Home » , , , » 7 Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa Pemula Tanpa modal, Lu Pasti Untung!

7 Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa Pemula Tanpa modal, Lu Pasti Untung!

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Sunday, June 23, 2019

Bisnis mahasiswa tanpa modal- Status mahasiswa di Indonesia memang sangat penting karena diharap harapkan akan menjadi penerus terbaik bagi bangsa Indonesia, atau lebih dikenal dengan sebutan agen perubahan "Agent of change". Sayangnya, mahasiswa tetaplah anak manusia biasa, yang suka sering makan mie instan, sering puasa dan masih minta  jatah bulanan sama orang tua, karena mahasiswa bukan bekerja tetapi sedang belajar. Dan perlu diingat mahasiswa juga butuh micin. Tetapi tidak sedikit mahasiswa yang memanfaatkan waktu luang mereka untuk kerja atau bisnis rumahan modal kecil kecilan untuk menambah uang jajan mereka. Mungkin mereka sadar dengan sedikit demi sedikit belajar menghargai orang tua, bahwa mencari uang itu tidak gampang. Lalu seperti apakah bisnis rumahan untuk mahasiswa yang pantas dikerjakan?

Berbicara mengenai peluang bisnis untuk mahasiswa mungkin bisa memilih dan menentukan sesuai dengan karakter mahasiswa kebanyakan, Mahasiswa adalah pemula dalam hal apapun, orang yang masih dalam tahap belajar jadi orang. Mahasiswa masih mengandalkan uang dari orang tua, tentu belum bisa mendirikan atau mencoba usaha dengan modal besar. Mungkin lebih cocok ke bisnis mahasiswa tanpa modal sampai modal kecil. Sebab, mahasiswa memiliki jadwal tidak menentu, jadi lebih baik usaha itu fleksibel dan tidak ribet, artinya bisa dijalankan sambil kuliah. Jadi bisa mengacu ke jenis usaha sampingan yang tidak mengganggu kegiatan akademik.

Melatih kebiasan didunia kerja lewat Bisnis mahasiswa tanpa modal


Dengan menjalankan bisnis rumahan atau sampaingan dari kuliah, nantinya anda akan terlatih didunia kerja dan dunia bisnis jika memilih bisnis. Apalagi sekarang, mengandalkan IPK tinggi bukanlah jaminan, IPK tinggi itu cocoknya buat lanjut lagi, mentok mentok jadi PNS yang dibayar negara, membebani rakyat. Jadi tidak salah ya belajar usaha dari mahasiswa siapa tahu setelah lulus bisa langung fokus mengembangkan bisnis. Makanya mulai dari sekarang bisa jangan kecil hati ketika sedang menjalankan bisnis rumahan untuk mahasiswa demi mencukup kebutuhan makan dan biaya kuliah.

bisnis mahasiswa tanpa modal, bisnis untuk mahasiswa pemula, bisnis rumahan untuk mahasiswa modal kecil
Ilsutrasi pelaku Bisnis mahasiswa pemula tanpa modal dari endores produk instagram, fb dll

Ingatlah kata kata ini ya bung, " 10 profesor kalah dengan 1 politisi, 10 politisi kalah dengan pengusaha" 

Tapi bukan maksud saya menyudutkan bahwa profesor itu tidak rekomended, semua memiliki passion masing masing.  Silakan pilih visimu sendiri, karena untung rugi anda yang nanggung. Nikmatilah proses kerja kerasnya, maka engkau menikmati hasilnya. Sebab untuk apa mengeluh hidup susah kalau kamu aja malas dan susah untuk menjalankan ibadah?

Kembali ke topik, bisnis untuk mahasiswa pemula tanpa modal apa yang cocok untuk dijalankan sambil kuliah.

Berikut daftar peluang bisnis untuk mahasiwa pemula tanpa modal sampai modal kecil untuk mahasiswa

1. Bimbingan belajar

Usaha yang paling tepat dan berkaitan dengan status mahasiswa adalah membuka atau mengikuti bimbingan belajar yang sudah ada. Ada banyak calon murid disekitar kita, apalagi mencoba keberuntungannya didesa yang masih jarang. Kalian bisa mendirikan kelompok belajar terjadwal bersama teman sesama mahasiswa. Selain fokus ke keuntungan, menjadi seorang pengahar adalah pekerjaan mulia, anda bisa sambil melatih berbicara didepan murid untuk anda yang ingin menjadi pengajar profesional nantinya. Didesa jarang sekali yang membuka bimbel karena memang bimbel yang ada hanya dipusat kota. Jadi jika kalian yang menghuni desa bisa menjadikan bimbel sebagai bisnis rumahan untuk mahasiswa yang sedang libur semester atau mengisi luang sambil kuliah. Bisnis ini tidak harus modal, karena bisa memanfaatkan rumah penduduk atau metode bimbe privat. Jadi jika sedang mencari bisnis mahasiswa tanpa modal. Bimbel boleh tuh.

2. Blogger dan Youtuber

Pekerjaan yang paling mudah lainnya tetapi mendatangkan keuntungan besar yang bisa melebihi dosen anda adalah jadi blogger dan youtuber. Ada kisah teman saya, gara gara jenuh mikiri skripsi dia malah fokus jadi blogger dan bisa meraih kesuksesan dengan gaji melebih gaji seorang dosen saat ini. Akhirnya skripsinya ditinggalin selama 2 tahun. Tetapi ini bukan untuk ditiru, karena kasihan orang tua anda yang ingin cepat cepat lulus. dan mungkin sudah ditunggu sama doi yanng udah kebelet dilamar. Walau bagaimana pun pendidikan itu, bukan masalah tidak oerlu tapi bagaimana tapi itu sebuah amanah orang tua yang harus diselesaikan. Jadi tetap kuliah sambil menjalani bisnis untuk mahasiswsa pemula di dunia kerja ini.

3. Makelar bahan penelitian mahasiswa atau dosen

Ini adalah pekerjaan yang paling saya suka, karena kerja paling 1-2 hari udah langsung dapat uang. Kebanyakan mahasiswa dan  dosen itu praktis. Mencari bahan saja menyuruh orang lain, apalagi ika bahan penelitiannya banyak. pokoknya trima jadi. Pekerjaan ini juga sering saya lakukan walau sudah tidak menjadi mahasiswa karenasudah menjadi langganan dikampus. Misal, ada seorang dosen dan mahasiswa mengadakan proyek penelitian bebek umur tertentu dan jenis tertentu. Kalau tidak biasa kan sulit mencarinya, disitulah peluang kita jadi broker atau makelar. Soalnya dengan menjadlankan bisnis mahasiswa tanpa modal ini kalian bisa untung besar.Jos pokoke lah.

4. Jualan Online sistem reseller dan dropship

Ya kalau tidak mau jadi makelar. anda bisa menjajal usaha yang mungkin sudah mainstraim dikalangan masyarakat, yaitu  jualan online berbagai produk mulai dari fashion, sampai produk kesehatan tanpa harus memiliki toko dan produk sendiri atau lebih dikenal reseller dan dropshiper. Anda cukup punya ponsel dan memanfaatkan internet lalu jualan melalui sosial media facebook. line bb dan isntagram.

5. Usaha makanan

Saya punya teman yang gigih menjalankan usaha makanan dari mulai jualan gorengan sambil kuliah hingga memiliki usaha rumah makan cuku besar dilingkungan kampus. Dan akhirnya dia sibuk dan urusan kuliah ditinggal 1 smester, untuk mrmbesarkan usaha dan langsung menikah guna membantunya dalam usaha. Awalnya memang usaha makanan dari jualan makanan dari ibu kos namun melihat peluang PKM akhirnya dia membuat dan lolos. Kelolosan itu membawa dia pada kesuksesan. Kisah ini juga mematahkan bawah PKM bukanlah PROGAM KORUPSI MAHASISWA, walau umumnya dijadikan begitu, khususnya mahasiswa yang kurang tanggung jawab. PKM juga bisa menjadi modal bisnis rumahan untuk mahasiswa yang bingung dari mana mencari modal. Manfaatkan itu guys.

Usaha Ternak

Ada banyak sekali ternak menguntungkan modal kecil yang bisa anda jadikan bisnis mulai dari ternak ayam, bebek, burung hingga ternak lahan sempit seperti ternak jangkrik, belatung dan kroto. Cocok sekali dijadikan usaha rumahan atau usaha sampingan dirumah selagi masih kuliah. Apalagi yang kuliahnya jurusan pertanian dan peternakan mungkin akan lebih cocok karena sekalian menerapkan ilmu ilmu yang telah anda dapatkan dikampus. Sebab praktek di kampus tidak sedetail ketika memeilihara atau bisnis ternak sendiri. Baca selengkapnya mengenai  : 10 usaha ternak menguntungkan di lahan sempit

Masih bingung? Jangan bodo bodo amat, Bisnis aja sesuai hobi saja.



Yang terakhir adalah usaha sesuai hobi, misalnya ya, saya juga punya teman yang suka main burung. Karena hobinya tersebut, dia jadi punya banyak burung dan mendirikan penangkaran burung lovebird. Lumayanlah bisa nambah penghasilan, ada pun hobi lainnya yang tidak kalah yakni edit edit video, desain kaos, penerjemah, menulis dll. Saya rasa setiap individu memiliki kemampuan khusus dibidangnya atau pada hobi hobinya. Sekalipun pun main game. Kalian tahu kan reza oktavian yang cari uang dari game? Milyader dia tuh. Makanya jangan bingung bingung mencari bisnis rumahan untuk mahasiswa.

Ya itulah beberapa peluang bisnis mahasiswa tanpa modal, bisnis rumahan untuk  mahasiswa pemula sambil kuliah, tanpa mengganggu kegiatan sebagai mahasiswa dan mendapat penghasilan tambahan. Jadi kalau anda mahasiswa cuma kuliah saja atau mahasiswa kupu kupu sangat disayangkan, karena memliki waktu luang yang cukup untuk pengembangan diri, jangan menyesal ketika anda lulus, tidak punya pengalaman apa apa, minimal itu anda pernah muter muter minta uang dari proposal kegiatan yang anda jalankan. Salam mahasiswa, hidup mahasiswa, mahasiswa bangkotan !!!

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}