Home » , » 10 Cara Jualan Sembako Biar Laris Dengan buka Warung Kecil kecilan

10 Cara Jualan Sembako Biar Laris Dengan buka Warung Kecil kecilan

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Saturday, June 22, 2019

Banyak orang kantoran/pegawai/karyawan yang nyambi buka usaha warung sembako kecil kecilan dirumah untuk memutar uang agar lebih bermanfaat karena bisnis bisa dijalankan dengan modal kecil, namun banyak dari mereka yang kurang sukses dalam menjalankan bisnis warung sembako karena asal asalan, asal bisa balik modal tanpa memikirkan hal yang sedikit rumit mengenai strategi dan tips menjalankan usaha agar kelak yang tadinya warung sembako biasa menjadi toko sembako. Untuk itu jika anda sedang dalam kesulitan untuk menjalankan atau bagi anda yang mau memulai usaha warung sembako sebaiknya anda perlu belajar lagi tentang cara jualan sembako biar laris disini.

cara jualan sembako biar laris dengan warung kecil kecilan
usaha Warung sembako kecil kecilan /http://marketingjoss.com

Memulai usaha sembako memang tidaklah sulit, hal yang sulit adalah bagaimana warung kita ramai pembeli. Ramainya pembeli ke warung anda ada beberapa faktor yang harus anda ketahui. Faktor tersebut sangat signifikan pengaruhnya, jadi jika anda punya warung namun belum memenuhi faktor yang akan saya jelaskan dibawah ini, sebaiknya anda segera cepat perbaiki, bisa jadi penghasilan anda menipis tiap harinya. Berikut faktor penting dalam menjalankan bisnis warung sembako dengan modal kecil yang bisa anda pertimbangkan:

Cara jualan sembako biar laris dengan buka warung sembako


Lokasi usaha warung sembako yang strategis

Berhubung yang saya ulas adalah usaha warung sembako kecil  kecilandirumah, pastinya lokasinya dirumah anda. Berarti kita harus melihat apakah rumah anda strategis apa tidak untuk berjualan. Tidak mungkin anda mengandalkan tetangga anda selamanya, anda juga perlu menjaring pembeli yang kebetulan lewat kaarena melihat warung anda. Semakin warung anda dilihat orang, semakin besar pembeli di warung anda, karena kelihatan, aksesnya mudah dari jalan. Oleh karena itu anda perlu meberi papan nama dengan banner bahwa warung kalian jualan sembako.

Sumber bahan sembako

Perlu diketahui bahwa jika anda memasok barang dari agen agen kecil kemungkinan mereka sudah numpangi harga sendiri sehingga bahan bahan yang anda pasok harganya lebih mahal. Untuk itu carilah ke agen pusat di kota anda. Kalau pusat terlalu jauh anda bisa mendatangi pasar tradisonal, karena yang menjual secara grosir dan umumnya penjual menjual hasil panen mereka. Tentu harga lebih murah karena tanpa perantara.

Jenis sembako yang dijual

Salah satu cara jualan sembako biar laris adalah dengan menyeleksi jenis jenis sembako yang paling laris. Sebisa mungkin jenis sembako yang dijual bukan jenis kemasan yang biasanya dijual toko modern seperti alfa dan indomart. Percuma saja, karena anda akan salah saing. Kalau bisa anda menjual bahan sembako yang bisa ecer dan grosir, bukan kemasan dan instant.

Pelayanan yang baik dan ramah

Kemungkinan besar anda akan menghadapi para tetangga yang suka hutang dan membayar diakhir bulan , bahakan semaunya kalau sudah punya uang. Jika ada, biarkan saja, layani dengan ramah tanpa membedakan antara yag hutang dan tidak. Para penghutang adalah pelanggan setia warung anda. Diakhir bulan atau waktu tertentu pasti anda akan mendapatkannya  hutangan itu. Jadi jangan khawatir anda bangkrut. Jadi bisa diakatakan memberi hutangan salah satu cara jualan sembako biar laris hehe, namun juga pertimbangkan lagi kalau baru buka warung sembako kecil kecilan yang tidak seberapa.

Laporan keuangan yang baik

Bautlah laporan serapi mugkin per hari agar anda bisa menganalisa keuntungan dan kerugian. Jadi harus ada laporan, laporan itu untuk evaluasi anda selanjutnya, Evaluasi tersebut digunakan untuk perbaikan warung anda.

Kombinasikan dengan usaha lain

Ramainya pembeli di warung anda pasti ada jeda, jadi alangkah baiknya untuk mengkombinasikan usaha dengan usaha lain seperti jual pulsa dan jual aneka jus dan sop buah. Waktu jeda anda tidak sia sia hanya untuk menunggu pembeli sembako. Itung itung daripada bengong, hehe.

Memberi Kemasan pada setiap jenis sembako

Langkah terakhir, cara jualan sembako biar laris selain warung sembako kecil kecil dan agar bisa go nasional kalian harus mengemas setiap jenis sembako. Kalian perlu mengemas sembako, misal beras kemasan, minyak kemasan agar bisa mudah dalam distribusi dan masuk ritel modern seperti indomart, alfamart, seupermall. Hanya saja untuk mengemas produk sembako kalian butuh perizinan usaha.

Jualan sembako secara online

Cara jualan sembako biar laris paling kekinian bisa menjual sembako kemasan tersebut ke dalam marketplace online seperti tokopedia, bukalapak, dan shopee serta blog sendiri. Hanya saja perlu kalian ingat dalam jaualan sembako online lebih baik sistem grosir agar lebih mudah dalam pengiriman. Sebab biaya per pcsmahal jika dibandingkan grosir.

Melayani Hajatan atau acara besar lainnya

Kadang kala ada orang hajatan tapi kebutuhan pangan untuk tamunya di supplai oleh satu warung saja. Penulis sering menemuinya, terutama di desa atau kampung. Orang yang punya hajatan mengambil barang barang dulu diwarung sembako dan kebutuhan lainnya untuk hidangan . Jika memang ada orang yang dekimian terima saja, mereka akan membayar semuanya sehabis hajatan selesai secara tunai. Jangan khawatir, itu salah satu cara teknik atau cara jualan sembako di waktu tertentu yang sangat menguntungkan. Dengan melayani seperti itu, setiap warga yang hajatan, terutama yang kesulitan biaya bisa anda terima. Yang pasti dagangan cepat habis, dana kembali bbrpa hari kemudian

Konsisten dan komitmen dalam usaha warung sembako

Mungkin masih banyak lagi faktor yang mempengaruhinya dalam memulai usaha bisnis warung sembako kecila kecilan dirumah, Sukses tidaknya tergantung anda sebagai pelaku usaha. Makanya jangan diam saja, kalian perlu banyak belajar lagi cara jualan sembako biar laris sepanjang waktu. Ya demikian, semoga bisa membantu anda dalam mengelola usaha warung sembako.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}