Home » , , , , , , , » 10 Usaha Makanan ringan Unik mudah dibuat Tapi Untungnya Jutaan

10 Usaha Makanan ringan Unik mudah dibuat Tapi Untungnya Jutaan

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Tuesday, July 9, 2019

Usaha rumahan yang menguntungkan bagi pemula adalah usaha yang berhubungan dengan kebutuhan dengan kebutuhan perut manusia, yakni usaha makanan ala rumahan yang memiliki prospek menjanjikan. Banyak ide usaha makanan unik yang mudah dibuat baik dalam bentuk beku, segar, kering, bahkan makanan ringan (snack) yang bisa anda jadikan inspirasi membuat jenis makanan untuk dijual dalam kemasan dan bentuk yang unik dan menarik. Terlebih, usaha makanan bisa dikerjakan  dirumah dan bisa dilakukan bagi siapa saja. Apalagi posisi anda adalah ibu rumah tangga, tentu sudah menjadi suatu keahlian dan kebiasaan membuat makanan.

ide usaha makanan unik untungnya jutaan
ide usaha makanan unik tapi keuntungan besar - bisnis,visa,co,id

Hal terpenting dalam menjalankan usaha makanan rumahan adalah memilih jenis makanan yang laris cocok dijual, atau dalam artian laris, banyak diminati masyarakat, tidak mudah rusak (awet, bisa untuk besoknya lagi) dan tidak membutuhkan modal besar (bisa dilakukan dengan alat dan bahan yang sederhana), karena memang ini diperuntukan untuk usaha rumahan, usaha sampingan untuk penghasilan tambahan. Dan tentu gampang dibuat. Jadi lebih mengedepankan keseuaian dengan pekerjaan yang lain.

Menentukan Usaha Makanan Unik mudah dibuat


Dengan kriteria jenis makanan rumahan diatas, berarti anda harus memilih makanan yang sesuai dengan kriteria diatas. Untuk memilih makanan yang laris anda bisa memilih jenis makanan yang umumnya dijual oleh masyarakat, hanya saja anda perlu staretgi bagaimana mencari celah pasar dengan membuat makanan itu unik dan menarik. Contoh jika ada usaha rumahan jual getuk biasa, anda bisa mengambil langkah cerdas dengan membuat usaha getuk rumahan aneka rasa.

Kriteria lain yang bisa anda ambil adalah jenis makanan yang awet, tidak bau dalam sehari, sehingga bisa anda jual besok besoknya lagi. Jadi anda bisa memilih makanan ringan dan kering untuk menghindari kerugian besar. Contoh yang bisa anda jadikan inspirasi adalah kue kering, aneka keripik dan snack. Dengan begitu anda tidak dikejar target hari itu.

Kriteria terakhir adalah makanan yang mudah dibuat dengan modal dan alat sederhana yang ada dirumah. Percuma kalau makanan yang nada buat itu makanan dengan biaya operasional mahal tetapi keuntungannya sedikit. Jadi ini alasan pertimbangan teknis dalam pembuatan makanan agar biaya operasional lebih murah. Usahakan fokus pada bagaimana menciptakan usaha makanan unik dan kreatif yang bisa dikerjakan dengan mudah dan modalnya tidak banyak.

Contoh Usaha Makanan Unik dan kreatif mudah dibuat


Dari kriteria diatas, mungkin bisa saya sarankan untuk memilih jenis usaha makanan rumahan yang menguntungkan anda kerjakan bagi anda khususnya yang pemula :

1. Usaha makanan Aneka kue kering

Menjalankan usaha kue kering rumahan musim musim tertentu biasanya sangat menguntungkan bagi seorang produsen atau penjual. contohnya saja berjualan makanan kering menjelang hari raya umat muslim, banyak sekali yang mencari kue kering untuk menjadi hidangan pada saat tamu datang. nah bagi anda yang berfikir kreatif tentunya moment ini menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Tidak hanya saat lebaran saja, usaha keu kering juga dibutuhkan dimana saja, selain operasional mudah, bahannya pun mudah dicari. Jadi cocok untuk usaha makanan rumahan.

2. Usaha Aneka Keripik

Banyak sekali bahan untuk membuat keripik yang enak dan gurih. Ada pisang, ada singkong, jagung, tempe dan yang paling baru adalah aneka keripik buah.  Hal ini tentu menjadikan usaha keripik mudah untuk mencari bahan. Selian itu keripik termasuk kategori makanan camilan, jika keripik yang anda buat enak dan gurih sangat berpotesni memiliki nilai jual yang tinggi. Dilihta dari cara pembuatannya, aneka keripik tidak memeerlulan peralatan canggih, alat sederhana saja bisa membuat usaha makanan unik dari jenis keripik.

3. Usaha telur asin

Walau pun tergolong makanan basah, telur asin memiliki kemampuan untuk bertahan selama 3 mingguan, karena pada dsarnnya pembuatan telur asin adalah melewati metode pengawetan dengan garam. Jika daerah anda prosuksi telur bebek melimpah, jangan canggung untuk membuat telur asin untuk dijual karena belum tentu daerah lain itu memiliki produsen telur asin. Jadi anda tidak harus fokus pada lingkungan sekitar. Cara pembuatannya mudah bahannya juga murah, tetapi keuntungannya melimpah,.

4. Usaha membuat tempe

Di wilayah Banyumas, usaha pembuatan adalah usaha rumahan yang banyak dilakukan masyarakat sebagai penyuplai keripik dan mendoan. Tadinya hanya untuk memenuhi makanan khas banyumas tersebut namun sekarang tempe sudah mneyebar luas ke nusantara, bahkan luar negri, jadi tidak salah untuk mncoba usaha tempe ini. Modal kecil dan pembuataannya mudah, pemasarannya juga demikian, sangat cocok unruk anda yang daerah anda memiliki penjual gorengan, medoan dan keripik tempe. Dari tempe juga kalian bisa membuat variasi usaha makanan unik yang mungkin belum dikerjakan oleh orang lain.

5. Usaha membuat manisan

Buah-buahan adalah makanan yang dikonsumsi jika ingin mencari asupan vitamin bagi tubuh. Namun jika dimakan segar untuk besoknya lagi kemungkinan tidak tahan lama jadi, Buah-buahan pwelu dibuat manisan kering, sbetulnya manisan terbagi menjadi dua, yaitu manisan basah dan manisan kering. Tapi semua orang lebih memilih manisan basah sebagai makanan pencuci mulut, atau sebagai makanan penutup. Karena manisan basah mengandung air gula yang menyegarkan. Sedangkan manisan kering biasanya dijadikan makanan ringan atau sebagai snack meja sehari – hari.

6. Usaha mie Lidi

Sekarang mulai trend lagi usaha mie lidi dngan aneka rasa. Usaha ini mudah dijajakan terutama untuk target konsumen anak anak kecil atau sebagai camilan dirumah. Selain mudah, makanan ini pun tidak harus habis dalam waktu singkat. Karena sedang trend, usahakan menciptaakan mie lidie sebagai usaha makanan ringan yang unik.

7. Usaha Makanan ringan Popcorn

Bisa dikatakan usaha popcorn sangat menguntungkan. Modal yang diperlukan terbilang cukup kecil tapi profitnya sangat tinggi. Popcorn atau berondong jagung ini sering kita jumpai di gedung-gedung bioskop. Banyak orang yang menikmatinya sambil menonton film layar lebar. Namun Anda juga bisa membuka usaha popcorn di tempat rekreasi, mall, sekolah, kampus, pasar, arena bermain, atau bisa juga membukanya di rumah. Bahan baku utama usaha modal kecil popcorn adalah jagung dan mentega. Popcorn adalah jagung yang di panaskan dalam suhu tinggi sampai mengembang. Mentega di gunakan agar rasa popcorn lebih gurih dan enak. Di beberapa tempat penjual popcorn, biasanya juga disajikan dalam aneka warna dan rasa manis dengan tambahan larutan gula saat membuatnya.

8. Usaha Gorengan

Kalau makanan ini banyak sekali penggemarnya, dimanapun anda berada ppasti mudah untuk menemukan penjual makanan ini. Anda bisa memulainya usaha gorengan dirumah anda dengan modal kecil. Soal kelarisan silakan buktikan sendiri.

9. Usaha makanan unik dalam keadaan beku

Frozen food atau makanan beku memang cukup dicari saat ini dan sedang trending topic. Antara lain karena sisi kepraktisan, bisa disimpan cukup lama di dalam lemari pendingin, dan bisa dimasak sewaktu-waktu. Frozen food berbahan dasar seafood dan ikan ini misalnya dibuat baso, otak-otak, pempek. tekwan, kaki naga, atau nugget memiliki kandungan protein dan Omega-3 yang baik buat pertumbuhan anak-anak dan orang dewasa. Indonesia, sebagai negara kepulauan, tentunya memiliki bahan mentah cukup besar untuk frozen food berbahan dasar ikan. Dengan menciptakan variasi usaha makanan unik dalam keadaan beku kemungkinan besar kalian bisa mendulang keuntungan besar dalam bisnis kuliner tersebut.

Masih bingung? Cari Usaha makanan Unik sesuai khas daerah anda


Usaha terakhir yang bisa anda jalankan adalah usaha sesuai makanan khas didaerah anda, misalnya ini saya orang banyumas, pasti makanannya tidak jauh dari tempe, getuk dan soto. Pasti kalau anda mngdengar makanan khas asli daerah ini pasti meiliki daya tarik sendiri untuk mencicipinya. Itu yang menjadi andalan untuk usaha makanan ini. Hanya saja kalian perlu menciptakan usaha makanan unik dari pada yang lain baik dalam rasa, kemasan dan penyajian. Saya rasa kalau soal makanan tidak terbatas, karena dengan kreatifitas juga bisa menciptakan aneka usaha makanan unik yang bisa kalian jual.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}