Home » » Contoh Tanaman yang menguntungkan Untuk Budidaya

Contoh Tanaman yang menguntungkan Untuk Budidaya

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Sunday, August 18, 2019

Sebagai seorang tentu menginginkan jenis tanaman yang menguntungkan untuk bisa mencukupi kebutuhan sehari harinya setelah masa panen tiba. Walau faktor menguntungkan saat bertani banyak faktornya, namun dengan memilih jenis tanaman yang cepat tumbuh, cepat panen, hasil banyak dan harga mahal akan mempengaruhi pendapatan petani. Petani tidak harus fakus pada tanaman pangan pokok seperti padi, kedelei dan jagung. Sebab tanaman pokok sudah banyak yang menanam, sering kebanyakan stok jadinya harga fluktuatif dan kadang kadang terkena serangan impor dengan harga yang lebih murah. Walau banyak dibutuhkan, tapi harganya juga murah. Yuk coba yang lain, siapa tahu lebih beruntung.

Ada banyak jenis tanaman pangan pokok maupun selainnya yang bisa kita tanaman. Petani itu juga pebisnis, jadi sebisa mungkin memilih jenis tanaman penghasil uang. Bukan penghasil utang. Petani berminggu minggu, bahkan berbulan bulan menunggu hasil panen dari mulai menanam, perawatan sampai panen membutuhkan biaya operional yang banyak. Belum kalau dihitung dengan tenaga kerja atau keringat sendiri yang biasanya tidak diperhitungkan. Jadi bukan hanya sekadar untuk memenuhi kebutuhan sendiri, lalu sisanya dijual. Tapi lebih dari sekadar petani biasanya. Harus pandai memilih jenis tanaman yang menjanjikan di masa depan.

10 Contoh Tanaman yang menguntungkan

Penulis telah merangkum beberapa jenis tanaman yang menguntungkan untuk usaha budidaya. Beberapa jenis tanaman tersebut dikelompokan berbdasarkan jenis tanaman. Ada tanaman pangan, sayuran dan buah buahan, serta rempah rempah. Penulis memilih tanaman tersebut berdasarkan dari indikator cepat tumbuh atau cepan panen, harga jual tinggi, banyak dibutuhkan. Namun bukan berarti dengan memilih jenis tanaman tersebut lansgung sukses, bukan begitu. Masih banyak faktor seperti faktor persaingan, perawatan, pemupukan dan hama serta masalah umum yang biasa dihadapi para petani.

Jenis tanaman rempah rempah yang menguntungkan

Indonesia adalah sumbernya rempah rempah dunia. Ada banyak rempah rempah asal Indonesia yang populer dengan harga mahal. Asal muasal Indonesia dijajah juga karena rempah rempah oleh bangsa spanyol, portugis dan belanda. Dulu mungkin rempah rempah bisa didapatkan di alam liar seperti hutan dan pekarang, namun sekarang kita harus menanam lagi karena persediaan tambah sedikit. Berikut beberapa rempah rempah mahal asli Indonesia yang bisa kalian tanam:

Cengkih/Cengkeh


Tanaman cengkeh merupakan jenis tanaman rempah rempah sudah lama digunakan dalam industri rokok kretek, makanan, minuman serta obat-obatan. Dari bunga, tangkai bunga dan daun cengkeh bisa dimanfaatkan untuk industri. 

Kapulaga


Tanaman kapulaga bukan berasal dari Indonesia, tanaman ini berasal dari pegunungan Malabar, pantai barat India. Kapulaga mulai dibudidayakan di Indonesia sejak tahun 1986. Tanaman ini banyak manfaatkan di dunia kesehatan untuk bahan obatan obatan, kecantikan sampai produk makanan.

Vanili


Vanili merupakan tanaman yang menurut penulis adalah tanaman yang menguntungkan saat ini. Tanaman penghasil bubuk valili merupakan salah satu tanaman penyedap rasa termahal di dunia. Karena termasuk jenis tanaman paling mahal, vanili disebut sebagai emas hijau. Di Indonesia juga sempat booming dan banyak petani yang melakukan budidaya petani. Walau akhirnya harganya sempat turun. Namun sekarang sudah stabil, karena di luar negerri harganya masih tinggi. Bagi yang tertarik bisa membaca : Panduan budidaya vanili modern

Kayu manis

Kayu manis bukan berarti kalau dijilat batangnya manis ya. Produk kayu manis yang biasa digunkana di masyarakat adalah hasil utama dari pohon kayu manis yang berupa potongan kulit bagian kayu manis yang dikeringkan. Proses menghasilkan kayu manis dimulai dari pengelupasan dari batang, dikikis dari kulit luar yang kasar, lalu dibelah–belah menjadi berukuran lebar 3–4 cm. Selanjutnya kulit yang sudah halus dan bersih  dijemur dibawah terik matahari selama 2– 3 hari. Penjemuran yang baik dilakukan dibawah sinar matahari penuh karena berpengaruh ke kualitas kayu manis.
Contoh Tanaman yang menguntungkan Untuk Budidaya

Pala

Pala merupakan rempah rempah asli Indonesia, tepatnya berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Pala merupakan salah satu contoh tanaman yang menguntungkan karena harganya mahal. Pala sejak dulu harganya lumayan tinggi sebagai rempah-rempah, dan sempat menjadi perburuan para bangsa eropa, karena  buah dan biji pala saat itu sudah menjadi komoditi perdagangan yang penting sejak masa Romawi. Pala mengandung minyak atsiri 7-14% yang biasa digunakan untuk campuran parfum dan sabun, kemudian bubuk pala dipakai sebagai penyedap rasa makanan seperti roti, kue, saus, sayuran, dan minuman penyegar. 

Jenis Jenis Sayuran yang  mahal


Selain kelompok rempah rempah yang populer dengan tanaman mahal, sekarang ke jenis sayuran. Sayuran biasanya adalah tanaman yang cepan panen, cepat tumbuh dan hampir setiap hari dibutuhkan. Namun tidak semua jenis sayuran harganya mahal dan menguntungkan. Karena bisa saja sayuran masih bisa didapat tanpa membeli. Nah beberapa dibawah ini yang mungkin bisa kalian perhitungkan untuk kalian budidayakan :
Contoh Tanaman yang menguntungkan Untuk Budidaya

Cabe rawit


Mungkin yang sering masuk teelvisi dan ranah politik adalah cabe rawit. Cabe rawit merupakan tanamana yang dibutuhkan setiap hari untuk penghasil pedas. Harga cabe sering dikeluhkan emak emak karena harga mahal. Kalau lagi tinggi, biasanya  kaya harga daging sapi mencapai 100 ribu kalau lagi rendah bisa 40 ribu. Harganya bisa dua kali lipat berubahnya. Jika mungkin anda salah satu petani cabe mungkin akan setuju kalau cabe adalah salah tanaman yang menguntungkan.

Paprika

Jenis sayuran yang menguntungkan berikutnya adalah Paprika (Capsicum annum var. grossum L.) Paprikan merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Paprika merupakan salah satu komoditas sayuran penting yang dibudidayakan di bawah naungan (protected cultivation). Ada banyak vairetas paprika yang bisa ditanam, kalau di Indonesia paling banyak adalah vairetas new ace, jumbo sweet, green horn. Paprika juga dikenal sebagai cabe manis.

Brokoli


Kalau kamu doyan jenis jenis sayuran tentu sangat akbrab sama sayuran dengan bentuk mirik rambut kribo. Penulis sangat menyukai sayuran ini baik di buat shop atau tumis. Brokoli termasuk ke dalam tanaman kubis kubisan, masa panen tanaman ini mulai dari 60 hari sampai 100 hari, tergantung masa panen yang kalian tentukan.

Jenis buah buahan harga jual tinggi


Ada banyak jenis buah buahan dengan harga jual tinggi, namun belum tentu cocok di budidayakan di Indonesia, salah satunya kurma. Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar mungkin kurma adalah salah satu peluang bisnis yang perlu dcoba, Sayang sulit dibudidayakan di daerah tropis. Alternatifnya bisa memlih jenis berikut :

Durian


Contoh Tanaman yang menguntungkan Untuk Budidaya
Durian adalah tanaman buah yang memiliki basis fans yang luar biasa. Banyak penyuka durian yang rela membayar durian dengan harga mahal. Tahun ini di daerah Banyumas, ada durian seharga 14 juta per buah. Seperti apa rasanya? tentunya sangat enak. Jika jadi petani durian tentu sangat untung banyak. Apakah kamu ingin merasakan keuntungannya juga?

Ciplukan


Tanaman yang menguntungkan terakhir adalah tanaman liar yang dulu disepelakan malah sekarang banyak dicari dan harganya mahal. Ciplukan ternyata memiliki banyak khasiat untuk mengobat berbagai penyakit. Karena ketersediaan ciplukan mulai tidak ada dan sering dianggap tanaman penganggu, ciplukan mulai langka. Dan banyak yang mulai membudidayakannya. Harga ciplukan sendiri bisa 500 per kg. WAH gede kan?

Itulah beberapa jenis tanaman yang menguntungkan, harga mahal dan cepat panen. Dengan menanamn salah satu jenis tamana tersebut, bisa menambah pendapatan anda dari sebelumnya. Sekian, semoga sukses menjadi petani.. Hidup petani!!

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search

Artikel Terbaru