Home » » Modal Usaha Toko Kosmetik Di Rumah dan Tips Membukanya

Modal Usaha Toko Kosmetik Di Rumah dan Tips Membukanya

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Sunday, September 12, 2021

Usaha Toko Kosmetik dirumah- Kosmetik memang sudah lazim menjadi kebutuhan primer wanita untuk merias diri agar tampil lebih menarik dan cantik setiap saat. Walau saya laki tapi kebutuhan kosmetik sudah menjadi rahasia umum, apalagi lelaki yang sudah menikah tentu lebih paham mengenai kebutuhan pasangannya. Betapa ketergantungannya wanita dengan alat alat kosmetik dan kecantikanya yang kadang mereka lupa siapa yang harus diperhatikan selain dirinya.

Ketergantungan wanita terhadap barang dan alat kosmetik membuat wanita enggan lepas darinya, wanita akan selalu membawanya kemana mana karena sudah menjadi dasar sifat wanita yang ingin selalu menjaga penampilannya. Kondisi ini tentu menjadi peluang bisnis menjual aneka kosmetik dan peralatannya untuk menyediakan mereka layaknya menyediakan sembako yang dibutuhkan setiap hari. Peluang tersebut bisa dalam bentuk wujud usaha toko kosmetik dirumah baik di kampung maupun dikota atau kalau modalnya besar bisa sewa ruko sendiri.


Membuka bisnis kosmetik ini adalah peluang besar meraup keuntungan, karena bisnis kosmetik tak mengenal musim. Hal ini dipengaruhi kebutuhan wanita dalam merias diri yang juga setiap saat dipakai. Selain itu sudah banyak merk merk kosmetik atau kecantikan yang sudah akrab ditengah masayrakat Indonesia, tinggal bagaimana anda menjual atau memasarkan kosmetik ke konsumen. Namun lantas tidak ada resikonya. Semua usaha memiliki keuntungan dan kerugiannya, salah satu kerugiannya adalah pesaing antar pebisnis kosmetik.

Dalam menjalankan bisnis ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, dari menggunakan modal cukup besar, usaha modal kecil untuk bisnis kosmetik rumahan sampai bisnis kosmetik tanpa modal. Beberapa cara tersebut ialah membuat toko konvesional, menjadi distributor, reseller dan toko online olshop. Nah salah satu yang saya bahas adalah membuka toko fisik kosmetik dalam berjualan.

Maksud dari membuka usaha toko konvensional adalah membangun/menyewa tempat usaha untuk toko dengan menjual berbagai merk kosmetik terkenal di Indonesia. Cara ini bisa anda lakukan jika memiliki modal cukup dan memiliki prospek jangka panjang dalam bisnis ini. Untuk membangun usaha toko, anda harus memperhatikan hal hal berikut ini, karena penting dalam kesuksesan usaha :

1. Lokasi yang strategis

Lokasi strategis secara umum adalah lokasi yang ramai dan akses jalan yang mudah dijangkau konsumen. Salah satunya bisa mencari lokasi dipinggir jalan raya. Mencari lokasi yang tepat bisa menjadi acuan bisnis toko kedepannya bisa laris. Lokasi strategis akan menghemat biaya promosi, karena cukup memasang papan nama didekat jalan sudah cukup untuk mempromosikan toko anda.

2. Perizinan Usaha

Adakah izin usaha khusus dari toko kosmetik? tentu ada, jika anda membuka toko sekaligus menjual obat obat yang berkaitan dengan kosmetik. Namun kalau murni kosmetik tidak diperlukan izin khusus untuk usaha toko kosmetik, hanya izin usaha saja seperti toko-toko sejenis lainnya.





3. Distributor Kosmetik

Sebisa mungkin mencari distributor resmi yang menjual kosmetik dari tangan pertama atau pabriknya agar bisa memangkas biaya distribusi ditengah tengah usaha. Selain itu, dengan mendaftar distributor resmi anda mendapatkan jaminan produk asli, harga yang lebih murah. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan marhgin lebih besar dari harga jual pasaran.

4. Modal Usaha

Modal dibutuhkan untuk membuka toto kosmetik meliputi modal investasi awal seperti biaya sewa tempat, inventaris peralatan toko seperti etalase, kursi, meja, komputer, dan lain-lain. Modal berikutnya adalah biaya operasional dan pembelian bahan baku toko Anda seperti peralatan kosmetik dan perawatan tubuh yang diperlukan.

Investasi

Etalase ,  @Rp 1.500.000,00  Rp 1.500.000,00
Rak kaca kecil   Rp 500.000,00
Kursi plastik 3 buah, @Rp 60.000,00 Rp 180.000,00
Papan nama toko 1x3 @20.000/m2 Rp 60.000,00

Total  : 2.400.000

Biaya operasional :

Kosmetik (Semua merek terlaris)  Rp 3.000.000,00
Sewa tempat per bulan Rp 300.000,00
Listrik, telepon, dan lain-lain  Rp 200.000,00

Total Biaya Operasional Rp 3.500.000,00

Total Modal : 5.900.000

Estimasi Pendapatan

Penjualan kosmetik =
Rp 170.000,00/hari x 30 hari  Rp 5.100.000,00

Keuntungan Per Bulan
=Pendapatan – Total Biaya Operasional
=Rp 5.100.000,00 – Rp 3.500.000,00
=Rp 1.600.000,00

R/C

5.900.000/Rp 1.600.000,00 = 3,6
Modal akan balik dalam jangka beberapa bulan saja jika keuntungan konsisten seperti asumsi diatas uang bakal balik dalam jangka 3,6 bulan

Tips Sukses Bisnis Jual Kosmetik
  1. Memasarkan produk produk trend kosmetik dari merk merk terkenal. Dengan begitu kosmetik cepat terjual dan tidak mengendap ditoko yang membuat anda rugi.
  2. Memasarkan produk kosmetik secara online di sosial media agar lebih mudah dalam pemasarannya. Sebab sosial media alternatif promosi tanpa modal.
  3. Membuka progam kemitraan reseller dan dropship agar ada yang membantu anda dalam berjualan kosmetik. Dengan begitu perputaran lebih cepat dan potensi anda menambah barang dari distributor semakin besaar.
  4. Pelayanan yang ramah cepat dan tanggap terhadap keluhan dan permintaan konsumen.
  5. Selektif terhadap barang barang mitasi/palsu karena akan merugikan anda sebagai penjual
  6. Memberi diskon dalam jumlah nominal pembelian tertentu
  7. Memberi paket hemat atau paket lengkap lebih murah daripada ecer agar barang anda cepat terjual terutama kombinasi barang laris dan barang kurang laris. Agar yang kurang laku juga ikutan terjual meski dengan harga pas. Hal ini juga menhindari barang mengendap lama ditoko karena tidak laku yang bisa membuat kita rugi.
Begitulah kira kiiranya jika ingin membuka usaha toko kosmetik agar mampu bersaing dalam bisnis kosmetik saat ini, terutama dalam hal pemasaran karena masrakat mulai beralih dari belanja ke toko fisik ke toko online yang lebih praktis. Sekian, semoga bermanfaat.

Sumber gambar : satelitpos.com

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}