Home » , , , , , , » Modal Usaha Distro Kecil Kecilan Bagi Pemula dan Pemasarannya

Modal Usaha Distro Kecil Kecilan Bagi Pemula dan Pemasarannya

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Sunday, June 23, 2019

Ketika sudah terjuan ke Usaha Distro berarti anda harus dekat dan tahu karakter anak muda yang sedang banyak diminati atau sedang trend. Usaha yang menjual label brended dari baju, jaket, topi, tas, dompet dan aseseoris lainnya sangat dekat dengan anak muda. Usaha distro sangat unik menurut saya pribadi karena barangnya tidak tersedia di toko baju umum lainnya. Selain itu barang yang dikeluarkan limited setiap jenis produk, namun banyak update lebih bagus lagi waktu kedepannya sehingga anak anak muda sangat suka karena bisa tampil beda, berbeda dengan produk yang dibeli oleh orang lainnya.

usaha distro modal kecil
Cara Memulai Usaha Distro  Kecil kecilan bagi pemula
Cara menjalankan usaha distro tidaklah mudah, karena harus memiliki pelanggan tetap seperti komunitas anak muda. Coba saja kalau kita menjalankan usaha baju pada umumnya yang kategorinya banyak kembarannya, apa tidak malu kalau tiba tiba anda ketemu orang dengan baju yang sama? Apalgi dia cowo, hihi. Alasan itulah yang mendasari peluang usaha distro layak untuk dijalankan bagi anda yang sedang mencari bisnis. Jangan sungkan kalau anda sudah tahu peluangnya. Jangan memikirkan resiko berlebihan, setiap usaha pasti ada resikonya.

Cara Memulai Usaha Distro kecil kecilan


Jika anda berminat untuk memulai membuka usaha baju distro modal kecil anda harus mempertimbangkan semuanya, dari modal sampai pemasarannya. Untuk itu agar usaha baju distro sukses anda harus mengetahu hal dasar yang akan membuat anda lebih mantap menjalani usaha distro yang akan anda jalankan. Berikut hal hal yang harus anda ketahui.

1. Perhitungan modal usaha distro

Semua usaha membutuhkan modal baik untuk investasi maupununtuk operasional kesehariannya. Untuk usaha semacam distro tentunya di perlukan sebuah modal yang tidak terlalu sedikit. Modal merupakan salah satu hal yang menentukan besar kecilnya suatu usaha untuk pertama kalinya, namun jika anda punya ketrampilan lain dalam bisnis, anda tentu tidak terlalu tergantung dengan modal. Modal usaha baju distro digunakan untuk membangun toko sendiri, dropship atau pengadaan barang dan operasional. Namun anda tidak harus lansung mendirikan toko distro, anda dapat memualinya secara kecil-kecilan yakni dengan bekerjasama dengan toko distro sebagai seorang agen mereka. Nantinya setelah anda berkembang anda dapat menabung yang nantinya dapat di gunakan sebagai modal membuat  usaha toko distro kecil kecilan anda sendiri.

2. Lokasi strategis untuk usaha distro agar gampang dapat konsumen

Apakah anda harus peunya lokasi tetap? Ya itu pasti, apa harus dengan biaya besar? Tidak. Melihat peluang perangkat digital kita bisa menjual produk lewat toko online, Namun jika anda punya ketrampilan online marketing anda bisa mendirikan toko konvensional. Memiliki toko distro yang besar namun berada di lokasi yang kurang strategis maka konsumen yang anda dapatkan hanya sedikit yang mana tentunya berimbas pada pendapatan yang kecil. Sebelum memulai usaha distro alangkah baiknya jika mencari lokasi yang strategis seperti di pusat kota, dekat tempat umum, jalan raya utama, dan tempat-tempat yang sering di lalui orang dengan mudah. Untuk pemsaran online anda bisa menawarkan produk ke sosial media sepeti facebook, isntagram dan BBM.

3. Segmentasi dan target pemasaran usaha baju distro


Anda harus punya segmentasi pasar, kemana produk itu cocok dijual. Setelah menmukan lokasi, anda juga perlu target paasar. Kalau usaha distro ini kan dekat dengan anak muda berarti anda punya target anak muda, lebih khususnya komunitas komunitas anak muda disekitar daerah anda. Jika tidak, anda akan kalah dengan pesaing usaha distro lainnya. Cara ini juga diterapkan oleh pengusaha baju asal bandung oveal reseach yang menjual ke komunitas skater di bandung.

cara memulai usaha distro kecil kecilan
Desan baju distro yang unik 
4. Desain Dsitro Kekinian

Desain yang indah, elegand an keren sangat berpengaruh terhadap penjualan barang. Apalagi jika desain itu unik, bisa jadi produk itu jadi rebutan. Kadang pembeli berpikir meskinya produk berkualitas namun desainnya kurang menarik, pembeli akan berpikir ulang akan membeli barang itu. Itu juga terjadi pada kita ketika hendak membeli barang tertentu, bahkan karena dessain gambar pada sebuah baju. Jadi desain unik, kerena dan elegan sangay dibutuhkan untuk usaha distro.

5. Lingkungan

Bayangkan kalau anda menjual distro didaerah yang anak mudanya kurang uptodate. Daerah rekomendasi untuk jualan distro yang bagus adalah daerah yang memiliki banyak komunitas, ada universitasnya. Kota itu berarti cocok untuk jualan distro. Contoh saja, bandung, yogyakarta, malang, surabaya, makasar, jakarta, purwokerto dan kota lainnya. Usaha ditro akan berjalan lancar apabila di sekitarnya banyak di temukan anak muda yang fashionable. Lingkungan yang banyak di gandrongi oleh anak muda tentunya akan sangat berpengaruh terhadap toko distro yang kita dirikan. Jadi pilih pilih tempat yak? Jangan asal memilih tempat.

6. Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang baik akan menjaga kepercayaan pelanggan maupun pembeli yang baru pertama kali. Pelayanan yang ramah, respon yang baik akan disukai pelanggan. Biasanya pelanggan akan dengan mudah memberi saran dan kritik dengan pelayanan kita. Saat itu respon dibutuhkan demi menjaring evaluasi untuk kedepannya. Usaha distro yang sukses adalah yang melayani pembeli dengan baik. Jadi baik baik ya pelayanannya, jangan bawel dan angkuh.

7. Pemasaran

Hal yang enggak kalah penting adalah bagaimana memasarkan produk distro anda untuk mendapatkan keuntungan. Banyak yang  bilang, cukup mendirikan stand atau kois di lokasi strategis sudah cukup. Kalau menurutku tidak demikian. Jaman sudah berubah, banyak masyarakat yang ennggan berpergian belanja karena macet, apalagi dikota besar. Mereka sudah terbiasa beli bajo online di marketplace seperti shopee, tokopedia dan bukalapak dengan pengiriman gojek/grab. Semudah itu. Jadi kalian juga harus ada juga di marketplace atau ditempat dimana orang banyak mencari informasi tentang distro seperti google dan sosial media.

Jalani usaha distro dengan Istiqomah


Itulah sedikit resep cara memulai usaha distro modal kecil bagi pemula yang bisa anda pahami agar kelak dijalan agar tidak mandek. Terus menciptakan desain kekinian sesuai perkembangan zaman dan terus gencar promosi, tertuama dunia maya agar bisa vrial. Kemudian jangan gampang menyerah, tetap istiqomah. Jangan sungkan dan ragu ragu atau setengah tengah, karena anda akan mendapatkan setengah. Ya sekian dulu, semoga bermanfaat dan beruntung.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}