Home » , » 7 Tujuan Bisnis Menurut Para ahli Wajib Untuk Diketahui

7 Tujuan Bisnis Menurut Para ahli Wajib Untuk Diketahui

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Wednesday, September 25, 2019

Tujuan Bisnis Menurut Para ahli
Bisnis adalah sesuatu kegiatan yang menghasilkan keuntungan. Secara umum tujuan bisnis sudah bisa dijelaskan dalam pengertian bisnis tersebut. Pengertian bisnis menurut ahli siapapun pasti akan mengarahkan profit atau keuntungan. Profit menjadi tujuan utama dalam berbisnis, kalau tujuannya bukan keuntungan, itu namanya kegiatan sosial seperti pengabdian, kerja bakti dll atau kegiatan di lembaga sosial. Tapi suatu bisnis pasti ada tujuan bisnis lain selain keuntungan tersebut. Seperti halnya menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar biar mengurangi pengangguran.

Pengertian tujuan bisnis menurut ahli bisnis, Prof. Owen Bisnis adalah sebuah perusahaan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang-barang untuk dijual ke pasaran ataupun memberikan harga pada setiap jasanya. Sebelum keuntungan, tujuan bisnis bisa pada pencapai produksi barang dan jasa sesuai apa pengertian bisnis tersebut. Dari mulai produksi, distribusi sampai pemasarannya hingga ujungnya pada penjualan atau nilai omzet. Ujung ujungnya memang tetap profit, namun sangat tergantung dari jenis dan bentuk bisnis tersebut.

Jenis dan Bentuk Bisnis mempengaruhi tujuan bisnis

Jenis bisnis tergantung dari bidang apa yang dikerjakan, dinatarnya bisnis di bidang industri, bisnis bidang makanan, bisnis bidang fashion. Bidang tersebut mempengaruhi tujuan bisnis itu sendiri selain dari keuntungan. Misalnya, bidang di bidang fashion secara otomatis bisnis tersebut tujuannya memproduksi fashion yang bisa diterima di masyarakat. Baik dari segi desain, modal, warna dan kualitas bahan yang digunakan. Tujuan produksi fashion tersebut sangat mempengaruhi tujuan utamanya bisnis profit. Sebab jika tujuan memproduksi fashion yang bagus dan diterima masyakarat tidak tercapai maka tujuan profitnya engga tercapai atau kurang maksimal.

Selain jenis ada bentuk bentuk bisnis. Kalau berdasarkan bentuk kepemilikan bisnis ada bisnis perorangan adan bisnis kelompok atau perusahaan. Keduanya sama sama melakukan kegiatan bisnis, namun tujuannya tentu sangat beda karena skala usahanya juga berbeda. Bisnis perseorangan tidak melibat banyak orang, hanya beberapa orang saja dan biasanya dibantu oleh kerabatnya. Sedangkan bentuk perusahaan dibantu oleh banyak karyawan. 

Tujuan perusahaan umumnya berupa target yang bersifat kuantitatif dan pencapaian target tersebut merupakan ukuran keberhasilan kinerja dari perusahaan. Tujuan perusahaan erat kaitannya sama dengan perumusan misi dan visi perusahaan Misi dan visi perusahaan harus dirumuskan sependek mungkin dengan spesifikasi yang jelas sehingga setiap orang akan selalu mengingatnya.Tujuan perusahaan juga berisikan tentang komitmen beserta resikonya. Tujuan juga untuk menggambarkan arahan bagi perusahaan secara jelas. Beda hal dengan bisnis peroanganya yang umumnya hanya memenuhi kebutuhan pribadinya saja.

Jika dibuat perpoin makan kita bisa membuat daftar tujuan bisnis baik dalam bentuk perusahana maupun peroangan. seperti dibawah ini :

Tujuan bisnis dalam bentuk perusahaan atau kelompok
  1. Keuntungan atau Profit
  2. Pengadaan barang/jasa
  3. Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
  4. Full employment
  5. Keberadaan perusahaan dalam jangka panjang
  6. Kemajuan atau pertumbuhan
  7. Prestise dan prestasi
Tujuan bisnis perorangan
  1. Pemenuhan kebutuhan pribadi
  2. Untuk memakmurkan keluarga
  3. Ingin namanya dikenal banyak orang
  4.  menjadi penerus usaha keluarga
  5. Ingin mencoba hal baru
  6. memanfaatkan waktu luang
  7. Ingin mempunyai usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain.
  8. Ingin mendapat simpati.
Itulah tujuan tujuan bisnis yang mungkin bisa kita diskusikan kembali apakah bisnis yang kalian sudah mencakup tujuan semuanya itu. Apakah memang ada tujuan lain selain dari uraian tujuan bisnis baik dari segi jenis dan bentuk kepemilikan bisnis. Kan bisa saja tujuan bisnis seseorang termaktub dalam niata sejak mulai membangun seperti halnya hasilnya nanti akan digunakan untuk membangun sekolah , masjid atau pesanten. Begitu. Sekian semoga mendapatkan tambahan pengetahuan setelah membaca urain singkat dalam artikel ini, terima kasih.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search

Artikel Terbaru