Home » » Sebutkan 10 hal hal yang makruh dalam Penyembelihan Hewan

Sebutkan 10 hal hal yang makruh dalam Penyembelihan Hewan

Posted by Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah on Thursday, April 6, 2023

Dalam Islam, penyembelihan hewan adalah suatu ibadah dan harus dilakukan dengan penuh kesadaran, kehati-hatian, serta memperhatikan kesejahteraan hewan yang akan disembelih. Oleh karena itu, sebaiknya dilakukan oleh orang yang memiliki kompetensi dan memahami tata cara penyembelihan yang baik dan benar. Jadi jangan sampai melakukan hal hal yang makruh dalam penyembelihan hewan.



Berikut adalah 10 hal-hal yang dianggap makruh atau tidak dianjurkan dalam penyembelihan hewan menurut pandangan agama Islam:

  1. Menyembelih hewan tanpa menyebut nama Allah SWT atau menyebut nama selain Allah SWT.
  2. Menyembelih hewan dengan menggunakan pisau yang tumpul atau tidak cukup tajam sehingga menyebabkan hewan menderita.
  3. Menyembelih hewan di tempat yang tidak layak, seperti di jalanan atau di tempat yang terbuka tanpa alasan yang dibenarkan.
  4. Menyaksikan penyembelihan hewan yang dilakukan oleh orang yang memang tidak mengerti atau tidak memiliki kompetensi dalam penyembelihan hewan.
  5. Menyembelih hewan yang sedang dalam kondisi sakit atau lemah.
  6. Membuang bagian-bagian hewan yang masih dapat dimanfaatkan tanpa alasan yang dibenarkan.
  7. Menyembelih hewan yang sedang hamil atau sedang menyusui.
  8. Menyembelih hewan yang sebelumnya telah disembelih oleh orang lain dan masih dalam keadaan hidup.
  9. Menyembelih hewan dengan cara yang tidak manusiawi, seperti dengan memukul atau menyiksa hewan sebelum disembelih.
  10. Menjual daging hewan hasil penyembelihan yang tidak jelas asal-usulnya atau tidak memenuhi standar kesehatan dan keamanan pangan.

Sebaiknya, Anda melakukan hal hal sunnah dalam penyembelihan hewan agar ibadah qurban semakin afdol. Berikut adalah beberapa tindakan sunnah atau dianjurkan dalam penyembelihan hewan menurut pandangan agama Islam:

  1. Membaca Basmalah saat akan memulai penyembelihan, yaitu dengan mengucapkan "Bismillah allahu akbar" yang artinya "Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar".
  2. Mengarahkan hewan ke arah kiblat sebelum disembelih.
  3. Menjaga kebersihan alat-alat yang digunakan dalam penyembelihan dan tempat penyembelihan.
  4. Menghindari penyembelihan hewan di depan hewan lain yang sedang menonton, karena dapat menimbulkan stress pada hewan.
  5. Menjaga agar hewan yang akan disembelih tidak melihat atau mendengar penyembelihan hewan yang lain, agar tidak menimbulkan ketakutan atau kecemasan pada hewan.
  6. Membaca doa sesudah penyembelihan, yaitu dengan mengucapkan "Allahumma taqabbal minni, wa minkum" yang artinya "Ya Allah terimalah dariku dan darimu".

Dalam Islam, penyembelihan hewan merupakan sebuah ibadah dan harus dilakukan dengan kesadaran dan kehati-hatian. Oleh karena itu, tindakan sunnah dalam penyembelihan tersebut sebaiknya dilakukan dengan penuh keyakinan dan memperhatikan kesejahteraan hewan yang akan disembelih.

Thanks for reading & sharing Contoh Usaha Kecil Kecilan Dirumah

Previous
« Prev Post
window.location.toString();if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}