Promosi
Macam macam media promosi - Sebagai pengusaha yang baru menciptakan produk atau jasa, sudah sewajarnya kita membakar duit gede gedean untuk mengenalkan kepada masyarakat. Istilah lebih familliarnya adalah promosi. Secara terminologi, promosi merupakan upaya memperkenalkan, memberitahukan manfaat suatu produk dan jasa untuk mendorong konsumen membeli produk atau menggunakan jasa. Kegiatan promosi tersebut menggunakan media media promosi yang variatif, tergantung zaman, jenis produknya dan waktunya agar kegiatan promosinya efektif. Kefektifan bisa ditingkatkan dengan pemilihan media promosi yang tepat, mungkin kalau dengan brosur atau reklame, televisi cukup namun perkembangan zaman mungkin bisa ditambah dengan media online atau internet. 

Jika bingung referensi dalam memilih media promosi yang efektif, kalian bisa mencocokan dengan produk atau jasa yang kalian tawarkan, dan tentunya budget juga. Enggak mungkin usaha kecil kecilan ngiklan di TV, tentu biaya promosi lebih besar dari keuntungan porduk sendiri. Jadi selektiflah pakai media promosi., kalian bisa memilih macam macam media promosi dibawah ini :

10 Macam Macam Media Promosi Online dan Offline yang Efektif

Brosur


Brosur adalah media promosi pertama yang banyak digunakan oleh perusahaan perusahaan untuk memperkenal produk produk keperluan harian seperti pasta gigi sabun dan shampo. Brosur adalah berupa terbitan tidak berkala atau sekali terbit yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman dan tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Bentuk brosur adalah dua isis yang dilipat secara berurutan, seperti surat undangan. Brosur sudah mulai ditinggalkan, karena tidak terlalu efektif. Namun masih banyak digunakan untuk pengenalan sekolah sekolah baru untuk mendapatkan murid baru.

Pamflet


Beda dengan saudaranya, si brosur, Pamphlet (pamplet) adalah berupa selebaran tak berjilid atau terdiri hanya satu sisi atau lembar. Leaflet banyak digunakan untuk menyebarkan informasi layanan masyarakat seperti info politik, kesehatan, lingkungan.. Namun pada zaman modern pamflet banyak digunakan untuk kegiatan event even tertentu seperti konser, pameran, lowongan kerja dll.

Booklet


Ada lagi yang namannya booklet, dari namannya sudah jelas kalau media promosi Booklet adalah sebuah buku kecil berjilid yang terdiri beberap halaman. Booklet biasanya digunakan perusahaan untuk  untuk mewakili perusahaan dan rincian produk secar detail.  Penampilan dan desain booklet adalah mewakili gambaran sebuah perusahaan seperti profil kontak dan jasa atau produk yang ditawarkan. Booklet biasanya digunakan untuk perusahaan properti seperti developer perumahan.

Spanduk /Banner

Dari sekian media promosi yang mudah ditemukan adalah spanduk atau banner, karena biasanya banyak ditemukan disepanjang jalan, bahkan melintang ditengah jalan. Kalau penulis sendiri tiap hari liat spanduk terutama spanduk rokok. Selain rokok spanduk atau banner digunakan untuk mempromosikan iklan layanan masyarakat dari instansi atau pemerintah, kegiatan kegiatan seperti konser dan pengajian. Ada yang bilang spanduk yang terbuat dari bajan kain, kalau banner ya dari bahan banner plastik. Namun pada intinya sama saja.

Baliho atau reklame

Lebih besar dari spanduk, baliho atau reklame adalah papan informasi raksasa yang biasa kita temukan di perempatan jalan yang ramai. Istilah reklamemulanya dari bahasa Spanyol, yakni dari kata re artinya berulang-ulang, dan clamo yang artinya seruan. Jadi bisa diartikan seruan yang berulang ulang dalam hal  menawarkan barang dagangan atau jasa kepada konsumen. Namun di zaman ini bentuk reklame atau baliho adalah papan nama raksasa untuk mempromosikan produk dan jasa.

Media Cetak


Media cetak adalah media promosi paling banyak digunakan pada awal 90an sampai 2000n sebelum banyak yang beralih ke media elektronik dan media online. Media cetak terutama koran pada waktu paling efektif memperkenalkan produk dan jasa karena terbitnya harian. Kemduian pembacanya juga banyak  Dengan  penulisan secara in dept (lebih mendalam dan lengkap) disertai gambar yang menarik, koran sangat efektif produk. Namun berbeda pada zaman ini, yang umumnya perusahaan lebih memilih iklan dari media elektronik dan online. Jenis –jenis Media Cetak yang masih digunakan yaitu: koran, majalah, leaflet dan tabloid.

Media elektronik

Sebenarnya sudah lama media elektronik ada, namun bentuknya masih  sederhana hanya berupa radio. Walaupun sudah banyak yang digunakan masyarakat, namun masih kalah sama dengan media cetak, hadirnya televisi berwarna seolah menghadirkan warna baru dalam dunia periklanan. Banyak poerusahaan besar dengan budget yanh besar ngiklan di televisi. Sampai sekarang pun televisi masih efektif. Hampir setiap hari ketika nonton tv masih banyak iklan iklan produk dari perusahaan besar.

Sosial Media


Sosial media adalah media masa paling efektif saat ini untuk memperkenalkan produk barang dan jasa. Menggunakan media sosial memiliki potensi iklan bisa cepat viral dan dikenal masyarakat. Di media sosial user saling beriinteraksi, saling berbgai hal hal yang menarik. Nah jika salah satu iklan anda menarik, bisa jadi viral dan dikenal luas oleh masyarakat secar gratis. Enggak bayar. Sosial media yang bisa digunakan untuk promosi adalah Facebook, WA, Line, Instagram, blog, website, youtube dll. Silakan gunakan yang menurutmu paling efektif, namun menurut data pengguna terbanyak dan mudah viral adalah youtube, facebook dan instagram.

Merchendise

Media promosi yang memberikan kesan adalah merchendise. Anda bisa menggunakan merchandise untuk mengenalkan produk dan jasa anda. Namun tidak semua cocok menggunakan media promosi. Umumnya merchindise digunakan untuk promosi tempat wisata, hiburan, hotel atau produk property, Banyak merchandise yang bisa anda gunakan mulai dari 
  • topi
  • gantungan kunci
  • mousepad / tatakan mouse
  • buku / notes / agenda
  • bolpoin / alat tulis lainnya
  • payung
  • goody bag
  • tote bag
  • bantal
  • flash disk USB
  • t-shirt / polo shirt
  • magnet kulkas
  • botol minum / tumbler
  • gelang / kalung dll
  • sticker
  • Kalender
  • Kaos

Periklanan Online Berbayar

Bagi profesional tentu akan lebih memilih memanage ikaln sendiri dengan iklan berbayar agar bisa riset produk mereka sendiri. Salah satu media promosi yang mendukung mendapatkan data data calon konsumen adalah facebook ads dan google ads. Dengan media promosi ini perusahaan mendapatkan data yang bisa beramnfaatkan untuk menciptakan produk atau mempromosikan produk lebih efektif. Menggunakan media ini berbayar, namun keuntungannya bisa memanage budget sesuai keinginan sendiri. atau kebutuhan.

Itulah macam macam media promosi yang bisa kita gunakan untuk memberitahukan, memperkenalkan suatu produk agar dikenal masyarakat atau calon pembeli. Anda bisa menggunakan media promosi tersebut, namun gunakanlah media promosi paling efektif, sebab berkaitan dengan waktu, biaya dan omzet penjualan anda. Sekian dan terima kasih.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search

Artikel Terbaru