Home » , » Modal Usaha Sosis Bakar Rumahan dan Cara Jualan Laris

Modal Usaha Sosis Bakar Rumahan dan Cara Jualan Laris

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Wednesday, July 31, 2019

Bagi penggermar kuliner pinggir jalan mungkin sudah akrab sama yang namanya sosis bakar. Jajanan bergizi ini sangat laris di kalangan anak anak sampai tua. Tidak sedikit pedagang yang menawarkan sosis bakar aneka rasa serba 2000. Bahkan kadang ditemukan beberapa pedagang dalam satu jalur trotoar maupun komplek jualan. Penulis sendiri adalah pelanggan sosis bakar ketika main ke alun alun kota tempat tinggal, selain enak. Sosis termasuk jajanan murah dan bergizi karena bahan dasarnya adalah daging. Bagi yang sedang bingung nyari kerjaan engga dapet, bisa nih mencoba usaha sosis bakar serba 2000 dengan konsep mini both maupun skala rumahan.

Potensi jualan sosis bakar yang menggiurkan  tentu banyak dilirik para pedagang makanan kecil/kaki lima maupun keliling. Tapi persaingan bukanlah hal utama dalam bisnis, persoalan utama dalam jualan adalah kreatifitas dalam berjualan. Kalau masalah modal mungkin bukan masalah besar, karena modalnya bisa dimulai dengan modal kecil. Kalau tidak percaya, bisa melihat  rincian modal usaha sosis bakar, dari bahan operasional sampai perlengkapannya dalam artikel ini. Tidak ketinggalan juga, soal strategis berjualan agar laris manis.

Peluang bisnis sosis bakar murah dengan keuntungan melimpah

Sosis merupakan salah satu jenis makanan olahan daging yang banyak digemari di Indonesia. Mulanya sosis adalah makanan mentah siap saji yang sempat populer dengan merk so nice. Sejak kemunculan merk so nice berangsur kemudian sosis mulai dikenal dan populer di masyarakat, sehingga banyak muncul varian sosis, terutama pada bahan dasarnya yang berupa daging, sosis daging sapi, ayam, ikan, udang dll.

Tidak berhenti divarian bahan dasarnya, sosis juga digunakan berbagai penyajian makanan. Salah satu paling sedeerhana dan laris adalah sosis bakar. Sosis bakar kini menjelma sebagai jajanan enak dan lezat semua kalangan. Penjual sosis bakar mudah kita temui dikhalayak ramai, alun alun kota, taman kota, even tertentu , depan sekolah sampai ada yang mencoba berjualan keliling.

Ramainya penjual sosis bakar serba 2000 bukan karena unsur keuntungan dan modal yang murah saja, kalau tidak ada pecintanya. Ya, banyak yang menyukai sosis bakar, terutama kalangan anak dan remaja, termasuk saya yang masih kekanak kanakan. Itulah yag menjadi alasan kenapa perllunya anda bisnis kuliner murah satu ini.
Rincian Modal Usaha Sosis Bakar Rumahan

Bisnis Kuliner Sederhana dan gak ribet

Bisa dikatakan, bisnis sosis bakar itu sederhana, tidak memerlukan konsep rumit untuk memulainya. Anda hanya membutuhkan peralatan dan perlengkapan berjualan yang murah, seperti gerobak dengan gas dan alat panggang serta bahan utama sosis setengah matang yang bisa anda dapatkan dengan cara membuat sendiri, membeli di distributor atau lebih simpelnya lagi anda bisa melakukan franchise sosis bakar.

Cara penyajian sosis bakar itu sederhana, tinggal dibakar matang, dikasih bumbu anaeka rasa, kemudian dihidangkan atau dibungkus menggunakan plastik atau kertas minyak. Semudah itu kawan.

Rincian Modal dan Estimasi Keuntunan usaha jualan sosis bakar

Modal usaha terbagi menjadi dua bagian, yakni modal tetap berupa peralatan dan biaya operasional yang meliputi bahan utama dan bahan habis pakai.

Modal Tetap

Gerobak kecil Rp 600.000
Alat panggang +t. gas Rp 300.000
Wadah bumbu Rp 30.000
Jumlah modal tetap : Rp 930.000

Biaya Operasional 1 bulan

Sosis Rp 1.500.000
Plastik pembungkus Rp 50.000
Gas Rp 150.000
Jumlah biaya operasional : Rp 1.700.000

Total Keseluruhan : Rp 2.630.000

Pendapatan :

Asumsi penjualan sosis kecil = 30xRp 3000 = Rp 90.000
Asumsi Penjualan sosis jumbo = 10 x Rp 10000 = Rp 90.000

Jumlah pendapatan per hari = Rp 190.000
Jumlah Pendapatan per bulan = Rp 5.700.000

Keuntungan bersih
=Jumlah pendapatan perbulan - biaya operasional
= Rp 5.700.000 - Rp 1.700.000
= Rp 4.000.000

*Belum termasuk biaya sewa atau mangkal atau bensin jika berjualan keliling
**Perhitungan ini hanya sebagai ilustrasi saja

Tips memulai usaha sosis bakar

Ada beberapa hal perlu anda perhatikan dalam memulai usaha sosis bakar ini, diantaranya :

  1. Agen atau Distributor sosis bakar serba 200 yang murah dan lengkap. Ini sudah menjadi alasan pokok, karena dengan mengambil dari distributor murah, peluang mencari margin keuntungan semakin besar. Selain itu kalian juga bisa franchise sosis bakar agar lebih mudah.
  2. Varian rasa sosis. Ramainya penjual sosis bakar membuat penjual baru harus bisa bersaing dipasar. Salah satunya membuat sosis menjadi aneka rasa, sehingga konsumen tak jenuh dengan rasa rasa yang sudah ada. Selain rasa juga bisa dalam bentuk seperti sate sosis dll
  3. Memperbanyak cabang atau berpindah pindah tempat. Ada dua opsi agar penjualan sosis semakin laris,yakni dengan membuka cabang diberbagai tempat keramaian atau jika belum mampu secara modal anda bisa berpindah pindah tempat ramai. Jadi sebisa mungkin gerobak yang digunakan protable dan ringan. Hal ini mencegah ketidaklarisan pada satu hari tertentu, karena tidakselamanya tempat berjualan itu ramai.
  4. Membuka progam reseller, jika sudah memproduksi dalam jumlah banyak, silakan buka reseller untuk dipasarkan. Sehingga tidak fokus jualan saja, tapi anda meningkat sebagai agen atau distributir dan emmiliki reseller yang banyak
Saya rasa sudah cukup jelas mengenai peluang dan rincian modal yang dibutuhkan dalam memulai usaha sosis bakar serba 2000. Jika belum ngeh di usaha ini, mungkin anda bisa memilih lagi beberapa contoh peluang usaha rumahan lainnya yang tak kalah menguntungan

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}