Home » » 7 Contoh Usaha Pertanian Modern Yang Menjanjikan di Masa Depan

7 Contoh Usaha Pertanian Modern Yang Menjanjikan di Masa Depan

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Sunday, October 6, 2019

Peluang usaha dalam bidang pertanian cukup berkembang, bahkan sampai mengikuti zaman. Kemajuan teknologi yang cukup pesat, membuat banyak sekali bermunculan usaha-usaha dari sektor pertanian yang cukup menjanjikan. Sebenarnya apa itu usaha pertanian? Apa saja contoh usaha pertanian yang bisa dilakukan? Berikut pembahasannya.


7 Contoh Usaha Pertanian Modern
Apa Itu Usaha Pertanian?

Usaha pertanian merupakan sebuah kegiatan yang bisa menghasilkan beberapa produk pertanian. Tujuan dari usaha pertanian adalah untuk memiliki penghasilan yang mana hasil produksinya akan dijual atas resiko usaha. Sehingga, para petani yang memiliki usaha akan mendapatkan keuntungan tersendiri dari hasil usaha yang mereka lakukan.

Saat ini, ada banyak sekali contoh usaha pertanian yang bisa Anda lakukan jika tertarik di bidang usaha ini. Biasanya, jika Anda ingin memulai sebuah usaha pertanian, maka Anda harus tinggal di perkampungan dan memiliki lahan yang subur untuk menanam berbagai jenis pertanian yang bisa dilakukan disana. Berikut ini merupakan beberapa usaha pertanian yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.

Contoh Usaha Pertanian yang Bisa Kamu Lakukan


· Sayuran Organik


Contoh usaha pertanian pertama yang bisa kamu lakukan adalah menanam berbagai macam sayuran organik. Seperti yang sudah diketahui, sayuran merupakan sebuah menu yang termasuk ke dalam 4 sehat 5 sempurna. Tentu saja hal tersebut membuktikan bahwa sayuran sangat dibutuhkan dalam menu sehari-hari untuk kesehatan tubuh masing-masing anggota keluarga.

Oleh karena itu, masyarakat berlomba-lomba untuk mendapatkan sayuran segar dengan kualitas terbaik yang jauh dari pestisida pada saat proses penanamannya. Dengan begitu, para petani Indonesia kemudian menanam berbagai macam sayuran yang ditanam secara hidroponik yang jauh dari penggunaan pestisida.

Penanaman sayuran organik yang jauh dari pestisida tentu sangat diminati oleh semua masyarakat, baik dari kalangan atas, menengah hingga bawah. Mereka pasti mencari sayuran jenis ini demi menjaga kesehatan keluarga mereka sendiri. Petani Indonesia akan memasarkan berbagai sayuran organik tersebut di pasar, atau dijual langsung ke orang-orang yang mencarinya langsung ke kebun.

Nah, apabila Anda tertarik untuk memiliki contoh usaha pertanian ini, maka Anda harus menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Pertama, Anda harus menyiapkan beberapa pot atau polybag yang akan disimpan pada lahan yang sudah disediakan. Lalu, susunlah pot atau polybag tersebut secara rapi agar bisa menghasilkan tanaman yang bagus dan menarik perhatian. Siram dan beri pupuk secara rutin agar bisa menghasilkan sebuah sayuran yang sesuai dengan Anda inginkan.

Dengan begitu, maka Anda sudah berhasil dalam memiliki usaha pertanian menanam sayuran organik. Jenis usaha ini juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar karena Anda hanya perlu membeli beberapa polybag atau pot, serta bibit-bibit sayuran yang akan Anda tanami.

· Alat dan Mesin Pertanian


Contoh usaha pertanian kedua adalah menjual alat-alat serta mesin pertanian yang sering dibutuhkan oleh petani Indonesia. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari usaha ini. Karena seperti yang sudah Anda ketahui bahwa rata-rata masyarakat Indonesia berprofesi sebagai petani di tempatnya masing-masing. Maka, usaha satu ini cukup menjanjikan untuk Anda ikuti.

Dalam usaha ini, Anda bisa menjadi reseller berbagai produk dan mesij pertanian yang bisa kamu ikuti hanya dengan modal kecil. Anda bisa menjualnya melalui online dan memasarkannya di berbagai media sosial yang Anda miliki. Lakukan promosi secara rutin agar semua orang bisa melihat produk yang Anda jual. Jangan lupa untuk membuat kata-kata yang memikat sehingga mereka tertarik untuk membeli produk alat dan mesin pertanian di toko online Anda.

· Menjual Bibit Tanaman


Contoh usaha pertanian yang ketiga adalah menjual bibit-bibit tanaman. Jenis usaha satu ini bisa Anda jalankan, bahkan untuk pemula sekalipun. Usaha ini sangat mudah dilakukan dan dipelajari, bahkan memiliki peluang yang besar nantinya.

Bibit tanamam tidak hanya dibutuhkan untuk para petani yang akan menanamnya di kebun untuk lahan yang sangat luas. Akan tetapi, bibit pertanian juga sering dicari oleh para ibu rumah tangga yang ingin menanam tanaman di luar rumah sebagai penghias altar rumah.

Usaha ini bisa Anda pasarkan dalam bentuk online atau membuka toko sendiri di depan rumah Anda. Jika melakukan pemasaran melalui online, maka Anda harus melakukan promosi secara rutin agar banyak orang yang bisa melihat produk Anda tersebut.

· Pupuk Tanaman


Selain menjual bibit tanaman, Anda juga bisa menjual pupuk tanaman untuk usaha pertama Anda. Contoh usaha pertanian ini cukup menjanjikan dan sangat laku keras, apalagi jika Anda tinggal di tempat yang dekat dengan area sawah, ladang serta perkebunan. Karena, bisnis ini merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan untuk dimulai di suatu pedesaan.

Namun, apabila Anda tinggal di perkotaan, maka Anda bisa menjual pupuk tersebut dalam kemasan kecil dengan ukuran sekitar 1 sampai 5 kilogram saja. Pupuk tersebut bisa digunakan untuk tanaman hias, sayuran serta berbagai kebutuhan lainnya.

· Tanaman Hias


Contoh usaha pertanian selanjutnya adalah menjual berbagai tanaman hias yang bisa Anda lakukan di kota ataupun desa. Tanaman hias sering digunakan untuk mempercantik halaman rumah. Sehingga bisa menyejukkan mata dan membuat udara jauh lebih segar.

Anda bisa menjual beragam tanaman hias sesuai budget atau modal awal yang Anda miliki. Semuanya tergantung jenis serta spesifikasi tanaman hias itu sendiri. Namun, sebagai saran, Anda bisa menjual berbagai tanaman hias yang memiliki banyak peminat agar lebih cepat laku. Anda pun bisa memberikan diskon untuk setiap pembelian tertentu sehingga pembeli menjadi lebih bersemangat dan senantiasa berbelanja di toko tanaman hias Anda.

· Menanam Rempah-Rempah


Contoh usaha pertanian berikutnya adalah menanam rempah-rempah. Kamu bisa memulai usaha ini dengan menanam berbagai rempah-rempah yang sangat dibutuhkan dalam memasak, lalu menjualnya. Usaha ini tergolong ke dalam usaha yang cukup menjanjikan. Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang besar untuk usaha ini.

· Pengepul Padi


Usaha pertanian ini cukup populer baru-baru ini. Karena, usaha ini juga tergolong sebagai peluang usaha yang memiliki keuntungan cukup besar dan siapapun bisa mengerjakannya.

Untuk memulai contoh usaha pertanian ini, Anda hanya perlu membeli gabah kering dari petani terlebih dahulu. Biasanya, harga 1 kg padi kering yaitu sekitar Rp.5.000 saja. Lalu, Anda bisa menjual padi kering itu sendiri ke pabrik penggilingan dalam skala besar. Anda juga bisa menjualnya dengan kepada kantor bulog terdekar dengan harga yang lebih tinggi dari harga awal. 

Contoh Usaha Pertanian Paling Populer dan Menjanjikan


Dari beberapa contoh usaha pertanian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terjun ke dalam bisnis pertanian ternyata bisa membuat Anda mendapatkan untung yang sangat besar. Anda hanya perlu memilih usaha mana yang cocok dengan Anda. Kemudian, tekuni usaha tersebut hingga akhirnya berkembang dan menjadi sebuah bisnis yang sangat menjanjikan.

Demikian informasi seputar contoh usaha pertanian yang bisa Anda ketahui. Jadi, usaha mana yang cocok dengan Anda? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search

Artikel Terbaru