Home » » Bisnis Makanan Online, Tren Baru Dunia Kuliner 2019

Bisnis Makanan Online, Tren Baru Dunia Kuliner 2019

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Wednesday, June 12, 2019

Bisnis Makanan Online, Tren Baru Dunia Kuliner
Kebebasan finansial merupakan satu hal yang didamba banyak orang. Terkadang, hanya dengan bekerja kantoran, masih belum dapat menutup segala kebutuhan. Ketika hal tersebut terjadi, berbinis atau membuka usaha jadi opsi solutif untuk membantu meringankan beban finansial. Selain itu, berbisnis dinilai dapat memberikan keuntungan yang cukup menarik, bahkan dapat lebih tinggi dari gaji yang kita dapatkan setiap bulannya dari kantor. Dengan beban yang lebih ringan dari bekerja kantoran, terkadang berbisnis menjadi a way out yang dipilih ketika sudah sangat lelah bekerja dan bosan dengan rutinitas pekerjaan yang padat, namun tidak sepadat hasil yang didapat.

Berbicara soal berbisnis, membuka bisnis kini menjadi salah satu cara andalan yang dilakukan untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Tidak hanya pebisnis senior yang memang sudah lama menggeluti bidang ini, namun juga pebisnis awalan yang baru akan mulai merintis. Tidak heran mengapa bisnis menjadi salah satu hal yang banyak dipilih karena kini, membuka usaha atau bisnis tidak sesulit yang dipikirkan dahulu.

Stigma atau anggapan bahwa bisnis merupakan satu hal sulit yang dilakukan, atau bisnis merupakan satu hal yang membutuhkan banyak modal kini sepertinya sedikit tersisihkan. Dengan masuknya teknologi, semakin banyak peluang bisnis baru yang bisa kita coba dan menariknya, peluang bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan yang cukup luar biasa. Peluang bisnis baru sejalan dengan masuknya teknologi di antaranya sepert: bisnis online, menjadi dropshipper, internet marketer, social media specialists, atau bahkan celebgram dan YouTubers yang kini banyak peminatnya.

Berbicara soal peluang usaha berbasis teknologiyang kini banyak bermunculan, ada satu peluang bisnis menarik yang kini juga semakin berkembang. Sejalan dengan masuknya teknologi, kita bisa dengan mudah melakukan banyak hal termasuk membuka usaha. Kalau dulu kita harus keluar sendiri untuk membeli barang atau makanan yang sedang kita inginkan, kini hanya dengan jentikan jari kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan hanya dari rumah saja.

Semudah itu memang kini. Sama halnya dalam membuka usaha, kalau dulu usaha identik dengan toko yang membutuhkan modal banyak, etalase dan lain sebagainya, kini kita bisa membuka usaha yang kita inginkan hanya dari rumah saja, tanpa butuh lapak lahan nyata dan modal besar untuk sewa tempat, namun hanya membutuhkan modal gadget dan koneksi internet saja. Kemudahan ini didukung dengan fasilitas mobile banking dan aplikasi penyedia jasa pengiriman online yang kini semakin memudahkan kita.

Ada satu tren bisnis baru yang kini sedang tren yakni membuka bisnis makanna online. Tentu Anda sudah mengetahui bahwa dengan adanya aplikasi penyedia jasa kirim online seperti Grab dan GoJek, memungkinkan kita untuk membuka bisnis makanan online ini. Sebenarnya tidak hanya terbatas dengan aplikasi tersebut saja sih, bisnis makanan online dapat juga kita pasarkan via sosial media dan marketplace macam Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee yang kini sedang hype.


Keuntungan Bisnis Makanan Online


Sebelum berbicara lebih lanjut soal bisnis makanan online, apa sih bisnis makanan online ini? Bisnis makanan online disini maksudnya adalah kita menjual makanan via online, dengan bantuan aplikasi digital yang kini semakin banyak tersedia. Bisnis makanan online ini kini semakin banyak peminatnya karena dinilai mudah, praktis dan dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Dengan memasarkan produk kita secara online ada beberapa keuntungan yang akan kita peroleh:


1.       Menjangkau lebih banyak konsumen
Berbeda dengan toko atau warung offline, bisnis makanan onlien dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Karena cakupannya yang luas dan tidak terbatas, menjajakan makanan via online dapat menjangkau tempat yang jauh dari lokasi kita. Jika menjual makanan offline pembeli harus datang sendiri ke store kita, nah dalam bisnis ini kita yang memberikan kemudahan bagi konsumen dengan “mengantarkan” makanna tersebut sampai ke konsumen. Dengan kemudahan semacam ini, kemungkinan untuk meraup lebih banyak keuntungan akan menjadi lebih besar.
2.       Bisa Dimulai dengan modal seadanya
Keuntungan yang kedua dari bisnis ini adalah kita bisa memulai bisnis makanan online ini dengan modal seadanya atau modal yang terbatas. Dengan modal yang seadanya, kita tetap bisa membuka usaha ini karena seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa kita tidak perlu mengeluarkan modal besar seperti untuk membayar sewa toko. Dengan adanya marketplace yang kini banyak bermunculan, kita bisa dengan mudah mendapatkan “lapak” berjualan. Kita bisa manfaatkan Shopee, bukalapak, tokopedia dan marketplace lain yang tersedia untuk tempat kita berjualan.
3.       Biaya promosi yang murah
Dengan menjajakan makanan kita secara online, kita juga akan menghemat biaya promosi. Biaya promosi dapat kita alokasikan untuk keperluan lainnya. Kita bisa memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Facebook, atau sosialmedia lain untuk mempromosikan bisnis makanan online kita ini.

Tips Bisnis Makanan Online


Nah itu tadi beberapa keuntungan selain keuntungan materiil yang akan kita dapatkan dari bisnis makanan online. Sounds good, bukan? Nah namun ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam membuka bisnis ini seperti:
1.       Pelayanan yang utama
Karena bisnis makanan online ini merupakan satu bisnis berbasis kepercayaan, jangan sampai mengecewakan pelanggan dengan pelayanan kita yang kurang memuaskan. Jika mungkin Anda sudah tau bahwa di marketplace juga ada rating dari pembeli yang akan di display di toko online kita, oleh karenanya, pelayanan juga perlu menjadi perhatian disini. Usahakan untuk selalu ramah dan cepat tanggap menghadapi konsumen.
2.       Pastikan ekspedisi aman untuk mengirim produk anda
Ada jenis makanan yang mungkin tidak tahan berhari-hari, hal ini perlu menjadi perhatian. Cantumkan info ini pada info produk agar konsumen juga mengetahui hal tersebut. Memaksa untuk tetap mengirimkan produk juga kurang tepat rasanya. Hal ini dapat  mengurangi kualitas.
3.       Kualitas juga penting
QC atau Quality control sebelum pengiriman merupakan hal wajib yang tidak boleh di skip. Patok standard produk yang Anda jual, lakukan sortir untuk memastikan produk ini masih layak atau tidak layak kirim. Jangan sampai mengirimkan produk tidak layak kirim ke konsumen. Anda sudah tahu sendiri konsekuensinya.
4.       Berinovasi juga perlu
Karena kita tidak mengeluarkan modal terllau besar, kita bisa alokasikan dana yang ada untuk melakukan inovasi pada produk yang kita punya. Semakin variatif maknana yang kita jual, membuka semakin banyak peluang bukan?


Nah itu tadi beberapa hal kaitannya dengan bisnsi makanan online yang kini semakin banyak dan menjamur. Tidak ada salahnya mencoba peluang usaha ini karena prospek kedepannya cukup baik dan promising. Seperti bisnis-bisnis lainnya, bisnis ini juga selian membutuhkan modal berupa uang, juga membutuhkan modal berupa semangat dan kerja keras, oleh karenanya, sikap penuh semangat dan pantang menyerah juga wajib kita miliki. Semoga artikel ini dapat membantu ya!

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search

Artikel Terbaru