Home » , » Ampuh, Atasi buah cabe busuk kering dan rontok Dengan Obat alami

Ampuh, Atasi buah cabe busuk kering dan rontok Dengan Obat alami

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Friday, September 3, 2021

Cara mengatasi cabe busuk kering di poho salah satunya adalah mengetahui penyebab cabe busuk. Dengan mengetahui jenis penyebab kenapa busuk, kita bisa mengatasinya dengan memberi obat yang tepat. Jenis penyakit tanaman cabe busuk cabe (Antraknosa- mati pucuk - patek) merupakan jenis yang sering menyerang tanaman cabai menjelang panen atau berbuah. Tidak sedikit petani cabai yang mengeluh akan kejadian ini, karena jelas jelas merekna rugi sudah mengeluarkan biaya operasional untuk budidaya cabai tetapi hasilnya tidak melimpah.

cabe busuk kering -pixabay.com

Penyebab buah cabe busuk adalah faktor cuaca dan lalat buah yang membawa telur atau virus. Biasanya cabai yang mengalami kebusukan di pohon ada belatungnya. Hal ini menandakan bahwa busuk ini dipengaruhi oleh hama lalat buah. Namun jika busuk kemudian kering kemungkinan besar karena cuaca ekstem, warna cabai kekuningan kecoklatan. namun secara jelas anda bisa mengikuti beberapa penyebab dibawah ini :
  1. cuaca yang tidak menentu, sehingga terjadi perubahan suhu dan kelembaban yang ekstrem. Hal ini tidak baik untuk perkembangan cabai.
  2. Curah hujan yang tinggi. Faktor ini adalah musim hujan, dimana cabe tkehujanan dan mengandung banyak air. Banyak air dalam cabai menyebabkan busuk lebih cepat karena aktivitas bakteri
  3. hama seperti lalat buah (Drosophilla melanogaster), jamur parasit, hama dan lain sebagainya.
  4. Cendawan dari spesies colletetrichum.  Cendawan ini sangat cepat berkembang disuhu rendah dengan kelembaban tinggi.
Dengan mengetahu penyebabnya kita bisa mmengatasi dengan tips sederhana, yaitu :

Tips menanam agar tidak terjadi busuk kering pada cabe
  1. Cuaca yang tidak menentu biasanya adanya pergantian musim, artinya jika anda menanam cabai di pergantian musim anda akan mengalami kejadian ini, Agar terhindar carilah waktu setelah perubahan musim baik dari kemarau ke hujan atau sebaliknya dan memilih jenis varietas yang tahan panas karena cuaca.
  2. Ketika hujan tinggi sebaikny anda menghindari  menanam cabai, terutama dataran rendah. Jika terpaksa menanam gunakan varietas yang cocok untuk musim hujan.
  3. Untuk penyebab hama sebaiknya insektisida dan fungsida menjadi pilihan agar tidak meluas pda tanaman cabai anda
Jika sudah terlanjur, anda bisa menggunakan fungsida :

Saya akan merekomndasikannya fungsida yang amppuh sebagai obat busuk pada cabai, yaitu Ziflo 90 wp. Ziflo 90 wp adalah fungisida yang mengandung bahan aktif ziram 90 %. ziram yang terkandung di dalam ZIFLO 90 WP mengandung sebagian besar unsur mikro yaitu Zn (seng) yang didalam tanaman secara reaksi biokimia menstimulasi terbentuknya hormon pertumbuhan yang penting. Dilihat dari kandungan Zn (seng) yang terdapat dalam ZIFLO 90 WP yang cukup besar jumlahnya dan dikaitkan dengan kondisi lahan pertanian di Indonesia hampir semuanya sudah sakit, maka ZIFLO 90 WP tidak hanya dapat menekan jamur penyebab penyakit tanaman, tetapi unsur hara yang dibutuhkan.

Begini cara menggunakannya : Berikan dosis 2- 3 sendok makan, dengan frekuensi pemberian sebanyak 2 kali seminggu pada tanaman cabe yang buahnya busuk.

Itulah cara tepat mengatasi buah cabe busuk kering dengan mengenali penyebabnya dulu sehingga bisa memilih obat yang tepat. Selamat mencoba dan sukses!

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post

Search

Artikel Terbaru