Home » » 5 Bisnis Budidaya Unik Yang Menguntungkan, Masih Jarang dilakukan

5 Bisnis Budidaya Unik Yang Menguntungkan, Masih Jarang dilakukan

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Sunday, June 16, 2019

Orang orang Indonesia itu aneh aneh, ada ada saja yang bisa dijadikan pundi pundi rupiah. Pokoknya tidak kalah dengan orang luar negeri. Anda bisa mengamati beberapa bisnis budidaya unik di Indonesia yang masih jarang dilakukan dimasyarakat, namun memiliki potensi keuntungan yang lumayan. Mungkin bagi sebagian yang sudah tahu enggak heran heran amat, namun bagi awam seperti saya, bisnis budidaya tanaman atau ternak yang unik yang akan dibahas artikel ini, ada yang tidak lazim. Mau tahu seperti apa bisnis tersebut? siapa tahu anda ingin mencobanya dikemudian hari.

Bisnis di jaman sekarang kalau tidak kenal teknologi itu agak susah, salah satu menyiasatinya adalah memilih bisnis langka dan unik yang masing jarang dilakukan. Dengan begitu, pesaingnya masih sedikit, tidak terlaku ketat seperti halnya bisnis online. Namun apapun bisnisnya harus dilakukan dengan serius. Sekalipun bisnis itu sederhana, harus dikerjakan dengan sistematis, struktuf dan masif. Jadi hasilnya maskimal. kalau itu bisnis budidaya tanaman atau ternak hasil panennya maskimal.

Menurut saya pribadi, usaha budidaya ternak atua tanaman pesaingnya tidak terlalu banyak. Sebab pemuda jaman sekarang baik didesa maupun kota, lebih suka kerja sama orang di pabrik, di kantor, di bank kalaupun mereka terjun didunia usaha, mereka lebih tertarik pada bisnis online yang lebih cepat berkembang. Jangan jadi bagian dari mereka, jadilah pemuda yang unik dengan usaha yang unik seperti usaha dibawah ini :

Usaha Magot atau belatung tanah

Bisnis budidaya unik yang pertama adalah magot atau belatung. Enggak nyangka kan kalau belatung juga punya nilai jual? Lalu untuk apa belatung dibudidaya atau diternakan? Menurut penjelasan kebanyakan usaha maggot adalah magot yang di pelhara adalah untuk pakan ternak bebek, ayam, lele, burung, dll.  Magot yang diternakan adalah jenis magot Black soledier FLY atau lebih dikenal magot BSF. Magot BSF itu mengandung protein tinggi. Berdasarkan hasil tes laboratorium BBAJ, kandungan protein 45%. Kandungan protein yang tinggi sangat baik untuk pakan ternak. Selain murah dan mudah diternakan, maggot alternatif untuk mengganti pakan pabrikan.

Budidaya magot menggunakan media kayu dan dedak tergantung peternak dan umurnya. Budidaya magot, diawali dengan menabur bibit Maggot Pre-pupa di dalam ruangan perkembangbiakan selama 14 hari sampai jadi lalat Black Soldier Fly (BSF). Kemudian lalat BSF betina akan menghasilkan telur, setelah bertelur  lalat-lalat itu akan mati. Sepasang lalat bisa menghasilkan 500-900 butir telur. Telur-telur lalat BSF dipindahkan ke media dedak dan ditetaskan dalam waktu 4 sampai 5 hari. Telur-telur menetas dipindahkan untuk pembesaran di media sampah organic basah selama 2 minggu sampai dipanen.

Apakah ada yang mau mencoba bisnis budidaya unik ini? Silakan baca lebih lanjut mengenai : budidaya magot BSF

Ternak Cacing tanah

Cacing tanah merupakan salah satu bahan baku obat dan kosmetik yang sudah turun temurun. Jadi sangat wajar kalau cacing diternakan, Hanya saja orang yang bergelut di bidang bisnis budidaya unik tidak banyak. Apalagi sejak harga cacing terus menurun karena kualitas cacing jumlah ternak cacing menurun, hal karena ada yang memanfaatkan cacing ternak untuk dijadikan pakan ternak. Cacing pakan ternak lebih murah dibandingkan untuk obat maupun bahan kosmetik.

Budidaya cacing tanah bisa dilakukan dengan modal sedikit, sehingga bisa dijadikan usaha ternak menguntungkan di lahan sempit. Jenis cacing yang dibudidayakan adalah jenis cacing lumbricus. Umumnya, peternak membudidayakan cacing dengan media tanah dengan kotoran sapi, serbuk kayu, serbuk kelapa dengan pakan seadanya seperti sisa sayuran, ampas tahu dan gedebog pisang. Jadi sangat murah untuk usaha sampingan dirumah.

Budidaya Ciplukan

5 Bisnis Budidaya Unik Yang Menguntungkan, Masih Jarang dilakukan

Budidaya ciplukan tadinya enggak perah terdengar, karena ciplukan merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh disawah. Namuns sejak ditemukan khasiat dari tanaman ciplukan banyak yang mencarinya sebagai obat. Tanaman ciplukan memiliki khasiat mengatasi epilepsi, menurunkan kolesrerol, mengobati nyeri sendiri, menurunkan kadar gula dan khasiat lainnya.

Tanaman yang memiliki nama latin Peruviana bercitarasa manis dan sedikit masam. Budidaya  menanam ceplukan belum ada yang fokus membudidayakan, banyak penjual yang masih mengandalkan dan mencari di alam sekitar. Padahal prospek buah ciplukan peluangnya sangat besar,  harga ceplukan Rp30.957 per 60 gram. 

Budidaya Bekicot

Bisnis budidaya unik selanjutnya adalah budidaya bekicot. Tahu kan bekicot suka nemplek di daun talas atau dinding rumah? Yang jalannya pelan dna banyak lendirnya. Kalau keong sawah mungkin sudah lazim karena penulis dari kecil juga sudah sering memakannya. Namun bekicot belum pernah, karena memang belum banyak yang dijadikan makanan.

Namun sekarang keadaannya berbeda, banyak juga bekicot yang dijadikan makanan, salah satunyanya sate bekicot. Karena mulainya banyak dimanfaatkan, persediaan dialam berkurang, sehingga banyak juga yang membudidayakannya. Budidaya bekcicot tidaklah sulit, biaya enggak mahal. Anda menyediakan lahan yang sempit dengan keadaan kering namun teduh, tidak lembab dengan suhu 23-27 derajat celcius. Masa produksi 6 bulan, bisa dipanen mulai umur bulan.

Ternak lintah

Yang tidak lazim adalah lintah.? Pernah dengar enggak? mungkin sudah pernah. Namun menurut penulis, ternak lintah adalah bisnis budidaya unik yang menguntungkan. lintah banyak digunakan untuk kesehatan, terutama pria. Limtah dijadikan minyak lintah. Minyak lintah memiliki khasiat yang dipercaya menambah ukuran burungnya pria, keperkasaan dll. Tidak salah mencoba, kalaulah memang tertarik dengan budidaya lintah.

Itulah beberapa bisnis budidaya unik yang menguntungkan saat ini, bisa dilahan sempit. Tidak perlu modal besar, modal kecil pun sudah bisa menjalannkannya. Hanya saja, kelemahan bisnis unik harus tahu pasar dan komunitasnya. Kalau tidak bingung memasarkannya setelah panen tiba. Jadi usahakan sebelum memulai usaha diatas, anda harus paham segmen pasarnya, komunitasnya agar bisa saling bertukar informasi seputar tips dan harganya. Sekian, semoga bermanfaat.


Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search

Artikel Terbaru