Home » , , » Peluang Usaha Makanan Ringan Serba 2000 ribu Tapi Untungnya Jutaan

Peluang Usaha Makanan Ringan Serba 2000 ribu Tapi Untungnya Jutaan

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Wednesday, June 19, 2019

Sempat terpikir enggak usaha makanan ringan serba 2000 ribu? Padahal proses jualan snack murah tersebut sangat menguntungkan jika dijalankan dengan benar. Makanan ringan banyak yang membutuhkan. Jadi walau per penjualan kecil namun kuantitas penjualan tinggi. Selama ini mungkin kita hanya berpikir makanan murah pasti untungnya murahan. Jika sudah berpikir demikian sulit memang mencerahkan kalian tentang usaha makanan yang menguntungkan ini. Terlebih orang orang yang terlalu realistis, inginnya langsung untung dalam waktu itu juga. Ingat kawan, semua orang orang sukses itu berawal dari usaha kecil, kecuali mereka mewarisi usaha orang tuanya. Bagi yang penasaran tentang usaha makanan ringan bisa membaca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui tips suksesnya.
usaha makanan ringan serba 2000 ribu dan tips suksesnya
pelaku usaha makanan ringan serba 2000 ribu

Ada banyak orang yang ingin memulai usaha kecil kecilan dirumah tanpa modal besar, mungkin termasuk kalian. Tapi kadang bingung mau usaha apa. Karena modal sedikit tidak bisa untuk modal apa apa. Mau usaha online kadang terhambat pengetahuan, mau buka warung apalagi. Mungkin usaha makanan ringan bisa menjadi alternatif pilihannya. Usaha makanan memiliki potensi hasil yang luar biasa dengan cara cara sederhana saja. Ibu rumah tangga sampai anak sekolah pun bisa. Kita hanya memilih jenis makanan ringan yang laris dan lagi trend untuk kita jajakan. Jika pun tidak laku makanan ringan bisa untuk besok lagi, karena daya tahan agak lama dibanding makanan siap saji atau basah/berat.

Jenis Makanan Ringan Laris Untuk Usaha Makanan Serba 2000 ribu


Apa saja makanan yang laris dijual saat ini? Hampir semua makanan ringan yang gurih dan murah disukai masyarakat dari kalangan bawah sampai atas. Kita tidak perlu bingung, karena ada banyak macam makanan ringan tradisional yang bisa dipilih dalam usaha makanan ringan serba 2000 ribu seperti Keripik Singkong, Keripik Pisang, Makaroni, Stik talas, Mie lidi, kacang polong, dan masih banyak makanan ringan lagi. Darimana sumber makanan ringan? Yakni industri rumahan yang jualnya perkilo. Kalian bisa membeli makanan ringan yang sudah matang, namun belum dikasih bumbu. Nantinya kita akan kemas sendiri dengan harga 2000, 1000 atau pun 500 perak.

Teknik Pengolahan Ulang atau (Remake, Repacking, rebranding)


Dalam usaha makanan ringan serba 2000 ribu membutuhkan strategi produksi agar makanan lebih enak, gurih dan memiliki kemasan menarik. Salah satu caranya adalah meremake makanan ringan yang sudah ada dengan menambahkan aneka bumbu, misal pedas, asin, manis, balado, keju, coklat dll. Secara umum makanan ringan rumahan masih tradisional. Rasanya paling asin dan pedas. Belum banyak aneka rasa. Hal ini menjadi kesempatan kita untuk menambahkan bumbu lain agar produk semakin variatif. Dan tentu tidak membuat konsumen bosan dengan rasa rasa itu saja.

Selain rasa, kemasan makanan tradisional masih sederhana. Untuk itu perlu menberi kemasan yang higienis dan menarik serta memberikan brand. Kalau kemasan lebih menarik dan higienis tentu memasarkan produk lebih mudah, karena bisa memasarkan lewat riteail modern seperti alfamart dan indomart. Kemudian branding adalah sebagai identitas agar produk mudah diingat dan dicari dipasaran. Hanya saja membutuhkan Ijin Industri Rumah tangga, IRT. Cara mendapatkannya cukup datang ke dinas pangan kabupaten atau kota dengan sampel produk dan identitas pribadi.

Teknik Pemasaran Usaha Makanan Ringan Serba 2000 ribu agar laris manis


Ada dua cara teknik pemasaran yang mungkin bisa dilakukan oleh para penjual sejak dulu, namun sebagai pemula dalam usaha makanan ringan serba 2000 tentu sebuah petunjuk. Dua teknik tersebut adalah teknik konsinyasi dan teknik marketplace.

Teknik Konsinyasi

Apa itu teknik konsinyasi? Teknik pemasaran produk dengan cara menitipkan produk ke pihak ketiga. Misal kalian punya makanan ringan kemudian kalian menitipkan ke warung kelontong. Teknik ini cukup menarik. Karena pola pemasaran yang dijalankan hanya memindah dan memberi nilai tambah. Tanpa memproduksi barang atau produksi, tapi mendapat untung lumayan. Selain warung kelontong kalian bisa menitipkan disekolah, kantor atau kampus dengan cara pemasaran “kantin kejujuran”. Jadi kita cukup meletakan produk disuatu tempat yang disediakan dengan daftar harga. Konsumen tinggal beli sesuai harga yang tertera. Kita pun tinggal mengambil keuntungan sorenya. Lebih kerennya kalian bisa menitipkan ke alfamart dan indomart.

Teknik Marketplace

Apa itu marketplace yakni pasar online seperti tokopedia, bukalapak dan shopee. Kalian bisa menjual makanan secara online disitu gratis. Dengan memasarkan di market place ada potensi menjual produk sampai keseluruh indonesia. Carannya pun gampang sekali. Kalian cukup buat ditoko di tokopedia, bukalapak dan shopee secara gratis. Kemudian upload foto produk. Hanya sajaagar lebih mudah pemasarannya. Kalian harus menawarkan produk grosir, karena bisa saja pengirimannya jauh. Atau kalian memberi kebijakan minimal order. Dengan begitu usaha makanan ringan serba 2000 ribu bisa untung jutaan tanpa banyak modal.

Membuat Lokasi tetap agar mudah dikunjungi

Ada hal yang perlu disisipi lagi mengenai kekuatan usaha makanan, terutama hanya mengandalkan pemasaran online saja. Pemasaran online hanya memperkaya pemasaran offline jadi offline sebagai dasar jgn dilupakan. Maksudnya offline juga dikelola dengan baik, semisal memiliki tempat yang tetap untuk produksi sekalipun itu rumah sendiri. Dengan begitu, calon pembeli sekitar juga gampang menemukan, atau yang mau pesan lebih percaya bahwa ada tempat usahanya. Bukan sebagai dropshiper atau reseller sehingga pembeli bisa pesan lebih banyak. Untuk mempermudahkannya, buatlah papan nama dirumah anda. Kemudian lokasi daftarkan ke google map biar ada petunjuk ke rumah.

Bagaimanapun usaha makanan ringan dengan harga serba 2000, 1000, atau 500 an masih sangat potensial. Sebab sasarannya bukan anak kecil saja, namun semua kalangan. Jadi semangatlah membangun usaha sampai menemukan perihnya dan manisnya usaha.. Semoga berhasil.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search