Home » » Syarat Kerjasama Distributor Sembako Dari Bulog

Syarat Kerjasama Distributor Sembako Dari Bulog

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Thursday, March 4, 2021

 Kerjasama Distributor Sembako dari Bulog

Sembako adalah bahan pokok sehari hari yang dibutuhkan manusia mulai dari beras, gula, telur, minyak goreng dan rempah. Masyrakat mendapatkan sembako dari berbagai sumber, salah satu sumber terdekat adalah toko kelontong atau warung sembako. Warung sembako mengambil langsung dari pasar tradisional. Umumnya di pasar tradisional adalah agen maupun sub agen dari distributor setempat. Masih ada distributor utama atau pusat yang menyuplai bahan sembako seperti beras tersebut. Distributor pusat itulah yang menjadi incaran para pelaku bisnis baik menjadi menjdi distributor sembako atau membuka warung sembako dirumah. Padahal kalau kalian tahu, pemerintah melalui BULOG membuka kerja sama distributor sembako untuk msyarakat.

Bagaimana cara menjadi distributor bulog lewat kerjasama? Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) sebagai badan yang berfungsi sebagai stabilisator harga cukup penting di Indonesia. Kebergantungan kondisi harga pangan terhadap efektivitas peran Bulog sangat tinggi. Dengan demmikian, bulog membuka kerja sama Rumah Pangan Kita (RPK) untuk mengatasi fluktuasi harga pangan. RPK dibangun dengan dasar kerja sama antara Bulog dengan masyarakat. Warga yang bergabung menjadi agen atau distributor bulog akan mendapatkan suplai kebutuhan bahan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, dan tepung. Dengan ini, bisa memotong tali niaga, terutama dari tengkulak tengkulak nakal yang kadang memainkan harga seenak saja.

Keuntungan menjadi distributor sembako bulog


Bulog sementara memiliki 10 ribu titik RPK di seluruh Indonesia. Tahun ini, menargetkan akan ada 50 ribu RPK di seluruh penjuru Indonesia. Artinya msih banyk peluang untuk kalian menjalin kerja sama distributor sembako resmi dari bulog lewat RPK. Keuntungan lain adalah suplai bahan pokok terjamin, karena sumber bulog seperti beras, minyak adalah dri kelompok petani binaan langsung. Selain kontinyu, harga bahan pangan lebih murah dibandingkan lewat distributor lain. Sebab, harga bahan pangan yang dijual di RPK merupakan kebijakan yang ditetapkan Bulog, sama didalam suatu daerah.Misal, meski harga pasar gula pasir 15 ribu rupiah per kilogram (kg), namun Bulog menetapkan harga 12.500 rupiah per kg. Artinya masih bisa mendapatkan keuntungan banyak dari kerjasama tersebut.

Tidak semua bahan pangan disuplai bulog. Bulog hanya menjual empat komoditas pangan strategis, yakni beras, gula pasir, terigu, dan minyak goreng. Selain itu, tidak ada. Menurut saya ke empat jenis komoditas tersebut sudah bisa menjadi produk yang bisa sasarkan kemasyarakat. Namun menurut dirut bulog, mereka akan menambahkan jenis komidit secara berlahan . Seperti pada thun ini, bulog menambahkan jagung dan cabai. Kemungkinan kedepannya semakin banyak bahan pangan dari bulog.

Syarat kerjasama distributor sembako bulog


Menjalin kerjasama distributor sembako dari bulo tidak sulit. Kalian cukup mengajukannya ke kantor Bulog terdekat dengan persyarat, yakni KTP, KK, serta surat keterangan dari RW setempat. Distributor dibatasi satu RW satu. Jadi siapa cepat dia dapat. Cukup dengan itu kalian sudha mendapatkan suplai bahan pokok dari bulof denga harga murah. Kalian bisa memesan produk Bulog di RPK tanpa batasan jumlah. Namun jika ingin mendapatkan harga murah biasanya diikuti dengan syarat pembelian maksimal yang harus dipatuhi. Misal beli beras harus sekian ton, begitu.

Setelah bisa menjalin kerjasama distributor sembako dengn bulog, kalian tinggal menyiapkan tempat display semacam warung sembako agar mempermudah konsumen membeli. Hal penting lain dari kerja sama adalah kalian sebagai distributor tidak boleh menaikan harga diatas pasar, harus mengikuti harga pasar, kalao bisa lebih rendah untuk bisa menyuplai kelontong kecil. apabila agen atau distributor melakukan pelanggaran, misal menaikan harga, kerja sama akan diberhentikan dan Bulog selanjutnya langsung menghentikan suplai bahan pangan ke distributor yang melanggar. Sanksi tersebut sangat wajar, karena sebagai perwujudan konsisten Bulog untuk menstabilkan harga pangan di Indonesia. Sekian semoga membantu, terima kasih.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}