Home » , » Cara Menggunakan Bawang Merah Pada Tanaman Karet

Cara Menggunakan Bawang Merah Pada Tanaman Karet

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Saturday, September 4, 2021

Penggunaan bawang merah untuk menghasilkan getah karet lebih banyak telah terbukti di beberapa tempat di Indonesia dan sudah diteliti oleh beberap Mahasiswa Departemen Hasil Hutan Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penelitian tentang penggunaan bawang merah sebagai stimulator produksi getah karet di perkebunan karet Deli Sewrdang, STM Hulu, Sumatera Utara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bawang merah bisa meningkatkan produktivitas getah karet. Kandungan kimia dalam bawang merah bisa menghambat aktivitas mikroba pada lateks. sehingga membantu melancarkan aliran lateks yang keluar, dan getah tidak cepat menggumpal.

Untuk menghasilkan getah yang banyak  menggunakan bawang merah
merdeka.com
Kabar ini pun meluas ke berbagai daerah sehingga banyak timbul pertanyaan bagaimana menggunakan bawah merah untuk pohon karet agar getah karet banyak. Karena dari pihak peneliti belum menjawab secara praktis untuk digunakan di masyarakat. Penggunaan yang tepat bawah merah untuk pohon karet perlu ekstraksi yang hanya bisa dilakukan di laboratirum, sedangkan biaya menggunakan laboratorium itu mahal. Atas dasar itu kami mencoba memberi tahu pengunaan praktis bawang merah secara alami.

Sebelum ke cara penggunaan, perlu mengetahui kandungan bawang merah, kenapa bisa Bawang jadi obat perangsang getah karet. Bawang merah bukan hanya mengandung antibakteri yang membuat lancar aliran lateks, namun bawang merah juga berfungsi stimulator (perangsang pertumbuhan). Pohon karet akan mengeluarkan getah sbagai perlindungan kulit dasarnya, artinya jika disadap artinya pohon karet terluka dan segera melindunginya dengan getahnya. Intinya seperti itu.

Keluarnya getah karet karena rangsangan zat yang terkandung dalam tanaman karet yaitu hormon pertumbuhan yang bernama auksin, namun ketersediaan auksin pada tanaman karet terbatas, apalagi jika sudah bertahun tahun disadap, pastinya kandungannya mengurang, ini penyebab karet berhenti menetes. Solusinya jika sudah berhenti atau memperlancar kembali adalah merangsang kembali adalah menggunakan bawang merah yang mengandung auksin.

Agar tanaman karet bergetah banyak langsung saja terapkan tips menggunakan bawah merah untuk meningkatkan produksi tanaman karet dibawah ini :
  1. Buat sadapan baru, kerat melingkar kulit terbawah ( 5 - 10 cm) dengan lebar 1-2 cm. Sadapan baru dibuat karena belum terkontaminasi bakteri, kalau yang lama kan sudah jadi akan lebih efektif menggunakan sadapan baru.
  2. Persiapkan bahannya, yakni rotan3 1 liter + jus bawang merah 1 kg kemudian campur air 2 liter (total 4 liter). Atau gunakan perbandingan 1:1:2
  3. Oleskan dengan kuas cat ke kulit yg kita kerat sebelumnya 
  4. Lakukan 2 minggu sekali pada sore hari
Penggunaan ini adalah cara terbaik karena tidak perlu ekstraksi, hanya perlu dijus. Pencampuran air disini bertujuan agar kandunga merah benar benar meresap ke tanaman, jadi bisa merangsang pohon karet menghasilkan karet banyak dan lancar walau sudah menaun atau musin kemarau. Adapun bahan lain yang bisa anda gunakan yang banyak mengandung zpt (zat pengatur pertumbuhan) seperti Gedebog pisang, air kelapa, rebung bambu dan tauge. Semoga bermanfaat kawan.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search

Artikel Terbaru