Home » » 6 Cara Mengobati Ketombe Yang Parah Berkerak

6 Cara Mengobati Ketombe Yang Parah Berkerak

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Saturday, December 26, 2020

Ketombe merupakan salah satu yang cukup merepotkan. Banyak cara yang dilakukan orang lain untuk menghilangkannya  Biasanya ada yang menggunakan shampo khusus menghilangkan ketombe hingga memakai produk khusus. Namun, masih ada cara menghilangkan ketombe yang parah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Sebelumnya simak penjelasan berikut.

Faktor Pemicu Adanya Ketombe

Ketombe hampir di alami oleh siapa saja. Karena bukan bakteri atau hewan. Ketombe merupakan kulit kepala yang mengering dan mati, hingga terkelupas. Meski begitu, ada beberapa faktor yang membuat ketombe menjadi semakin parah. Di antaranya;

  • ·         Karena adanya infeksi jamur
  • ·         Jarang keramas membuat kepala Anda menjadi kotor. Dan menyebabkan ketombe menjadi lebih parah. Tetapi terlalu sering keramas pun akan menyebabkan hal yang sama.
  • ·         Kulit kepala yang kering. Sehingga mudah terkelupas jika digaruk sedikit saja.
  • ·         Alergi terhadap produk tertentu.

Kemunculan ketombe di tandai dengan terlihatnya butiran-butiran kecil. Ini untuk keadaan normal atau biasa. Tetapi jika sudah parah, ketombe akan berwarna agak kekuningan dan ukurannya lebih besar.



Cara Menghilangkan Ketombe yang Parah, dengan Bahan Alami

Tentunya akan merepotkan, jika ketombe sudah pada tahap yang lumayan parah. Penggunaan obat atau produk yang tidak sesuai, malah bisa memperburuk keadaan. Jika sudah seperti itu, satu-satunya jalan untuk menghilangkan ketombe yang parah adalah menggunakan bahan-bahan alami.

Meski begitu, khasiatnya tidak jauh berbeda dan lebih aman untuk kesehatan kulit kepala. Nah, berikut bahan yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe yang parah;

o   Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terkenal khasiatnya. Tidak hanya untuk kulit, tetapi rambut juga. Gelnya yang lembut mengandung vitamin A, C, B1, fosfor, zat besi, kalsium, vitamin E dan masih banyak lagi.

Lidah buaya ternyata efektif menghilangkan ketombe. Manfaat yang bisa Anda dapat adalah dapat mengatasi rambut rontok, ketombe, membuat rambut lebih sehat. Caranya mudah saja, ambil gel lidah buaya, kemudian balurkan ke kepala secara merata. Diamkan beberapa menit kemudian bilas.

o   Garam

Garam ternyata tidak hanya untuk memasak. juga bermanfaat bagi rambut. Garam dapat menjadi detoxs bagi kulit kepala yang bermasalah. Caranya mudah, ambil secukupnya garam yang diperlukan, kemudian larutkan dengan air hangat. Jadikan sebagai air untuk keramas. Di tahap akhir, keramas rambut dengan air bersih biasa.

o   Minyak Kemiri

Minyak kemiri, diklaim memiliki manfaat untuk kesehatan rambut. Begitu juga untuk menghilangkan ketombe. Caranya sebelum Anda keramas, oleskan dahulu secara merata, diamkan 30menit kemudian bilas.

Untuk mendapatkan minyak kemiri, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Prosesnya gampang, pertama bisa dilakukan dengan cara dibakar hingga gosong seperti arang, kemudian blender/tumbuk hingga keluar minyak. Kedua, dengan cara diparut, dan sedikit menggunakan air saat pemrosesan berlangsung, masukan ke wadah tertutup selama 24jam untuk kemudian dimasak dan diambil minyaknya. Ketiga, dengan cara disangrai hingga matang, tumbuk sampai halus kemudian diperas dengan menggunakan air.

o   Minyak Kelapa

Minyak kelapa tidak hanya untuk menggoreng. Sekarang banyak yang menggunakannya untuk kecantikan, bahkan dikonsumsi langsung. Namun, minyak kelapa yang sebaiknya digunakan adalah minyak kelapa murni atau disebut dengan VCO (Virgin Coconut Oil). Caranya olesi kepala dengan VCO secara menyeluruh sebelum tidur. Tutup dengan menggunakan shower cap, kemudian bilas esok harinya.

o   Air Lemon

Lemon diperkaya vitamin C. Khasiatnya bermanfaat tidak hanya untuk di dalam tubuh, juga bagian luar. Air perasan lemon juga ternyata mampu mengusir ketombe yang membandel. Caranya sama seperti menggunakan air garam.  Balurkan perasan air lemon ke kulit kepala, diamkan beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.

o   Tea Tree Oil

Tree Tea Oil atau nama latinnya berupa Australia Melaleuca Alternifolia, merupakan minyak dari pohon teh. Namun, yang digunakan bukanlah pohon teh biasa yang digunakan sebagai minuman teh hijau/hitam. Tapi merupakan tanaman teh yang asli berasal dari Australia, yang sudah dipakai sejak 100 tahun terkahir. Tea Tree Oil dapat menjadi obat serbaguna bagi manusia karena kandungan antiseptiknya.

Untuk menghilangkan ketombe, Anda dapat mencampur Tea Tree Oil dengan gel lidah buaya dan 3sdt santan. Gunakan sebagai shampoo untuk keramas, dan lihat hasilnya setelah satu bulan.

Yang perlu diingat, minyak teh ini sebaiknya tidak digunakan bagi kulit yang sensitif, dan tidak dianjurkan sama sekali untuk diminum langsung.


Selain menggunakan bahan alami, Anda dapat menerapkan beberapa hal agar ketombe tidak mudah muncul. Seperti menjaga kesehatan rambut dengan keramas secara berkala dan gunakan shampoo yang tepat. Berjemur setiap pagi juga efektif untuk mencegah munculnya ketombe yang parah.

Selain itu, hindari stress yang berlebihan. Sampai di sini penjelasan mengenai cara menghilangkan ketombe yang parah. Semoga dapat membantu dan sehat selalu.Sekian.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Newest
You are reading the newest post

Search

Artikel Terbaru