Home » » Cara Ternak Keong Mas Untuk Pakan Bebek atau Ternak Lain

Cara Ternak Keong Mas Untuk Pakan Bebek atau Ternak Lain

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Tuesday, December 21, 2021

Sebagai peternak mungkin sudah tahu bahwa keong bisa menjadi alternatif pakan ternak bebek, atau ternak lainnya dengan diolah atau digiling menjadi bahan campuran pakan. Sayangnya pencari keong sudah semakin langka, apalagi pengepulnya. Alternatif nya peternak harus ternak keong mas sendiri untuk ketersediaan kedepannya untuk pakan. Selain untuk ternak sendiri, kalau lebih bisa untuk dijual ke peternak lainnya. Kalau belum tahu caranya, bisa menyimak artikel sampai selesia tentang cara ternak keong mas untuk pakan.

Keong mas adalah salah satu jenis keong air tawar yang mmeiliki ciri atau karakter cangkangnya berwarna kuning keemasan dan bentuknya bulat mengerucut. Berdasarkan dagingnya, terdapat dua macam keong mas yakni yang berdaging kuning dan berdaging hitam. Keong ini juga memiliki nama lain, yakni keong murbai. Hanya saja masyarakt Indonesia secara luas lebih mengenal dengan sebutan dengan keong mas sang penganggu tanaman madi, namun kali ini admi bukan membahas keong mas sebagai hama padi melainkan keong mas sebagai pakan alternatif untuk ternak unggas seperti bebek, ayam, kemudian ikan lele, kerapu, patin dan jenis ikan lainnya untuk menghemat biaya.


cara ternak keong mas
Kelebihan keong mas sebagai akan ternak adalah kandungan proteinnya tinggi, hal ini sudahterbukti menahun nahun oleh ara peternak bebek yang memberikan bebeknya dengan cacahan keong produksi telurnya bagus. Kandungan nutrisi tepung keong mas adalah protein kasar (PK) 46,2%, energi metabolis (ME) 1920 Kkal/Kg, kalsium (Ca) 2,9%, dan fosfor (P) 0,35%.

Peralihan fungsi keong mas menjadi aneka manfaat membuat ketersediaan keong mas dialam atau sawah menurun, oleh karena itusalah satu untuk mendapatkan keong mas dengan jumlah banyak dan terus menerus adalah dengan budidaya keong mas secara intensif menggunakan tanah atau kolam buatan seperti kolam terpal atau fiber.

Nah, pertanyaannya bagaimana cara budidaya ternak keong mas? Mungkin akan sedikit asing bagi masayyrakay namun bagi yang memang membutuhkan keong mas itulah sesuatu yang harus dielajari kemudian dilakukan demi mendaatkan keong mas untuk pakan ternak, atau minimal dijadikan usaha dijual untuk orang lain yang membuthkannya.

Untuk langkah langkah bisa anda baca pada sub selanjutnya mengenai tata cara budidayanya.

Pembuatan Kolam keong mas
  1. Buatlah kolam seperti kolam ikan, bisa dari terpal plastik atau drum bekas
  2. Isilah air dengan kedalaman tidak lebih dari 15 cm
  3. Buatlah enutup kolam, kalau tidak ditutup keong pasti kabur walau pelan pelan
  4. Buatlah beberapa tiang yang kelak untuk menempatkan telur keong, karena keong menempatkan telurnya didaerah yang kering dan cukup tinggi bagi keong.
Pemilihan bibit

Bagaimana kita mendapatkan bibit? salah satu alternatifnya adalah mencari bibit di alam atau kalau tidak membeli di pengepul keong yang hidup. Pastikan untuk memilih indukan yang berukuran paling tidak 4 cm karena semakin besar indukan yang Anda ambil, semakin banyak telur yang mampu dihasilkan dan bahkan bisa mencapai ratusan.

Pemberian Pakan

Keong mas tidak selektif dalam mencari makan, mereka hampir memakan semua hal yang bisa dimakan yang berada dalam lingkungan mereka. Secara umum keong mas lebih suka makanan yang halus dan tanaman yang mudah dicerna. Tanaman yang lebih keras dan alga juga dimakan selama mereka masih bisa menggerogotinya dengan menggunakan radula (lidah kasar). Nah jadi solusinya adalah membuat tanaman dalam kolam sebagai makanan keong mas. bisa dari talas, atau tumbuhan air lainnya.

Pemanenan keong
 
Pemanenan keong membutuhakn waktu selama 2 bulanan atau bahkan lebih tergantung umur keong saat pertama dielihara sampai  keong berpoduksi ata berkembang biark. Anda bisa memanen keong mas sesuai pertumbuhan keong mas, karena banyak faktornya suhu dan jumlah asupan pakan. Jadi tidak harus secara keseuluran anda bisa memanen ssecara bertahap untuk ukuran yang besar besar saja, dan sambil menunggu yang lainnya besar.

Demikian informasi mengenai ternak keong mas untuk pakan ternak, kurang lebihnya mohon maaf, semoga membantu.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}