Home » » 8 Aneka Olahan Tahu untuk Usaha Makanan Rumahan

8 Aneka Olahan Tahu untuk Usaha Makanan Rumahan

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Monday, July 8, 2019

Tahu merupakan salah satu makanan pokok. Tahu dibuat dari kedelai kemudian dibentuk segitiga maupun kotak dengan umumnya berwarna kuning atau putih. Teksturnya yang lembut dan gurih banyak digemari semua kalangan. Tak heran, banyak sekali aneka olahan tahu untuk usaha makanan di pinggir jalan, restoran yang ditawarkan. Mulai dari yang sederhana yang digoreng saja hingga rumit dan unik proses pembuatannya.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha makanan ringan atau camilan, dengan dasar bahan Tahu tidak perlu khawatir. Disini akan sedikit saya rekomendasikan beberapa macam macam olahan Tahu goreng, berkuah, olahan tahu modern, untuk usaha. Tapi sebelum membahas agak jauh, kenali dulu yuk jenis-jenis Tahu yang biasa dikonsumsi. Sebab, ada beberapa camilan berbahan tahu yang harus khusus tahu tertentu.

Aneka Olahan Tahu untuk Usaha atau dijual
Aneka Olahan Tahu untuk Usaha



1. Tahu Kuning

Tahu jenis ini memiliki warna kulit kuning. Warna tersebut didapati dari kunyit saat proses pembuatan. Tekstur luarnya agak kasar, tetapi dalamnya tidak. Tahu jenis ini cukup terkenal didaerah Bandung. Pemberian warna pada tahu dengan berbahan kunyit adalah supaya tahun sedikit lebih awet, sebab kunyit mengandung bahan bahan antibakteri. Maka perlu sekali, karena tahu mentah mengandung banyak air dan mudah busuk.


2. Tahu Cina

Tahu jenis ini teksturnya sangat lembut, hampir menyerupai Tahu sutra. Aromanya pun khas kedelai segar. Banyak dimasak menjadi sup.


3. Tahu Putih

Perbandingan antar air dan kedelai dalam Tahu ini adalah 5:1. Teksturnya lembut dan agak padat. Tahu ini mungkin yang paling banyak digunakan dalam aneka olahan tahu untuk usaha atau dijual.

4. Tahu Takwa

Tahu jenis ini agak lain. Warna kulitnya agak oranye, bentuknya sedikit pipih, dan agak padat. Dalam prosesnya Tahu Cina sudah direbus sebelum dipasarkan.

5. Tahu Pong

Tahu ini khas dari kota Semarang. Dibagian tengah Tahu Pong tidak berisi dan teksturnya agak kasar. Dalam prosesnya menggunakan cuka sebagai bahan pengumpal.

6. Tahu Sutra

Kadar airnya dengan kedelai hingga perbandingan 10:1. Teksturnya lebih lembut dibandung Tahu yang lainnya.

7. Tahu Sumedang

Tahu jenis ini hampir digemari semua orang. Tekstur luarnya kasar, tapi sangat cocok dikonsumsi dibarengi dengan rawit. Apalagi dengan keadaan masih hangat. Tahu Sumedang merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan, cocok dijajakan didaerah berhawa agak dingin.

Tahu kayak akan protein, kalsium dan asam amino. Harganya pun terbilang terjangkau. Jika ingin berniaga dengan bahan dasar Tahu, modal yang dikeluarkan sepertinya tidak banyak. Tapi masih bingung bagaimana mengolahnya agar tidak itu-itu saja?

Dibawah ini, beberapa aneka olahan Tahu untuk usaha yang bisa Anda coba di rumah.


· Wedang Tahu

Olahan berbahan dasar Tahu ini khas dari kota Semarang. Hanya saja, bahan yang digunakan merupakan susu kedelai. Caranya yaitu dengan mendidihkan susu kedelai dicampur agar-agar, gula dan garam. Kemudian dinginkan.

Lalu rebus terpisah campuran gula merah, gula pasir, jahe, kayu manis, cengkih dan garam, kemudian saring. Sajikan Tahu yang sudah mengental (adonan pertama) untuk disiram dengan kuah jahe. Wedang Tahu siap untuk dihidangkan.

· Tahu Bakso

Siapa yang meragukan jenis olahan tahu goreng yang satu ini. Perpaduan dari makanan yang memiliki cita rasa khas dan banyak diburu orang. Isiannya merupakan adonan baso yang sudah dilumatkan. Biasanya diproses dengan cara direbus. Selain itu, Bisa Anda bekukan sebelum diorder agar lebih awet. 
Aneka Oalahan Tahu untuk Usaha


· Hiyayako

Olahan tahu unik ini sebenarnya khas dari daerah Jepang. Masih terdengar asing bagi sebagian kalangan. Tapi bagi pecinta kuliner jepang, pastinya tidak asing lagi.

Hiyayako berbahan dasar Tofu Sutra yang didinginkan dalam kulkas dan dihidangkan secara mentah. Biasanya ditambah toping kecap asin, parutan jahe dan potongan daun bawang. Cocok disantap saat terik.

· Keripik Tahu

Keripik tahu merupakan salah satu aneka olahan tahu untuk usaha, tidak hanya dari singkong atau ubi saja. Tahu juga bisa dijadikan keripik yang gurih lho.. Cobalah berinovasi dari Tahu. Tambahkan juga varian rasa agar menarik dan mempunyai rasa khas tersendiri, sehingga terciptalah olahan keripik tahu aneka rasa.

· Nugget Tahu

Pembuatannya sebagaimana proses nugget ayam. Rasanya yang crispy sangat cocok dan dijamin laris dipasaran.


· Mayonaise

Selain menjadi olahan makanan, Tahu juga ternyata bisa dibuat sebagai mayonaise. Sangat cocok bagi para vegetarian dan tentunya menyehatkan. Mayonaise ini bisa menjadi toping dari nugget Tahu diatas.

Itulah beberapa aneka olahan tahu untuk usaha camilan kecil kecilan. Selain membuat olahan yang tidak biasa. Lakukan inovasi setiap tahapnya. Sehingga produk yang akan Anda tawarkan memiliki khas dan branding. Hal ini sangat mempengaruhi juga pada bisnis yang Anda jalankan.

Tahu Crispy

Kalau tahu digoreng biasanya aja udah gurih dan enak, bagaimana dengan tahu crispy? Tentu sudah banyak yang sudah memulai usaha tahu crispy. Anda bisa mencoba tahu crispi untuk menjadi salah satu aneka olahan tahu untuk usaha makanan kecil kecilan dirumah.

Resep membuat tahu crispy :
  • 6 buah tahu putih potong dadu
  • 250 gram terigu Cakra kembar
  • 2 bungkus sajiku tepung
  • minyak goreng
  • air secukupnya
 Cara membuat tahu crispy
  • Goreng tahu sampai matang, jangan terlalu kering, karena nantinya mau digoreng lagi. Angkat, tiriskan.
  • Masukkan tahu ke dalam wadah yang sudah ada adonan tepung, Balut tahu dengante pung
  • Goreng tahu berbalut tepung sampai matang dan krispy dengan api sedang, Angkat dan tiriskan.
  • Anda bisa menambah bumbu tambah seperti balado agar lebih enak

Bagaimana melakukan pemasaran agar usaha Tahu Anda laris?

I. Buatlah nama produk yang unik dan mudah diingat

II. Memiliki kemasan yang menarik, elegan dan menjamin kualitas produk

III. Buatlah logo Anda sendiri

IV. Sebelum memasarkan produk, ada baiknya melakukan sample sebagai tes pertama

V. Bangun komunikasi dan jangkauan lebih luas untuk promosi

VI. Buka orderan dengan sistem antar pesanan

VII. Lakukan perbandingan dengan produk lain. Tujuannya agar paham dimana kekurangan yang produk kita miliiki.


Sekian penjelasan mengenai aneka olahan Tahu untuk usaha makanan di pinggir jalan maupun dirumah. Kembangkanlah kreatifitas tanpa batas. Selamat mencoba.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}