Home » » Trik Pakan Ternak Bebek Pedaging Cepat Besar 40 hari Panen

Trik Pakan Ternak Bebek Pedaging Cepat Besar 40 hari Panen

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Friday, December 17, 2021

 Cara ternak bebek pedaging tidaklah lama, cukup 40 hari sudah bisa panen dan meraup keuntungan besar dari ternak bebek potong. Apakah itu benar nyatanya? Ya, benar. Banyak peternak dari daerah comal, kabupaten pemalang yang menggeluti bisnis ternak bebek pedaging yang udah banyak melayani banyak restoran di jawa tengah sampai jakarta. Saya pun sedang menjalani usaha bebek pedaging yang menguntungkan ini. Dan saya sempat mengunjungi kelompok tani ternak bebek yang mengelola usaha bebek dari hulu sampai hilir. Tak heran juga, salah satu bagian desa sarwodadi, dusun bangkelung terkenal dengan olahan hasil telurnya dari telur asin dan telur bakar. Waktu kunjungan saya pun tak banyak diam untuk menanyakan seputar cara ternak bebek pedaging 40 hari panen?


ternak bebek pedaging 40 hari panen
Ternak Bebek Pedaging - lampung.litbang.pertanian.go.id

Mula mula peternak mencertiakan bagaimana peternak mendirikan kelompok tani ternak sampai sekarang ini, mereka terlihat matang dan sudah banyak pengalaman soal budidaya bebek, tak jarang kelompok ini sering dikunjungi akademika unsoed dan undip serta percontohan kelompok tani lainnya dari berbagai daerah. Dari banyak perbincangan soal beternak bebek, ada beberapa point penting dalam usaha ternak bebek agar cepat panen dalam umur 40 hari dengan target bobot terpenuhi.

Pemeliharaan DOD bebek/meri sampai masa brooding berakhir 3 minggu


Ada beberapa poin khusus dalam memelihara meri, yakni suhu ideal, pakan dan berkaitan dari sifat itik sendiri yang rentan stress. Suhu ideal 40 derajat celcius agar itik selalu hangat, karena fungsi bulu meri belum maksimal. Untuk mmbuat suhu ideal anda perlu membuat kandang bebek untuk meri. Pakan yang diberikan dalam  bentuk kering, kalau basah kemungkinan membuat bulu basah. Bulu basah mengakibatkan kedinginan dan mati, karena meri belum bisa membersihkan diri (tlisik). Pilih lokasi kandang yang jauh dari jangkauan keramaian terutama anak anak.

Masa Penggemukan umur 3 minggu sampai panen

Pada masa penggemukan atau pembesaran bebek pedaging pont paling penting adalah pakan. Pakan adalah segala sumber untuk pertumbuhan bebek. Jadi kalau pakan asala asalan, tidak seimbang, dalam waktu 40 hari tidak mencapai bobot maksimal seuai target. Para peternak di comal memanfaatkan ikan runcah sebagai makanan yang sangat mendukung pertumbuhan bebek masa penggemukan. Ikan diberikan dalam bentuk sudah dikukus dulu agar menghilangkan rasa amis. Rasa amis ini juga berpengaruh terhadap dagingnya jadi perlu dikukus dulu.


Sumber makanan yang murah adalah sayuran sayuran. Sayuran yang mulai membusuk banyak dibuang dipasar, limbah ayuran tsb dimanfaatkan sebagai makanan penyeimbang untuk bebek. Pakan utama yang diberikan tetap sama pada peternakan bebek lannya brupa dedak, konsentrat, jagung giling yang dicampur.

Cara Ternak Bebek Pedaging Cepat Besar dalam 40 Hari, Langsung bisa di Panen

Masa panen bebek adalah umur 40-45 hari dengan bobot 0.8-1 kg. Bebek banyak didistribusikan ke wilayah bekai dan jakarta, umumnya untuk menyuplai makanan pinggir jalanan, restoran dengan menu bebek dan untuk pemasaran lokal konsumen langsung bisa membeli langsung di peternakananya.

Secara umum, cara ternak bebek pedaging 40 hari panen, tetapi letak keberhasilan ternak bebek pedaging adalah pada pemeliharaan meri dan pakan yang diberikan. Adapula peternak yang mengatakan "Sing penting pakane bergizi, bobot bisa tercapai" artinya semua usaha penggemukan ternak pada dasarnya adalah mainnya di pakan. Hanya saja pakan murah dan seimbang sulit ditemukan, adapun dalam bentuk jadi yang harganya selangit.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}