Home » » Contoh Surat Sponsor Visa Schengen atau EROPA

Contoh Surat Sponsor Visa Schengen atau EROPA

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Thursday, October 19, 2023

Apasih surat sponsor viva? Adalah surat yang diperuntukan sebagai salah satu persyaratan mendapatkan visa di negara tertentu. Misal surat sponsor visa schengen, maka suratnya di peruntukan untuk negara negara uni eropa. Di beberapa negara, termasuk uni eropa surat sponsor adalah salah satu persyaratan resmi dalam proses aplikasi visa. Tanpa surat sponsor yang memadai, pemohon mungkin tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan visa tujuan. 

Surat sponsor  viva berfungsi sebagai bukti bahwa pemilik visa memiliki dukungan keuangan dari pihak lain yang akan membantu membiayai perjalanan mereka selama di negara tujuan. Dukungan biaya tersebut, biaya akomodasi, makanan, transportasi, dan kebutuhan hidup lainnya selama masa tinggal di negara tujuan.

Adanya Surat sponsor, pihak imigrasi negara tujuan bisa melihat bukti hubungan antara pemohon disponsor. Apakah hubungan tersebut adalah keluarga, perusahaan, progam pendidikan, atau kerja sama lainnya. Pihak sponsor berkewajiban memberikan dukungan finansial jika terjadi masalah biaya di negara tujuan sampai ia pulang ke negara asal.


Diberlakukannya surat sponsor visa schengen atau uni eropa akibatnya meledaknya warga afrika dan asia yang menjadi imigran gelap dan tinggal secara ilegal. Surat itu berfungsi untuk memfilter imigran olegal yang tidak punya dukungan finansial dari negara asal. Surat sponsor pun biasanya terlampir bukti bukti finansial seperti  bukti keuangan sponsor, salinan rekening bank, dan dokumen lainnya yang mendukung klaim bahwa sponsor memiliki kemampuan finansial untuk memberikan dukungan.

Format dan Contoh Surat Sponsor Visa Schengen

[Nama Sponsor] [Alamat Sponsor] [Nomor Telepon Sponsor] [Alamat Email Sponsor]

[Tanggal]

[Kedutaan/Consulate Jerman (atau negara Schengen yang sesuai)] [Alamat Kedutaan/Consulate]

Subjek: Surat Pernyataan Penjaminan Keuangan (Sponsorship) untuk Visa Schengen

Kepada Yth.,

Saya, [Nama Sponsor], warga negara [Negara Sponsor], dengan nomor paspor [Nomor Paspor Sponsor], dan alamat [Alamat Sponsor], dengan ini menyatakan dengan sungguh-sungguh bahwa saya bersedia dan mampu memberikan dukungan keuangan penuh kepada [Nama Pemohon], warga negara [Negara Pemohon], dengan nomor paspor [Nomor Paspor Pemohon], selama masa tinggalnya di wilayah Schengen.

Rincian Dukungan Keuangan:

  1. Akomodasi: Saya akan menyediakan tempat tinggal untuk [Nama Pemohon] selama masa kunjungannya di Schengen. Alamat tempat tinggal tersebut adalah [Alamat Tempat Tinggal Sponsor di Schengen].

  2. Biaya Hidup: Saya akan menanggung semua biaya hidup sehari-hari, termasuk makanan, transportasi, dan kebutuhan pribadi lainnya selama [Jumlah Hari Kunjungan] hari kunjungan di Schengen.

  3. Asuransi Kesehatan: Saya akan menyediakan asuransi kesehatan yang mencakup seluruh masa tinggal [Nama Pemohon] di wilayah Schengen, dengan jumlah minimum pertanggungan sebesar [Jumlah Pertanggungan Minimum yang Dibutuhkan].

  4. Transportasi: Saya akan bertanggung jawab atas semua biaya tiket pesawat pergi-pulang dari [Kota Asal Pemohon] ke [Kota Tujuan di Schengen].

  5. Dukungan Keuangan Tambahan (jika diperlukan): Saya memiliki tabungan dan sumber pendapatan yang cukup untuk memberikan dukungan tambahan, jika diperlukan.

Saya menyadari bahwa sebagai penjamin keuangan, saya harus menjamin bahwa [Nama Pemohon] akan meninggalkan wilayah Schengen sebelum berakhirnya visa yang diberikan. Saya juga menyatakan bahwa saya memahami konsekuensi hukum yang mungkin dihadapi jika [Nama Pemohon] melanggar ketentuan visa.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya, dan saya siap memberikan informasi tambahan atau dokumen pendukung apapun yang diperlukan oleh pihak berwenang dalam proses aplikasi visa.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Sponsor]

[Nama Lengkap Sponsor] [Nomor Telepon Sponsor] [Alamat Email Sponsor]

Keterangan : Anda tinggal mengisi bagian bagian yang ditulis tebal sesuai dengan identiasmua atau kebutuhanmu. Format ini mungkin sangat umum, bisa jadi berbeda setiap negara tujuan.

Demikilanlah fungsi dan contoh surat sponsor visa schengen yang bisa anda gunakan sebagaimana mestinya untuk keperluan mendapatkan visa ke negara tujuan. Sekian semoga bisa bermanfaat. 

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}