Home » , » 3 Resiko Ternak Bebek Potong dan Petelur

3 Resiko Ternak Bebek Potong dan Petelur

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Thursday, January 27, 2022

Apa saja resiko ternak bebek baik pedaging atau petelur? Perkembangan Itik di Indonesia secara lamban menunjukan kenaikan populasi itik atau bebek walau hanya sedikit.  Peran itik sebagai penghasil daging dan telur mulai bermunculan seiring dengan variasi produk peternakan dari daging dan telur itik, seperti telur asin, telur asap dan sate bebek serta produk daging lainnya. itulah peluang bisnis bebek.

Kesempatan kali ini, koran ternak bukan membahas produk dari itikyang bermacam macam , melainkan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan itik atau bebek jika dipelihara baik dari genetik maupun lingkungan. Mari simak agar kita bisa mencari strategi yag tepat untuk menangani resiko dan memanfaatkan kelebihan bebek !

Kelebihan dan kekurangan bisnis bebek

Kelebihan

Kotoran bebek adalah pupuk yang cocok untuk palawija
Banyak dari peternak bebek di Indonesia yang mengkombinasikan lahan bebek dengan perkebunan palawija. Mereka untung sana sini, bebek untung palawija pun untung. Biasanya pupuk ini lebih cocok untuk lombok atau cabai.

Bebek adalah jenis unggas yang lebih tahan penyakit

Bebek lebih tahan terhadap virus flu burung, jika kita mengamati baik baik dilapangan memang begitu. Bebek daya tahan terhadap penyakit lebih kuat dibanding unggas lainnya seperti ayam. Sehingga lebih kuat ketika tejadi wabah penyakit yang cepat menular seperti flu burung.  Pternak tidak mengalami kerugian besar akibat penyakit.

Produk bebek mudah masuk pasar

Khusus bebek petelur, hasil ternak lebih mudah diserap pasar di bandingkan dengan telur ayam kampung, karena daya saing maasih rendah dibanding telur ayam komersial yang dimana mana ada dengan jumlah tinggi. Apalagi produk yang sudah jadi, banyak dicari konsumen.

Kekurangan atau resiko ternak bebek:

Bebek itu rakus

Konsumsi pakan dan air minum bebek lebih banyak di bandingkan de ngan konsumsi pakan dan air minum pada ayam. Peran peternak dalam menyajikan dan memberikan pakan adalah salah satu cara menagani kelemahan bebek ini. Banyak peternak tidak yang mengambil langkah membatasi konsumsinya, tetapi mensubtitusi pakan bebek dengan pakan alternatif yang murah dan tetap mempunyai nutrisi tinggi. Itulah resiko ternak bebek yang paling vital, pakannya karena rakus.

Sensitif dengan pakan

Bebek cenderung sensitif terhadap pakan dengan kualitas yang kurang baik, pakan jamuran,memakan bangkai. Nah ini juga masalah serius ketika bebek memakan pakan tidak berkualitas. Untuk petelur, banyak telur yang abnnormal dan untuk pedaging gampang terkena bakteri batulimus, salah satu penyebab penyakit yang sering dijumpai di peternakan bebek.

Mudah terkejut dan mudah stress.

Syarat lokasi peternakan adalah jauh dari pemukiman, mungkin perlu diterapkan karena sifat itik yang mudah stress meyebabkan produksi dan reproduksi terganggu. Jangan buat peternakan bebek dipinggir jalan besar yang ramai lalu lalang kendaraan. Alangkah baiknya ditengah sawah.

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan  atau resiko ternak bebek serta sedikit cara praktis menangani dan memanfaatkan kelebihan dan kekurangannya masing masing. Semoga bisa dipahami untuk peternak itik, khususya peternak iti pemula. Salam peternakan bebek Indonesia-Sukses !!

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}