Home » , , » Aneka Makanan kering yang tahan lama untuk dijual

Aneka Makanan kering yang tahan lama untuk dijual

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Sunday, June 16, 2019

Aneka Makanan kering yang tahan lama untuk dijual
Salah satu masalah di bidang usaha kuliner adalah ketahanan lamanya suatu makanan yang kita jual. Makanan memiliki kadaluarsa yang bisa jadi saat menjual belum laku, hari beribuknya sudah busuk atau kadaluarsa dan tidak bisa dijual lagi. Jadi sebelum usaha makanan, harus pilih pilih jenis makanan yang tahan lama untuk dijual. Walau sudah memilih jenis aneka jajanan makanan kering tahan lama, tetap saja ada masa waktunya.

Ada banyak jenis jajanan tradisional maupun kekinian yang bisa kita jual, tergantung kalian memilih segem bisnis siap saji atau jajanan. Kalau bisnis siap saji, artinya tidak masalah makanan tidak tahan lama, karena yang anda jual adalah yang matang jika ada yang beli. Biasanya cepat saji lebih laris, daripada jajanan. Misal kita buat makanan hari itu, malam atau besoknya sudah habis. misal bakso bakar, sosis bakar, seafood, siomay, batagor dll.

Berbeda konsep, ketika kita menjual makanan yang tidak bisa habis itu seperti oleh oleh, camilan seperti keripik, kerupuk dll harus jenis makanan kering yang tahan lama. Sebab jika tidak bisa habis itu, beberapa hari kemudian masih bisa dijual, sehingga kita sebagai penjual tidak rugi. Lalu kiranya jenis makanan tahan lama dengan pertimbangan laris dan banyak disukai pembeli?

Jenis Makanan Tahan Lama Untuk Dijual

Ada beberapa jenis kelompok makanan yang tahan lama untuk dijual, yakni dari kelompok keripik, kue dan jenis minuman. Masing masing memiliki tahan lama sesuai normalnya jenisnya. Namun jika ingin yang tahan lama hindari makanan basah yang mengandung air. Sebab jika makanan itu basah gampang membusuk. Membusuknya makanan dikarenakan air adalah media yang baik buat bakteri. Walau ada cara menahan lebih lama seperti menyimpannya di lemari es atau kulkas tetapi tetap lama kelamanan rasanya berangsur berkurang, misal makanan beku, frozen food.

Keripik atau kerupuk


Dari semua jenis kelompok makanan yang tahan lama, keripik atau kerupuk adalah  jenis makanan yang memiliki ketahanan yang paling lama. Sebab tujuannya pembuatannya memang bukan untuk sekali habis, namun untuk camilan atau jajanan sehari hari untuk jangka waktu tertentu. Ada banyak sekali aneka jenis keripik dan kerupuk yang laris manis dipasaran, anda bisa mencoba salah satu atau beberapa keripik atau kerupuk untuk dijual. Baik dijual dalam kiloan atau grosiran atau kemasan 500, 1000, 2000 maupun 5000an. Jenis keripik misal yang masih tetap laris dipasaran adalah keripik pisang, keripik singkong, keripik kentang, opak, emping. serta kacang kacangan kering.


Kue kue kering

Jika menjelang lebaran banyak yang membuat kue kering untuk hidangan saat lebaran, mereka membuat aneka kue kering yang tahan minimal sebulan, karena tidak mungkin habis dalam beberapa hari saja. Bagi yang tidak sempat atau memang tidak bisa membuatnya bisa membeli. Ada banyak sekali yang menjual, karena tidak semua sempat membuat kuenya. Anda bisa mengambil peluang usaha kue kering lebaran dengan membuat aneka kue kering mulai dari nastar, kue kacang, kue coklat, dan aneka jenis keringan lainnya.


Jenis Minuman tahan lama


Apa saja minuman yang tahan lama? tidak banyak minuman tahan lama yang bisa dijual. Sebab minuman itu air yang merupakan media yang baik buat bakteri. Sepengetahuan penulis hanya madu dan yogurt yang bisa tahan lama dan tentunya bisa dijual.

Tips menyimpan makanan agar tahan lama

Ada statement turun temurun dari masyarat " Simpanlah makanan ditempat yang sesuai, kalau makanan itu kering simpanlah ditempat yang kering dan kalau basah, makan bekukan sekalian" . Hal ini juga masih diterapkan oleh masyarakat, kalau makanan basah banyak disimpan di kulkas untuk dibekukan dengan tujuan, aktivitas bakteri beku sehingga makanan tidak cepat membusuk. Makanan kering simpanlah ditempat yang kering dengan sirkulasi udara yang baik, tidak lembab. Sebab kalau lembab bisa timbul jamuran atau kutu dan parasit makanan.

Itulah jenis jenis makanan yang tahan lama untuk dijual dipasaran tradisional maupun online. Silakan pilih, yang menurut kalian bisa membuatnya sehingga anda bisa memperbaiki produk dengan mevariasi rasa dan bentuk maupun pengemasannya.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search

Artikel Terbaru